6

Hal Baru, Ajang Uji Nyali Pembelajaran (+5)

Olivia Herlina Hanggi May 21, 2015

Hidup ini memang ajang uji nyali. Suatu saat ajang uji nyali itu pasti datang pada tiap manusia. Maka seseorang siap tidak siap, suka tidak suka, pasti akan berhadapan dengan persaingan-persaingan sebagai media uji nyali. Sebagai seorang Guru, tugasnya yang terbesar adalah mempersiapkan secara mental dan berkemampuan dalam banyak bidang peserta didik untuk menghadapi persaingan hidup. Disini dituntut kemampuan guru untuk mengorganisir berbagai tekhnik pembelajaran yang diwarnai dengan tekhnik motivasi.
Perasaan takut adalah penghambat terbesar manusia untuk mengeluarkan potensi terbaik mereka. Takut salah jawab, takut gagal, takut dikritik orang lain, dan berbagai macam ketakutan lainnya. Membawa peserta didik kita kepada keadaan yang standar, tidak terlihat maju atau mundur. Tidak terlihat progresif tapi terlihat angkuh. Di sekolah kita diajarkan untuk melakukan segala sesuatunya dengan benar. Kesalahan dipandang sebagai sesuatu hal yang buruk dan tidak baik. Kita belum bisa menerima kesalahan sebagai sesuatu pembelajaran.

Akibatnya, kita tidak berani melakukan sesuatu yang baru, bahkan sampai kita dewasa. Dan tentunya kita tidak akan tahu sampai batas mana potensi dan kemampuan yang kita punyai.
Mencoba sesuatu itu sangat penting buat kita agar kita dapat menikmati perjalanan kehidupan yang kita hadapi.
Oleh karena itu, saya mengajak peserta didik yang saya ampu untuk mengikuti Lomba keterampilan PAI, yang notabene peserta didik berasal dari keluarga yang pondasi awalnya tidak matang dan ahli dalam areal religius walau ada beberapa dari mereka yang fondasi keluarganya religius. Saya ingin mencoba hal-hal baru buat mereka. Agar mereka lebih fleksibel, lebih akrab dengan areal religiusnya sendiri, tidak takut terhadap ajaran agamanya sendiri. Ini akan berdampak pada penumbuhan kedekatan religius dalam benak sang peserta didik. Penumbuhan kedekatan ini disebabkan karena kekuatan efek ilmu yang mengikat kuat kedalam diri disebabkan pembelajaran lagsng maupun tidak langsung (seperti bertemu dengan hal-hal yang baru).
Meskipun hasil yang kita dapatkan tidak seindah apa yng diharapkan, tetapi ini menjadi suatu jalan untuk mereka, agar secara berkelanjutan menimba ilmu agama. Seperti yang kita ketahui bahwa Ilmu Allah SWT itu tidak akan habis walaupun pohon-pohon dijadikan pena dan laut dijadikan tinta bahkan ditambah tujuh laut, untuk menulis kalimat Allah SWT. Jadi pastinya banyak hal baru untuk dinikmati dan dikaji. Seperti sebuah ungkapan, yang berbunyi “If you want something you’ve never had, you must be willing to do something you’ve never done.” – Thomas Jefferson
Hal nyata yang terlihat dengan jelas dari mencoba hal baru adalah, menambah satu pengalaman baru. Di mana kita menambah wawasan, menikmati pemandangan berbeda, tempat, waktu, situasi, perasaan baru dan tentunya menambah data-data ke pikiran bawah sadar, baik sadar atau tidak sadar
Hal lain dari bertambahnya pengalaman baru, dengan diikut-sertakan nya peserta didik saya adalah mampi memicu kreativitas dan produksi ide-ide segar.

Kreativitas terbentuk melalui proses belajar. Hasil dari kreativitas adalah tindakan. Sebelum tindakan terrealisasi, di otak akan muncul beberapa ide yang akan dipilih untuk dilakukan. Bagaimana dengan hal baru bisa menimbulkan kreativitas? Ini terbukti Peserta didik yang saya kirim. Ketika diajarkan membuat presentasi tentang salah satu bidang kajian dalam Pendidikan Agama Islam. Dalam satu hari dia, mampu merubah materi kajian yang saya bikin dan menggantinya dengan materi kajian lain, dengan kreatifitasnya yang dituangkan dalam Powerpoint slide. Ini menunjukkan Karena saat mencoba sesuatu yang baru, otak akan bekerja dengan cepat untuk menghasilkan ide dan menyambungkan sel-sel neuron.
Dengan tersambungnya sel neuron-neuron akan menambah wawasan dan kepintaran seseorang untuk bidang yang kebetulan menjadi kajiannya.

Selain bertambah pintar dan cerdas untuk menerima hal-hal baru, hal positif lainnya adalah bertambah luasnya hubungan sosialisasi pertemanan. Hal-hal baru juga membuat hidup ini lebih indah, lebih bervariatif, tidak membosankan, kebanyakan dari orang yang telah banyak melakukan kegitan dan banyak kegiatan itu benar-benar menghantar mereka pada penemuan potensi diri mereka. Dibanding mereka yng mengerjakan satu kegiatan saja. Kalaupun ada yang ahli atau expert dalam satu bidang, itu karena mereka telah banyak bereksperimen dan mengali satu bidang itu dari beda sudut pandang, beda persepsi, beda objek, beda waktu, beda masalah, beda minat dan lain-lain walau tetap satu bidang kajian.
IMG_4073

IMG_4122
Wah rasanya saya perlu sekali berterima kasih atas banyaknya acara-acara kompetisi keterampilan Pendidikan Agama Islam ini terutama kepada MGMP PAI Kab. Bogor sebagai wadah ajang prestasi. Berterimakasih kepada Para Pihak yang mengijinkan peserta didik saya untuk melakukan hal-hal baru walaupun tidak membawa hasil yang top score. Tapi tetap bersemangat mendukung kemajuan peserta didiknya. Bersyukur kepada Ilahi Robbi yang dengan ilmunya selalu memberikan jalan dan kemudahan untuk ummatnya belajar dan belajar. Tidak itu saja, bahkan Allah SWT malah memberikan hadiah kemudahan menuju surga bagi mereka yang belajar sunguh-sungguh.
Haditsnya dari Abu Huroiroh رضي الله عنه, diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda:
من سلك طريقا يلتمس فيه علما سهل الله له به طريقا إلى الجنة
Artinya:
“Barangsiapa meniti jalan, ia mencari pada jalan itu ilmu (Ilmu Syar’i), maka balasannya adalah Allooh akan mempermudah (dengan sebab Ilmu tadi) jalannya menuju surga”.http://edukasi.kompasiana.com/2015/04/03/hal-baru-ajang-uji-nyali-pembelajaran-710537.html

Comments (6)

  1. siyap pak bakri< saya kebetulan sudah baca…. heheheh malu juga ya kalau dikelas mengajar ternyata ada guru juga… kmrin saya buat ptk saja, ditemeni sama 2 orang guru, sebagai teman sejawat dan kolaborator – itu buat saya grogi, panas dingin. Hem apalagi ini 20 orang lebih…hufy

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar