0

Ini Bedanya Oksigen Medis dan Industri (0)

Anotherorion March 15, 2022

Saat pandemi seperti ini, pemerintah mengupayakan pengalihan oksigen industri untuk kebutuhan medis, setidaknya sampai rumah sakit siap memenuhi instalasi oksigen medis di tempat masing-masing dengan mempersiapkan generator oksigennya.

Oksigen adalah barang gratis untuk manusia sehat seperti kita, di sekolah kita mengetahui senyawa kimia ini memiliki bentuk kimia O2 dan dapat dihirup secara langsung dari udara.

Oksigen murni sangat dibutuhkan oleh pasien rumah sakit, mengingat udara bebas juga mengandung senyawa lain seperti nitrogen, hidrogen dan tentunya karbondioksida dan karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan tubuh pasien.

Namun untuk pasien rumah sakit, mereka membutuhkan oksigen dalam bentuk murni. Berkisar 99% agar dapat membantu pernafasan saat sakit atau menjalani operasi.

Di rumah sakit sendiri kebutuhan oksigen medis dapat disuplai dari tabung oksigen maupun yang berasal dari instalasi oksigen. Katup penghubung instalasi oksigen ini biasanya dapat dijumpai di dinding bagian atas bed pasien.

Dengan adanya instalasi oksigen ini, rumah sakit dapat memberikan layanan oksigen pada pasien gawat darurat secara langsung. Just info, di DKI Jakarta sendiri, rumah sakit yang memiliki instalasi gas medis ini baru berkisar 45% dari jumlah rumah sakit yang ada di seluruh Jakarta.

Bisa dibayangkan betapa mendesaknya kebutuhan oksigen ini untuk para pasien covid. Terlebih dengan merebaknya varian-varian SARS-COV2 yang semakin banyak seperti delta, omicron dan kemungkinan varian baru yang lebih berbahaya.

Di sisi lain, oksigen juga dibutuhkan oleh industri kita dalam proses manufaktur, proses oksidasi senyawa memerlukan oksigen murni untuk dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Nah kawan-kawan mungkin belum banyak yang mengetahui perbedaan oksigen medis dan industri. Dikutip dari perbedaan.net, oksigen medis dan industri ternyata punya beberapa perbedaan

Perbedaan oksigen medis dan industri

perbedaan oksigen medis dan industri

Tabung

Tabung yang berwarna biru biasa digunakan untuk industri medis, sementara tabung medis berwarna putih dengan simbol palang merah

Bentuk Oksigen

Oksigen medis umumnya berbentuk liquid/cair, sedangkan oksigen industri biasanya berupa gas

Kemurnian

Kemurnian oksigen medis diatur dalam standar oksigen medis yang dikeluarkan badan kesehatan Amerika. Nilainya minimum 99.65% sedangkan oksigen industri bergantung pada jenis industrinya. Untuk industri yang memerlukan presisi tinggi, maka tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan bisa lebih tinggi dibanding oksigen medis

Peruntukkan

Oksigen medis digunakan untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan pernapasan, seperti pasien covid, asma, gangguan pernafasan lainnya. Maupun pasien kritis dan pasien operasi yang membutuhkan suplai oksigen murni.

Oksigen industri digunakan dalam berbagai jenis industri seperti pemurnian, oksidasi maupun memurnikan logam tertentu.

Nah sekarang kawan-kawan sudah bisa membedakan mana oksigen untuk keperluan medis dan mana yang digunakan untuk kepentingan industri kita. Itulah beberapa perbedaan oksigen medis dan industri semoga dapat memberikan informasi untuk kita semua.

Tagged with: , ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar