0

Inilah beberapa nama hewan dan buah yang disebut dalam Al-Qur’an (0)

Ayuma Sofyati March 31, 2021

Berikut ini beberapa hewan dan buah-buahan yang namanya disebut dalam Al-Qur’an

1. Lebah

Terdapat dalam surat An-nahl ( Lebah )  Ayat  68 dan 69 yang artinya “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,

“kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir”.

Surah ini merupakan surah ke-16  dalam Al-qur’an terdiri atas  128 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah  karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah

2. Laba-laba

Terdapat dalam surah Al-Ankabut ( Laba-laba ) Ayat  41 yang artinya   “ Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba, sekiranya mereka mengetahui “

Surah ini merupakan surah yang ke-29 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 69 ayat serta termasuk golongan surah-surah makkiyah.

3. Semut

Terdapat dalam surah An-naml (Semut ) Ayat 18 dan 19 yang artinya “ Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, “Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari.”

“ Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Surah ini  mrupakan surah ke-27 dalam Al-Qur’an . Surah ini terdiri atas 93 ayat, termasuk golongan surah-surah makkiyah  . Dinamai dengan An-Naml yang berarti semut , karena pada ayat 18 dan 19 terdapat perkataan An-Naml (semut)

4. Pisang

Terdapat dalam surah Al-waqi’ah ( Hari kiamat )  ayat 29  Yang artinya “Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

Surah ini termasuk surah ke-56 dalam Al-Qur’an  terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan surah makkiyah . Surah ini dinamai dengan Al Waaqi’ah (Hari Kiamat), diambil dari perkataan Al Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama. 

5. Zaitun

Terdapat dalam surah An-nahl  ( lebah )   Ayat  11 yang artinya

“ Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

Surah ini merupakan  surah ke-16  dalam Al-qur’an terdiri atas  128 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah  karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah”

6. Anggur

Terdapat dalam surah An-nahl  ( lebah )   Ayat  11 yang artinya

 “ Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

Surah ini merupakan surah ke-16  dalam Al-qur’an terdri atas  128 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah  karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah

7.  Tin

Terdapat dalam surah At-Tin ( buah Tin )

ayat 1 yang artinya “ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, ” . Surah ini merupakan   surah  ke-95 dalam Al-Qur’an dan   termasuk golongan surah Makkiyah.

Surah ini diturunkan setelah surah Al Buruj. Nama At-Tin diambil dari kata At-Tin yang terdapat pada ayat pertama surah ini yang artinya buah Tin.

8. Delima

Terdapat dalam  surah Al-An’am  ( Binatang ternak ) ayat 141 yang artinya “ Dan Dialah yang menjadikan tanaman-tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya apa-bila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan,”

Surah ini merupakan surah ke-6 dalam Al-Qur’an dan  terdiri atas 165 ayat dan termasuk pada golongan surah Makkiyah, karena hampir seluruh ayat surah ini diturunkan di Mekkah sebelum Hijrah

9. Kurma

Terdapat dalam surah An-nahl  ( lebah )   Ayat  11 yang artinya

“ Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

Surah ini merupakan  surah ke-16  dalam Al-qur’an terdiri atas  128 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah  karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah”.

semoga bermanfaat.

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar