3

“High Performance Unit” sekolah (+4)

Muhamad Fajri Firdaus May 27, 2014

Sekolah adalah manajemen tingkat tinggi yang butuh cara cerdas untuk mengelolanya

Saya teringat atas keberhasilan timnas u-19 menjuarai piala AFF dan lolos ke piala AFC  sebagai juara grup. Ternyata keberhasilan tersebut tidaklah hanya keberhasilan sang pelatih dalam meracik strategi dan para pemain yang turun bermain di lapangan. Ada banyak sekali unit dari tim pelatih yang ikut membantu dalam keberhasilan tim ini, salah satunya adalah HPU ( high performace unit ).

HPU mungkin masih terdengar asing.  Namun, di Negara maju seperti jerman HPU sudah populer di gunakan di sepak bola sebagai tim yang membantu analisis tim pelatih untuk meracik strategi, mempelajari kelemahan lawan dan keunggulan tim sendiri yang bisa di jadikan serangan. Jadi di era modern seperti ini ternyata memang sepak bola tidak selalu tentang otak encer pelatih atau kuatnya dan lihai nya  pemain di lapangan, teknologi pun sudah mulai di gunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan tim.

HPU adalah tim yang bertugas untuk mengevaluasi penampilan suatu tim dan tim lawan. Mengumpulkan data pertandingan, dan juga mengamati jalannya pertandingan. Menganalisis apa yang telah didapatkan dan mempresentasikan kepada tim pelatih. Sampai memberikan masukan bagaimana cara mengatasi tim lawan, walaupun pada akhirnya tetap tim pelatih yang menentukan strategi apa yang akan di terapkan.

Saya berpikir kenapa tidak mencoba menerapkan sistem kerja HPU kedalam sekolah. Dunia pendidikan saat ini begitu kompleks sehingga  menuntut bergerak lebih cepat, lebih tepat, lebih akurat dan makin dinamis dalam membentuk para penurus bangsa. Jadi, bukan tidak mungkin sekolah harus berani membentuk dan menerapkan cara kerja HPU bekerja untuk membantu para guru mengajar di kelas agar kinerja pendidikan lebih optimal.

Inti kerja dari HPU adalah mengambil data, menganalisis, mengevaluasi dan memberi masukan. Ada empat tugas utama dari HPU. Keberadaan HPU ini akan sangat membantu para kepala sekolah, guru, orang tua siswa dan siswa untuk meraih hasil optimal dalam belajar sehingga di harapkan nantinya hasil belajar pun akan lebih terarah dan ouput pendidikan pun akan meningkat drastis. Peningkatan tidak hanya di ranah kognitif, tapi juga afektif dan psikomotorik

Jika, suatu sekolah ingin membentuk HPU, maka unit tersebut harus berisikan orang-orang yang mengerti tentang pendidikan dan juga teknologi informasi. Semua ini bertujuan agar mampu menganalisis keadaan kelas, lebihan dan juga kekurangan yang terjadi di kelas. Saya berpikir unit ini bisa berisi para lulusan manajemen pendidikan dan juga teknologi pendidikan yang memiliki kompetensi di bidang analisis pendidikan dan teknologi informasi.

Setelah terbentuk tim HPU maka setiap kelas bisa di pasangi kamera pengamat yang keberadaannya tidak terlihat jelas oleh guru ataupun murid, kenapa? Karena jika terlihat keadaan kelas cenderung akan seperti panggung sandiwara dan hasil analisis pun tidak akan bisa di ambil dengan nyata. Selain itu bisa menyebabakan kecanggungan guru dalam mengajar dan menyebabkan tidak konsentrasinya siswa dalam belajar. Jadi, kamera ini harus di simpan di tempat rahasia yang mampu melihat secara jelas keadaan kelas, mulai dari cara guru mengajar, perilaku murid di kelas dan hal lain yang terjadi di kelas.

Segala kejadian di kelas nantinya akan bisa terekam di kamera HPU akan menjadi bahan analisis oleh HPU. Hasil analisis tersebut di sampaikan secara berkala dan rutin dalam pertemuan forum guru di sekolah. Di pertemuan itu akan diberikan hasil analisis apa yang terjadi di kelas itu, evaluasi dan masukan kepada guru. Output yang di dapat dari hasil rekaman HPU tentu saja tidak bisa main-main karena hasilnya akan di jadikan tolok ukur cara memperbaiki keadaan di kelas oleh guru dalam mengajar berikutnya.

Dengan di bentuknya HPU bisa meminimalisir kesalahan guru dalam mengajar, memberikan ide-ide baru untuk guru mengajar dan juga menghindari guru untuk mengulangi kesalahan yang sama dalam mengajar. Selain itu hasil analisis, evaluasi dan masukan yang di berikan oleh HPU akan membantu guru mengajar di kelas, dan memacu guru untuk menjadi jauh lebih baik dalam mengajar yang akan membawa hasil lebih baik dari proses belajar di kelas.

Tentunya dengan mengadakan HPU idaklah mudah, murah dan tidak mungkin tanpa masalah. Biaya yang tidak murah untuk mempersiapkan alatnya dan juga untuk membentuk HPU itu sendiri. Walaupun begitu semua itu akan terbayar jika dapat di jalankan dengan baik.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar