3

HOREEEEE…..BESOK PROJECT TEST !!! (+3)

wahjoekris May 19, 2015

Surabaya mencekam. Seluruh kota sepi. Hanya mobil tentara sekutu yang melintas di jalanan. Sepertinya Surabaya sedang dilanda ketakutan.

Awas, ada tentara sekutu. Be carefull Bro! Beberapa arek Suroboyo berlari mendekati Hotel Yamato. Ssstttt, Kita tadi kan menempuh jarak 20 meter dalam waktu 5 sekon, jadi kecepatan lari kita berapa ya? Dor dor dor tiba-tiba tembakan musuh menghujam. Arek –arek Suroboyo pun mencari tempat perlindungan di balik pohon jati. Hati-hati ya, jangan sampai pohon jati ini rusak. Remember God’s Great Commandments : We have to love our environment. Setuju! Seandainya kita membeli kayu jati ini satu koma delapan juta lalu kita jual dengan harga dua juta rupiah, kita untung berapa persen ya? Dor! Tembakan musuh membuat semua semburat ke kampung terdekat. Di situ mereka berjumpa dengan seorang kakek. Mbah, nyuwun sewu. Kulo badhe nyuwun toya pethak wonten mbah? Kulo ngelak pol niki …Ooo ana le, iku ngombe o sak waregmu! Matur nuwun Mbah. Sejenak kemudian. Arek-arek Suroboyo pun melanjutkan perjuangan merebut merah putih di Hotel Yamato. Dengan darah dan nyawa akhirnya mereka berhasil merebut hotel Yamato dan merobek warna biru bendera Belanda hingga menjadi Merah Putih. MERDEKA!!

Begitulah serunya project test di SMPK Pamerdi Kebonagung Malang . Apa itu Project Test? Project test merupakan bentuk ujian yang dilaksanakan dalam bentuk praktek drama dengan mengintegrasikan seluruh pelajaran yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, PKN, Matematika, SBK, TIK, Pendidikan Jasmani dan Agama. Gimana caranya? Seperti cuplikan di atas, yang menjadi tema drama pelajaran IPS yaitu sejarah perjuangan bangsa. Tetapi di dalam adegan dan dialog drama tersebut terintegrasi semua pelajaran. Materi IPA yang masuk dalam drama adalah tentang gerak dan kecepatan. Matematika tentang aritmatika sosial. PKN tentang Bela Negara. Agama tentang menjaga kelestarian alam sebagai amanat Tuhan. Bahasa Jawa tentang unggah-ungguh berbahasa. Bahasa Inggris tentang pronounciation dan vocabulary. Sedangkan SBK terintegrasi dalam pembuatan properti drama. Bahasa Indonesia terkait dengan penulisan naskah drama. Dan TIK terintegrasi dalam pengetikan naskah drama dan multimedia pendukung drama.

Project test ini membutuhkan waktu sebulan, mulai dari persiapan, latihan, dan pementasan. Untuk penilaian, setiap pelajaran menyusun rubrik dan lembar penilaian sesuai dengan materi yang terintegrasi dalam drama. Selama project test, kelas menjadi sangat ramai dan berantakan. Tetapi dalam kelas berantakan itulah keativitas mereka diuji. Keterampilan anak dalam problem solving terasah. Kemampuan anak dalam berpikir tingkat tinggi berkembang optimal. Dan kompetensi anak dalam berpikir holistik-integral terlatih . Secara keseluruhan, ujian projec test ini membuat anak-anak bahagia. Sebagai guru, tak ada yang lebih membahagiakan selain mendengar anak berteriak: HOREEEEE….BESOK PROJECT TEST!

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10
IMG_0027

IMG_1980

IMG_2178

IMG_2193

IMG_2278

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar