2

Hukum Archimedes (0)

Supadilah S.Si April 20, 2021

Sedang belajar fisika atau ingin menjadi ahli fisika? Sudahkah mempelajari apa itu Archimedes dan bagaimana bunyinya? Dalam kehidupan praktek fisikan seringkali tidak disadari namun sangat penting. Pelajari salah satu hukum yang ada dalam pelajarian fisika berikut ini.

Archimedes adalah orang Yunani yang menemukan salah satu hukum fisikan yang kini dikenal sesuai dengan namanya. Awal mula dari hukum ini adalah masalah mahkota yang dimiliki Raja Hieron II yang memerintah kala itu.

Archimedes diminta untuk menyelidiki kandungan emas dalam mahkota apakah murni atau dicampur dengan perak. Mendengar perintah raja tersebut Archimedes banyak berfikir dan ia lelah.

Suatu saat Archimedes yang belum menemukan jawaban atas permintaan raja tersebut mandi ke dalam bak yang penuh dengan air. Ia masuk ke dalam bak yang penuh dan banyak air yang tumpah keluar.

Memperhatikan hal tersebut seketika itu juga Archimedes mendapatkan jawaban atas permintaan raja.

Setelah menemukan solusi dari mahkota raja, Archimedes pun bersorak sorai kepada istrinya dan memecahkan cara untuk mengetahui bagaimana mahkota raja yang telah dicampur dengan perak.

Pembuat mahkota raja yang mencampurkan emas dengan perak pun akhirnya dihukum mati. Penemuan yang ditemukan oleh Archimedes itu kini dikenal dengan hukum Archimedes.

Hukum Archimedes yang ditemukan untuk mengetahui masalah kandungan emas yang ada di dalam mahkota raja tersebut memiliki bunyi “ Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair maka benda tersebut akan memperoleh gaya yang disebut dengan gaya apung atau gaya ke atas sama seperti besaran zat cair yang dipindahkan”.

Penerapan Hukum Archimedes

Hukum Archimedes dapat menjelaskan mengapa suatu benda yang tercelup di air dapat melayang, mengapung, dan tenggelam. Penerapan hukum Archimedes ini diantaranya adalah perancangan kapal laut, bangunan lepas pantai (offshore), hingga kapal selam. Selain gaya apung, hukum Archimedes juga dipakai untuk menentukan massa jenis suatu benda padat, serta diterapkan pada stabilitas hidrostatik kapal yang mengapung di permukaan air.

Hukum Archimedes diterapkan pada kapal selam. Kapal selam merupakan kapal yang dapat mengubah-ubah massa jenisnya agar dapat menyelam, melayang dan mengapung di permukaan air. Untuk mengubah massa jenisnya, kapal selam menambahkan massa atau  mengurangi massanya dengan cara memasukkan air atau mengeluarkan air. Agar dapat menyelam, kapal selam memasukkan air sehingga massa kapal bertambah besar, begitu pula sebaliknya jika kapal selam ingin kembali muncul ke permukaan.

Penerapan hukum Archimedes lainnya adalah tentang kapal pesiar. Kapal pesiar massanya bisa mencapai 200 ribu ton. Bagiamana kapal pesiar yang massanya mencapai ratusan ribu ton itu bisa mengambang di lautan? Padahal balok besi (bahan yang sama untuk membuat kapal pesiar) jika dimasukan ke dalam air akan tenggelam. 

Peristiwa ini berhubungan dengan gaya apung yang dihasilkan oleh kapal pesiar tersebut. Balok besi yang dicelupkan ke dalam air akan tenggelam, sedangkan balok besi yang sama jika dibentuk kapal pesiar akan terapung. Hal ini disebabkan oleh jumlah fluida yang dipindahkan besi yang berbentuk kapal pesiar lebih besar daripada jumlah fluida yang dipindahkan balok besi. Besarnya gaya angkat yang dihasilkan kapal pesiar sebanding dengan volume kapal pesiar yang tercelup dan volume fluida yang dipindahkannya. Apabila gaya angkat yang dihasilkan sama besar dengan berat kapal pesiar maka kapal pesiar akan terapung. Oleh karena itu, kapal pesiar didesain cukup lebar agar dapat memindahkan volume fluida yang sama besar dengan berat kapal pesiar itu sendiri.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar