1

High Order Thinking Skill (0)

Elisa Kristiyanti April 8, 2021
Pekan Webinar Universitas Dinamika Surabaya dalam rangka Dies Natalis Universitas Dinamika ke-38.
Menyusun Assesment Berbasis HOTS pada Pembelajaran Online

Pembicara : Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA.

Istilah High Order Thinking Skill (HOTS) menjadi sesuatu yang sangat penting saat ini, terutama pada masa sekarang. Dunia pendidikan terus berbenah salah satunya adalah dengan mempersiapkan penilaian yang bersifat HOTS dengan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk bisa menghadapi abad 21 yang penuh dengan berbagai tantangan, tuntutan, peluang, dan kesempatan untuk berkembang.

Para pendidik dan guru harus mulai memperbaiki paradigma bahwa soal HOTS adalah soal yang sulit untuk diselesaikan oleh siswa. Soal HOTS seharusnya dapat merangsang peserta didik untuk semakin mencintai ilmu yang diajarkan oleh gurunya.

Menurut Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., soal HOTS seharusnya memacu peserta didik untuk berfikir logis dan mendalam, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang dibutuhkan saat diperhadapkan dengan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu yang diberikan dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Soal HOTS akan membuat peserta didik mampu berpikir tingkat tinggi termasuk kemampuan memecahkan masalah, keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan berpendapat, dan mengambil keputusan. Mendidik para peserta didik untuk melihat segala sesuatu secara logis dan menggunakan data.

Peserta didik sejak dini mulai diajarkan untuk berpikir kreatif, berpikir mendalam, dan kritis. Peserta didik terus dilatih untuk dapat beragumen sesuai data. Sedini mungkin peserta didik dilatih untuk berpikir mendalam dan sesuai data.

Ciri instrumen penilaian HOTS

Divergen

Instrumen penilaian HOTS bersifat divergen artinya memungkinkan peserta didik memberikan jawaban berbeda-beda sesuai proses berpikir dan sudut pandang yang digunakan karena mengukur proses berpikir analitis, kritis, dan kreatif yang cenderung bersifat unik atau berbeda-beda responnya bagi setiap individu.

Multipresentasi

Instrumen penilaian HOTS umunya tidak menyajikan semua informasi secara tersurat, tetapi memaksa peserta didik menggali sendiri informasi yang tersirat.

Kontekstual

Soal-soal HOTS merupakan asesmen yang berbasis situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari, di mana peserta didik diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep pembelajaran di kelas untuk menyelesaikan masalah. Kontekstual dengan usia dan kehidupan sehari-hari.

1 2 3 4

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar