17

Belajar Menulis yang Baik, Coba Ikutkan Lomba (+4)

M. Yusuf Amin Nugroho November 29, 2013

Bismillah…

Salam Malam

Menulis untuk lomba biasanya berbeda dengan menulis yang tidak diniatkan untuk lomba. Tapi kadang-kadang, ada lomba menulis dan kita sudah punya naskah tulisan yang cocok untuk diikutkan, lalu kita iseng-iseng mengirimnya, dan menang. Siapa sangka? Menang lomba kadang-kadang sangat dekat dengan faktor keberuntungan. Beruntung karena jurinya kawan SD kita, beruntung karena yang ikut sedikit, beruntung yang hebat-hebat tidak ikut. Nah!

Ya, siapa tahu. Ada segudang ajang lomba menulis, seakan-akan tidak ada habisnya. Hampir setiap hari ada informasi lomba menulis baru. Saya sendiri sengaja berlangganan beberapa blog yang rutin memberikan informasi lomba menulis. Tujuannya, biar tidak ketinggalan informasi lomba terbaru. Meski jarang ikut lomba, dan begitu ikut biasanya kalah, itu tidak jadi soal. Yang jelas, dengan mengikuti lomba maka kita sebenarnya sedang belajar menulis dengan baik. Sebab, kita tahu karya kita akan dinilai oleh dewan juri.

Kalau kemudian kita kalah lomba, saya kok kadang percaya bahwa bukan berarti karya kita lebih buruk dari karya pemenang. Sebab, bukankah penilaian lomba itu cenderung subyektif. Baik atau tidaknya suatu karya, masing-masing orang toh punya kualifikasi sendiri-sendiri. Jadi, tidak patut kita berkecil hati. Tapi bukan berarti terus kita tidak belajar dari kehalahan. Ketika kita kalah, kita cari kelemahan karya kita lagi, kalau perlu telepon dewan juri, kenapa karya saya bisa sampai kalah, padahal itu karya terbaik saya. Untuk yang terakhir ini saya tidak pernah melakukannya. Bagi saya, kalah ya sudah. Nikmatilah!

Nah, bagi kawan-kawan Guraru yang tertarik mengikuti lomba menulis, saya share beberapa lomba menulis terbaru dari sebuah blog langganan saya ini:

Lomba  Blog Hari Guru Hadiah 5 unit Samsung Galaxy Core

Lomba Menulis Artikel Dinas Perkebunan

Lomba Menulis Inspiratif Hadiah Pertama 5 juta

Lomba Artikel Hijabersmom Community

“Lomba Cerpen Green Pen Award 2013”

Lomba Menulis Hadiah Laptop dan Uang Tunai

Lomba Novel Isalami Deadline 2014

 

Masih ada beberapa info lomba yang lain sebenarnya. Tetapi cukuplah saya share itu dulu. Ohya, kita tunggu saja, sebentar lagi, Guraru.Org juga pasti bakalan mengadakan lomba menulis lagi. 🙂

Salam

Semoga bermanfaat

Tagged with:

Comments (17)

  1. Iya ya, kok belum pernah berani ikutan lomba menulis ya saya. Pak plz beri saran, bisa gak ya model tulisan saya yang menurut Guraru rinci, bagus, itu dilombakan? Hehehe, dicoba juga gak apa-apa juga ya? Jadi ingin lomba nih, nenek yg msh mau buka laptop. Thx infonya, kutunggu replynya. Ku vote nih biar sgr di balas, hahaha. Salam.

    • Ibu @etna, ayolah, ibuku! karya ibu memang bagus-bagus, tentu ini penilaian kawan-kawan kita sendiri yang kadang-kadang kurang jujur. tapi menurut saya sih, dicoba saja dulu diikutkan, kalah dan menang kan ada faktor keberuntungan. hehe…
      wah, senang sekali dengan semangat ibu etna yang luar biasa ini.
      yang muda-muda kaya’ saya sudah wajib malu. malu!
      🙂

    • Pak @Isna, hahaa… ya tidak gitu juga sih. banyak juga kok juri yang profesional. meski kadang-kadang publik menilainya lain. nah, yang sekarang sedang hangat di dunia sastra adalah dimenangkannya novel Pulang karya Laela S Chudhori. Ada banyak kritik atas penjurian itu. Tidak fairlah, jurinya tidak obyektiflah, kurang tahu sastralah. hehe..
      🙂

    • Novel Pulang mendapat penghargaan Khatilistiwa Literary Award (KLA) tahun ini. Beberapa kalangan protes, karena menganggap karya itu Pop dan ada karya yang lebih layak menerimanya, yakni AS Laksana dengan Kumcer Merjangkung. Begitulah, kontroversi penjurian sangat kadang sulit dihindari…

  2. Thanks infonya pak Yusuf.. ayo guraru, singsingkan lengan baju, tarik lengan kemeja, mulai landing-kan jari-jari kita di atas laptop..hehee… Bu Etna: kalo kata pak Dedi, tulis aja dan ikut aja, semua tulisan punya karakteristik masing-masing. saya yakin tulisan bu Etna mampu menembus penilaian juri… cemungudh..hee…

  3. wah … wah … pada semangat semua nih …. gara-gara orang jogja woro-woro heeee …
    ikutan semangat Pak, semoga bisa gabung, meskipun pemula doakan bisa ikut mewarnai pak Yusuf …..
     
    vote up gantinya info yang bagus ini 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar