6

Guru Sepanjang Waktu (0)

Supadilah S.Si December 11, 2020

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat sore, pembaca. Semoga tetap sehat ya. Nah, sore ini saya berbagi review buku yang guru banget. Ya, guru sepanjang waktu. Profesi guru tentu pas banget ya dengan kita. Mari simak review ini.

Guru merupakan profesi yang mulia. Perannya karena mengubah peserta didik dari kondisi yang tidak tahu menjadi tahu. Menberikan bekal pengetahuan kepada peserta didik yang nantinya sebagai panduan mereka untuk menjalani kehidupan.

Fungsi guru tidak tergantikan meskipun kehadiran teknologi yang semakin maju. Namun kemudian tugas guru menjadi tidak ringan dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki serta tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Karena demikian berat pekerjaannya, bisa jadi guru kehilangan orientasi dalam motivasi dan pekerjaannya.

Buku ini mengajak para guru untuk merenungkan tentang memaknai. Menjadi guru tanpa menggurui. Meskipun dia lebih tahu, seorang guru tida boleh tinggi hati dengan ilmunya.

Buku ini mengajak para pendidik untuk menjadi guru tanpa menggurui. Melibatkan peserta didik merupakan langkah terbaik dalam proses pembelajaran. Bangga dengan profesinya, mengajak untuk menguatkan kompetensinya, sekaligus hati-hati dengan cara kerjanya. Guru perlu masuk ke dunia mereka kemudian membawa dunia kita. Kenali apa yang mereka butuhkan dan berikan yang terbaik.

Jika siswa menjadi objek, mereka akan menjauh. Ketika siswa menjadi subjek, maka kita bisa merengkuh (hlm 80). Ketika persiapkan didik merasakan diri sebagai subjek pembelajaran bukan sekedar objek sasaran, mereka akan memiliki perasaan dilibatkan dan dihargai sehingga memberikan respon yang positif. Ketika hal ini terjalin, maka pembelajaran akan berlangsung dengan aktif, kreatif, dan efektif serta menyenangkan.  Komunikasi yang baik adalah yang melibatkan mitra bicara terlibat.

Selain empat kompetensi yang berdasarkan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, seorang guru hendaknya memiliki ‘kompetensi lain’. Seorang guru haruslah datang dengan hati yang bersih. Bisa jadi memang ilmu kita biasa dan terbatas. Namun karena tutur kata yang lembut hati yang bersih dan niat yang tulus kita bisa menggerakkan peserta didik. Seorang guru juga harus mampu menyesuaikan komunikasi dengan siswa. Ibarat radio pemancar, agar dapat diterima dengan baik maka perlu penyesuaian gelombang dan frekuensi yang sama. Memilih bahasa yang tepat sasaran sesuai daya tangkap anak.

Buku ini memberikan strategi menjadi guru guru yang hebat. Pertama, mulai dengan belajar, menguasai dengan benar inti atau tema pembelajaran serta esensi dalam ilmu yang dipelajari. Kedua, tahu alur sebab dan akibat dari sebuah masalah. Ketiga, menghadirkan solusi apa saja yang mungkin untuk mengatasi masalah tersebut. Keempat, memilih solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah secara efektif, efisien, dan produktif terhadap banyak masalah yang bisa diselesaikan (hlm 118).

Judul               : Guru Sepanjang Waktu

Penulis            : Solikhin Abu Izzudin

Penerbit           : Pro-U Media

Cetakan           : 1, 2018

Tebal               : 320 halaman

ISBN               : 978-6027820807

Peresensi         : Supadilah

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar