8

Guru Seru Bulan Maret 2014 : Restu Ninggutomo (+5)

Admin Guraru June 11, 2014

Restu

Guru Seru Maret 2014 adalah Pak Restu. Pria bernama lengkap Restu Ninggutomo ini merupakan Guraruer yang cukup aktif mengisi lembaran Guraru.org. Keaktifannya dalam rangka menjadi salah satu guru era baru di tempatnya mendidik juga, yaitu SMK Bakti Idhata, tidak perlu diragukan. Sebagai guru Bahasa Inggris, Pak Tutu sering menggunakan ICT dalam pembelajaran. Pak Tutu terlihat sangat senang dengan aktifitas yang membuat siswa juga senang belajar.

Apakah Pak Tutu benar-benar senang menjadi guru ? Admin kali ini menanyakan hal apa sebenarnya yang menginspirasi Pak Restu Ninggutomo ini sehingga memilih profesi sebagai Guru? Tak terduga, ternyata menjadi guru mulai terpikirkan oleh Pak Tutu sejak dirinya harus menggunakan kaca mata. Lho ? Apakah guru harus berkaca mata, Pak Tutu ?, “Semua ini terpikirkan ketika saya SMA dan mulai berkacamata. Saya sempat bertanya-tanya tentang profesi apa cocok dengan kaca mata ? lalu terpikirlah “guru”, jawab Pak Tutu.

“Mungkin sepertinya sudah takdir Tuhan yang membawa saya menjadi guru, Orang tua saya (Bapak) sudah tidak bekerja lagi dan ketika saya menyelesaikan SMA, saya terdorong untuk membantu meringankan beban orangtua, dengan mengajar di bimbel mata pelajaran sempoa, Bahasa Inggris dan Komputer Office. Kemudian saya melakukanya dengan berkuliah, dan pada semester 7 mendapat tawaran menjadi asisten LAB Bahasa Inggris di SMK swasta di Jakarta dan setelah lulus tahun 2006 saya diminta untuk mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SMK tersebut.”

Restu Niggutomo, dibesarkan dalam kesederhanaan sebuah keluarga. Ayah ibunya selalu memberikan dorongan yang ternyata terus melekat dalam benaknya, yaitu harus terus belajar dan jangan pernah pikirkan biaya sekolah. Setelah saya lulus SMA, Pak Tutu melanjutkan ke perguruan tinggi. Di sinilah Pak Tutu mengenal bimbel. Mata pelajaran yang diajarkan juga banyak, ada Bahasa inggris, sempoa, dan Ms. Office semua di tingakat SD dan SMP. Bimbellah yang lalu membiayai kuliah Pak Tutu. Terkadang, sesekali freelance memasang instalasi kabel di gedung gedung yang baru di bangun. Di penghujung masa kuliahnya, Pak Tutu menjadi asitan LAB. Bahasa Inggris di SMK Swasta di Jakarta dan juga Maintenance LAB tersebut. Tugasnya tidak ringan, memperbaiki jaringan Headset yang ada di LAB, membersihhkan LAB, sampai mendampingi guru yang mengajar Listening di LAB. Hingga akhirnya, ketika lulus kuliah Pak Tutu ditawari mengajar di SMK tersebut dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

Bagaimana Pak Restu memanfaatkan ICT dalam Pembelajaran ?

Sebagai guru Ms. Office, tentu Pak Tutu tidak asing dengan komputer dan perangkat lainnya. Hal inilah yang menjadikan belajar dengan ICT begitu mudah buat Pak Tutu. Lalu, bagaimana Pak Restu memanfaatkan ICT ini dalam pembelajaran ?

“Saya menggunakan perangkat pendukung IT sejak tahun 2010, dengan memanfaatkan video untuk pembelajaran dan memportofoliakan hasil pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran juga sering dilakukan dengan menampilkan dialog dan adegan sebuah film pendek yang direkam menggunakan camera. Presentasi kelompok dengan materi yang berbeda beda, tapi ciri khas Pak Tutu adalah pembuatan process how to make a Sandwich. Untuk melengkapi keseruannya, pembelajaran dengan software-software lain yang juga menarikpun dilakukan oleh Pak Restu. Pokoknya, pembelajaran dengan ICT pasti menyenangkan”.

Perangkat Keras yang digunakan terdiri dari Handphone, laptop, camera digital, tripod, projector. Perangkat lunak yang saya gunakan terdiri dari software Photoshop, Flash, Proshow gold, Sparkol, Ms. Office, muvizu, Kvsoft, dan masih banyak lagi.

Menurut Pak Tutu, menggunakan IT dalam pembelajaran itu memerlukan trik tersendiri. Pertama kali, Pak Tutu merancangnya terlebih dahulu dengan software yang mendukung dan dengan video pengdukung pula. Kemudian pada saat mengajar, menyiapkan perangkat keras (infocus dan sound). Biasanya, pertama Pak Tutu akan membagi kelompok terlebih dahulu dengan cara random, kedua memberitahukan materi yang akan dicapai, kemudian menampilkan video percakapan. Setelah itu, ditampilkan slide tentang apa yang kamu dapat, apa yang kamu lihat, apa yang kamu bisa ambil dari video tersebut. setelah setiap kelompok menjawab pertanyaan, kemudian siswa diminta untuk membuat dialog dari video yang ditampilkan tapi dengan situasi yang berbeda dan ungkapan yang sama, kemudian di pertemuan berikutnya kelompok mempraktikkannya di depan kelas dan direkam dengan menggunakan camera. Sederhana, bukan?

Efektifitas penggunaan IT ini luar biasa tingginya di mata Pak Tutu, terutama dalam membuat suatu penjelasan materi. Dengan adanya videonya yang diambil dari internet dan dikemas dengan menggunakan software presentasi dan ditambahkan sedikit animasi, maka akan menghasilkan slide yang menarik, kongkrit, dan interaktif. Siswa menjadi lebih antusias dalam belajar. IT , selain bisa memportofoliokan hasil belajar siswa, juga bisa mengontrol siswa dengan jarak jauh karena memanfaatkan internet dan mobile phone.

Kreatifitas Pak Restu ini memang layak ditiru. Menurut beliau, semua guru bisa memanfaatkan ICT. Jika Guru belum bisa, jangan malu untuk mencoba, belajar, bertanya dan mencari tahu tentang ICT. Jika guru sudah bisa, maka gunakan untuk membuat bahan ajar untuk pembelajaran, lalu bagikan ke teman- teman sejawat.

IDENTITAS :

Nama Lengkap                                                  : Restu Ninggutomo, S.Pd

Akun Twitter                                                      : @tutu_ninggutomo

Akun Facebook                                                 : Tutu Ninggutomo

Username pada Website Guraru              : @tutu-ninggutomo

Tempat Mengajar                                            : SMK Bakti Idhata

Mata Pelajaran                                                 : Bahasa Inggris

Tagged with: , ,

Comments (8)

  1. terimakasih semuanya…
    terimakasih atas nikmat yg diberikan Allah SWT..
    atas izinnyalah sy bisa berkarya.
    dan terimakasih untuk ortu,istri,anak dan adikku..
    dan terimakasih untuk teman2 semuanya
    terimakasih guraru yg sudah byk memberikan pecerahan dalam mengajar…
    sekali lg terimakasih byk…
    salam sukses dan syukur…

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar