7

Harus Punya Laptop Pribadi &Belajar Melek Teknologi untuk Merasakan Efeknya dalam Pembelajaran (+2)

Novi Komariyatiningsih May 30, 2017

Pada waktu masih merasakan jadi mahasiswa di tahun 2003, penggunaan teknologi sangat membantu dalam menyelesaikan tugas-tigas dari kampus.  Pada saat itu saya sangat sering ke rental komputer ataupun ke wartnet untuk menunaikan tugas yang diberikan oleh para dosen.  Tidak banyak mahasiswa yang mempunyai komputer sendiri di rumah, dikarenakan harganya yang menurut saya sulit untuk standar dompet mahasiswa.  Seiring berjalannya waktu muncullah laptop, yang lebih fleksibel, dapat dibawa kemana-mana.  Namun demikian saya tetap pecinta rental/warnet dikarenakan belum bisa memilikinya, sampai akhirnya semester 7 saya punya komputer sendiri, itupun second.  Dengan adanya komputer di rumah waktu saya lebih efisien, lebih banyak di rumah guna menyelesaikan tugas akhir.  Saat itu saya hanya memiliki skill dalam membuat teks di Microsof Word, Microsoft Excel, dan Power Point. Skill itu saya peroleh dari mata kuliah yang sempat saya ampu sebelumnya.  Selesai saya merampungkan tugas akhir, semua data saya simpan di flash disk, dan saat di kampus tinggal dikumpulkan datanya di laptop teman, jadinya saya selesaikan studi saya dengan laptop hasil pinjaman, he..hee..

Alhamdulillah begitu tamat dan saya ikut tes guru dan saya lulus, 6 bulan saya bekerja saya sudah bisa memiliki Laptop sendiri.  Manfaat besar saya rasakan saat saya menggunakannya untuk pembelajaran di kelas, juga melakukan analisis data terhadap nilai-nilai siswa, sehingga pekerjaan saya menjadi cepat selesai, terutama saat pembagian rapor, menghitung rata-rata, mengurutkan peringkat siswa merupakan pekerjaan yang mudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dibandingkan manual.

Hanya dengan menghubungkan dengan modem, saya sudah bisa berselancar ke dunia maya, sehingga walaupun saya tugas di daerah, saya masih bisa untuk update.  Tahun 2014 saya mencoba mendaftar Diklat Online (DOL) yang diselenggarakan oleh P4tkmatematika, dan saya diterima menjadi pesertanya.  Pelaksanaanya tidak mengganggu tugas mengajar di sekolah, karena dikerjakan secara online (24jam) dan ada agenda tugas-tugas yang harus dikerjakan, salah satunya dapat dilihat pada gambar:

tugas peluang

Sewaktu mengikuti DOL, pengetahuan saya tentang teknologi bertambah, begitu hebatnya laptop yang dimiliki asalkan mengerti pemakaiannya.  Salah satu ilmu baru yang saya peroleh adalah penggunaan geogebra, yang dapat di download pada link www.geogebra.org.  Program tersebut membantu saya dalam menyampaikan materi pelajaran, membuat pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan mempermudah menggiring siswa pada pemahaman suatu konsep.

Salah satu materi yang saya sampaikan pada siswa dengan menggunakan program geogebra adalah “Grafik Persamaan Kuadrat”.  Siswa melakukan  pengamatan terhadap grafik parabola dengan mengubah-ubah nilai setiap koefisien dan konstanta secara bertahap, siswa dapat memanfaatkan warna-warna sehinga dapat membantunya menemukan sendiri konsep dari grafik persamaan kuadarat. Pembelajaran di dalam kelas pun menjadi menarik. kerjasama kelompok terjalin, diskusi berjalan lancar.

Efek dari melek teknologi, membuat saya semakin percaya diri sebagai guru matematika. Namun, oleh karena baru pertama mendapat ilmu menarik begitu, saya semangat menggunakannya dalam pembelajaran, semangat saya sempat tidak bertahan lama dikarenakan daerah tempat saya bertugas, tidak banyak siswa yang mempunyai laptop, dan bahkan ada yang punya, tetapi jenis laptopnya kurang support untuk menggunakan program-program yang saya sarankan.  Namun saya tetap berusaha mengoptimalkan apa yang ada, sambil terus memotivasi siswa untuk membeli laptop yang agak canggih, supaya mereka “tidak terlindas” seiring kemajuan jaman.

Selain itu, dengan melek teknologi, menjadikan saya seorang kreator, saya berusaha meramu materi dengan memanfaatkan program-program yang mendukung dalam pembelajaran matematika agar siswa dapat memahami konsep yang saya sampaikan di kelas, sehingga dapat mengembangkan potensi siswa sebagaimana tujuan pendidikan nasional yang tertera dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.

“Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

Comments (7)

  1. wah..wah…wah mbak novi nyindir sy nih
    laptop acer sy yang sy beli tahun 2006 udah ketinggalan jaman, netbook juda udah aus, kini pakai laptop sekolah, jadi malu nih karena laptopnya pinjam

    semoga sukses DOL dan kegiatan lainnya mbak

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar