7

Ini Caraku Mencerdaskan Anak-anak (+6)

Roni Yusron Fauzi | Guru Muda May 20, 2015

Bila seorang guru ditanya, “Apa motivasi ibu atau bapak menjadi guru?”

Kebanyakan menjawab, “Ingin mencerdaskan anak bangsa.”

Jawaban di atas sama halnya ketika saya ditanya serupa, mungkin juga jawabannya sama dengan Guraru. Tujuan sama bukan berarti caranya pun sama. Termasuk saya.

kampanye literasi rumah baca asmanadia

Selain mengajar di MTs IQRO, aktivitas lain saya di dunia pendidikan yaitu mengasuh sebuah perpustakaan Rumah Baca Asma Nadia Garut. Dimana sebuah perpustakaan yang dikonsep dengan sistem mandiri. Maksudnya disesuaikan dengan kebutuhan┬álingkungan setempat. Kondisi masyarakat yang bisa dikatakan ‘belum mengerti’ akan pentingnya pendidikan.

Maka, berawal dari fakta yang ada, saya bersama istri terus mengampanyekan minat baca. Kenapa harus membaca?

Telah kita mafhumi bersama, membaca menjadi tolak ukur seseorang dikatakan cerdas dan berpendidikan. Dengan membaca, seseorang akan dihargai meskipun tak ingin dihargai. Dengan membaca seseorang akan menjadi pembelajar.

Dengan beberapa ratus koleksi buku yang ada di Rumah Baca, saya mencoba memanfaatkannya. Menunggu pengunjung untuk meminjam buku merupakan salah satu perpustakaan itu kaku. Saatnya untuk beraksi. Harus ada gebrakan.

Maka, dengan membagi waktu. Saya mulai menjadwalkan untuk keliling kampung. Dengan membopong puluhan buku, pindah dari kampung satu ke kampung lain. Mencetuskan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca. Dengan tujuan masyarakat luas bisa merasakan bagaimana rasanya memantaskan diri menjadi manusia yang cerdas. Manusia yang terbuka.

Mencerdaskan Anak Bangsa tentu saja diawali dari saya yang harus cerdas terlebih dahulu. Alhamdulillah, masih dikarunia potensi yang sangat luar biasa, yang wajib saya syukuri. Sebagai bentuk kebersyukuran, saya rela menyebarkan keahlian yang saya miliki.

Dede, Anak putus sekolah bisa merasakan belajar komputer

 

Apa sebetulnya tujuan saya dibalik Mencerdaskan Anak Bangsa?

Saya ingin menjadi fasilitator bagaimana anak-anak merasakan pendidikan yang baik. Dengan konsep dan program yang dikembangkan dengan era digital seperti saat ini. Toh, mereka mempunyai hak mendapatkannya.

Bagaimana Cara Saya Mencerdaskan Anak-anak?

Mendekati mereka dengan terjun ke kampung mereka bahkan ke rumah-rumah mereka. Berdiskusi apa yang menjadi kebutuhan mereka. Lalu mencarikan solusi yang solutif. Dari kegiatan seperti ini saya mendapatkan jutaan hikmah dan pengalaman yang tidak bisa saya dapatkan sebelumnya.

lebih dekat dengan mereka, maka akan tahu apa yang harus diperbuat

lebih dekat dengan mereka, maka akan tahu apa yang harus diperbuat

Program-program yang saya jalankan dengan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca adalah:

  1. Pelatihan Komputer dengan 5 Modul (Ms. Office Word, Excel, Power Point, Corel Draw & Photoshop). Dengan tujuan mereka mempunyai kecakapan hidup. Supaya
  2. Pelatihan Kepenulisan.
  3. Public Speaking
  4. Pelatihan Menyablon
  5. dan lain-lain

 

anak-anak sedang belajar menyablon

anak-anak sedang belajar menyablon

Semoga dengan Gerakan Kampung Cerdas Kampung Membaca yang saya jalani, terlahir anak-anak yang cerdas.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10


Comments (7)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar