2

Hanya 10 Menit, Video Pembelajaran Siap Submit (0)

Mawani Gultom October 12, 2020

Ketika wajah Pendidikan berubah menjadi pembelajaran daring, maka kita – guru dan siswa sudah tidak asing lagi dengan namanya video pembelajaran. Demi tetap berjalannya kegiatan belajar mengajar dari rumah maka video pembelajaran siap melanglangbuana di sosial media, entah itu dibagikan lewat facebook, WAG, bahkan juga di youtube. Sejak pandemi melanda di belahan Bumi, beranda sosial media saya sendiri penuh dengan video pembelajaran (Karena kebanyakan berteman dengan sesama guru) dan juga beberapa status tentang respon orang tua terhadap kinerja guru. Tak jarang status itu mengandung pernyataan yang tak elok di dbaca (demi kemajuan, kritik pedas ini boleh kita jadikan ajang pembuktian membekas). Ada cuitan yang mengatakan bahwa guru di masa pandemi itu makan gaji buta. Cuman kasih tugas banyak – banyak, eh tiap bulan gaji berjalan normal. Sedih memang, padahal tidak tahu bagaimana guru kini harus berkutat dengan beragam hal baru. Mulai dari nol.

Saya pribadi tidak terlalu memasukkan ke dalam hati cuitan pedas tersebut. Sebab apa? Sebab saya tetap melakukan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab saya sebagai seorang guru. Malah, di masa pandemi ini menjadi lebih sulit sebenarnya. Namun, bukan guru era baru namanya jika hanya mengeluh. Banyak hal yang bisa kita perbuat agar proses belajar dari rumah punya aura yang kuat. Membabat pandangan negatif dan mulai menyemai benih positif di lahan yang bernama teknologi. Ya, teknologi.

Belajar dari rumah (BDR) menjadi lebih asyik berkat teknologi. Ada banyak aplikasi yang dapat menolong kita (guru) untuk membuat video pembelajaran, seperti kinemaster, viva video, dan masih banyak lainnya.

Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang sebuah aplikasi yang membantu saya dalam membuat video pembelajaran yaitu XRecorder atau biasa di kenal dengan aplikasi rekam layar. Dengan menggunakan aplikasi ini saya bisa membuat video pembelajaran hanya dalam waktu 10 menit. Biasanya jika menggunakan aplikasi lain membutuhkan waktu satu hari atau bahkan lebih. Mengapa? Karena dengan menggunakan XRecorder kita bisa merekam dan melakukan banyak aktivitas sekaligus. Bagaimana caranya? Yuk kita simak langkah – langkah berikut.

Langkah 1

Rekan – rekan bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi XRecorder di Playstore.

Setelah aplikasi terpasang, lalu silahkan jalankan aplikasi. XRecorder akan menampilkan pemberitahuan. Klik ok untuk menutup tampilan tersebut pada layar. Untuk mulai menggunakan, tekan tombol allow dan allow lagi di jendela pop up yang muncul di layar.

Langkah 2

Setelah itu kita bisa membuka panel utama aplikasi XRecorder. Lalu kita langsung menuju ke pengaturan (settings) atau ikon gear di sisi kanan layar.

Langkah 3

Di menu pengaturan, kita bisa melakukan penyesuaian mulai dari mengatur resolusi, orientasi layar, perekam audio, mengaktifkan kamera (agar wajah kita terlihat saat sedang merekam), mengaktifkan spidol yang bisa kita gunakan untuk aktivitas menulis atau corat – coret, dan masih banyak pilihan lain lagi.

Langkah 4

Jika penyesuaian sudah kita lakukan, sekarang kembalilah ke layar utama atau ke aplikasi yang ingin kita rekam. Saya biasanya menuju ke menu catatan atau Microsoft tempat bahan ajar yang sudah disiapkan. Posisi perekam sedang aktif yang ditandai dengan tombol perekam di sisi kanan layar smartphone kita.

Langkah 5

Jika di tekan atau di geser, kita akan melihat pilihan – pilihan  seperti gambar. Tekan tombol merah paling atas untuk memulai merekam layar. Atau bisa juga mulai melakukan perekaman dengan menggeser bar notifikasi, lalu tekan tombol merah paling atas untuk mulai merekam layar.

Langkah 6

Setelah kita menekan tombol merah, maka akan muncul hitung mundur sebagai tanda agar kita segera bersiap karena XRecorder akan mulai merekam layar.

Langkah 7

Kita bisa membuat coretan saat aplikasi sedang merekam seperti yang saya katakan sebelumnya dengan menggunakan tombol kuas di layar sebelah kiri. Fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan di menu settings tadi.

Langkah 8

Jika sudah selesai, untuk menghentikan proses rekaman, tekan kembali tombol yang ada di sisi kanan pada layar dan pilih tombol dengan ikon kotak berwarna oranye.

Langkah 9

Video rekaman sudah tersimpan. Dan kita bisa menemukan berkasnya di aplikasi XRecorder. Kita bisa melakukan penyesuaian lanjutan seperti mengedit, menambah teks, memotong dan juga membagikannya langsung.

Saya beruntung bertemu dengan aplikasi ini yang diperkenalkan oleh seorang rekan guru di Facebook. Pengalaman pertama mencoba saya langsung merasa senang. Saya bisa merekam sekaligus menerangkan dengan mencoret di layar tanpa memakan waktu yang lama seperti sebelum saya bertemu dengan aplikasi ini. Bahkan sampai lembur tengah malam agar video pembelajaran lebih menarik.

Sejak menggunakan XRecorder saya merasa menjadi lebih terbantu dalam membuat video pembelajaran agar belajar dari rumah memiliki kesan menggairahkan. Anak – anak bisa melihat wajah sekaligus mendengarkan suara saya ketika saya sedang mengajar seolah – olah saya sedang berdiri di depan kelas. lagi kelebihannya adalah kita bisa langsung melakukan proses editing tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

Jadi, jika di tanya teknologi favorit saya dalam mendukung proses pembelajaran belajar dari rumah (BDR) selama new normal maka saya katakan XRecorder sebagai jawaban.

Hanya 10 Menit, video pembelajaran siap submit.

Semoga bermanfaat dan salam guru era baru.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (2)

  1. Selamat malam Bapak Mawani 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Wah sangat detil sekali pak untuk langkah-langkahnya! semoga bisa membantu para rekan guraru untuk bisa membuat video pembelajaran dengan cepat! Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar