2

Harapan Dunia Pendidikan Pasca Pandemi (0)

FitriyaniElHasan December 8, 2020

Beberapa bulan belakangan ini kita semua dihadapkan pada masalah global yang tak terduga akan pernah menimpa kita. Sebuah wabah yang awalnya terjadi nan jauh di negri seberang, ternyata menjadi sebuah pandemi global. Kita di Indonesia pun tak luput ikut kebagian. Semua orang merasakan dampaknya secara terutama ekonomi. Perekonomian seolah terjungkal pada titik terendah bagi hampir semua orang. Dunia pendidikan pun merasakan dampaknya. Kita dipaksa belajar daring, dilarang bertatap muka seperti sedia kala. Tak pernah sebelumnya kita akan mengalami hal ini. Namun faktanya kita sudah dan masih sedang menjalaninya. Kapankah ujung dari semua ini? Entahlah tidak ada yang dapat memastikan. Namu setiap musibah pasti ada akhirnya, atau justru kita yang dapat mengatasinya. Bagaimanakah harapan bagi dunia pendidikan pasca pandemi yang mendunia ini? Mari kita belajar dan mencoba menerawang kedepan.

Bagi Guru, setidaknya kita sudah terlatih untuk melakukan pembelajaran berbasis IT. Meskipun hanya sekedar berbasis media sosial atau sekelas messenger seperti WA. Sebelumnya kita hanya menggunakannya hanya sebatas media komunikasi, tapi saat ini kita dapat memanfaatkannya sebagai sarana belajar. Lebih jauh, guru yang sebelumnya sudah terlatih menggunakan IT, saat ini setidaknya sudah lebih sering menerapkannya. Sudah lebih dalam dan jauh mempelajari pembelajaran daring. Pemanfaatan media audio visual, youtube, online resources, e-learning, dan sejenisnya tentu sudah lebih dikuasai. Harapannya nanti pasca pandemi, guru lebih banyak memanfaatkan pembelajaran berbasis IT yang variatif dan efektif. Semoga nantinya para guru lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran dengan siswa.

Bagi Siswa, tentu harapannya kedepan adalah kedisiplinan semua siswa meningkat. Selama masa pandemi siswa dididik untuk disiplin meskipun tanpa ada guru yang mengawasi didepan mereka. Siswa juga sudah lebih terlatih belajar menggunakan media IT. Pasca pandemi, semoga siswa lebih baik secara akademik karna mereka sudah terbiasa mencari materi on line secara mandiri. Keriduan mereka pada pembelajaran daring saat ini semoga berdampak positif bagi mereka dengan menjadi siswa yang lebih rajin, lebih berprestasi, dan bermoral pasca dididik orang tua lebih lama sejauh ini dirumah.

Bagi orang tua siswa, setidaknya mereka sudah merasakan sendiri betapa menantang, menguras tenaga dan waktu saat harus mengawasi putra-putri mereka belajar seharian di rumah. Mereka akan lebih paham tentang beratnya beban seorang guru. Sehingga nantinya ada sinergi dan komunikasi yang lebih baik antara guru dan orang tua siswa demi kebaikan siswa atau putra-putri mereka. Harapannya tidak ada lagi orang tua siswa yang menuding guru kerjanya seenaknya memberi tugas, guru seenaknya memberi sanksi disiplin, guru seenaknya memberi nilai, dan bahkan tidak ada lagi orang tua yang melaporkan guru karna mendisiplinkan putra-putri myereka.

Bagi Pemerintah, harapannya justru jauh lebih besar. Semoga pemerintah lebih siap menghadapi hal serupa yang mungkin terjadi lagi di masa yang akan datang. Semoga lebih serius melakukan pembenahan kekurangan-kekurangan yang terjadi selama masa pandemi.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar