0

GURU MERANGKAI MASA DEPAN DARI KETERBATASAN (0)

Mohammad Isa Fifta Usi, S.Pd., Gr. October 31, 2021

Pengabdian Ku di Tapal Batas Tanpa Batas

Belajar merupakan proses yang wajib dilakukan oleh semua orang, melalui belajarlah seseorang yang belum tahu menjadi tahu, yang belum mengerti menjadi mengerti, dan yang belum bisa menjadi bisa. Refleksi diri merupakan tolok ukur kita dalam proses belajar, sehingga muncul akronim pembelajaran yang saya maknai proses maupun kegiatan yang dilakukan setelah mendapatkan pengetahuan maupun pengalaman baru sehingga kita dapat menarik hiotesis sementara dan kita dapat merencanakan perbaikan maupun menambah apa yang menjadi kekurangan maupun kelemahan. Aktivitas pembelajaran dapat menggunakan metode study kasus.

Sebagai guru, saya harus dapat mengamalkan TRILOGI prinsip pendidikan dari Bapak Ki Hajar Dewantara (Pelopor dan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Pertama), trilogi tersebut antara lain:

  • Ing Ngarsa Sung Tuladha (di depan menjadi contoh), yang saya maknai “Guru harus dapat menjadi contoh maupun teladan yang baik bagi peserta didik” red jawa (Guru: di gugu lan di tiru)
  • Ing Madya Mangun Karsa (di tengah memberikan Semangat), yang saya maknai “Guru harus dapat memberikan semangat, motivasi, dan pendampingan dalam aktivitas peserta didik”
  • Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan dorongan), yang saya maknai “Guru harus dapat mendorong segala aktivitas positif peserta didik”

Pada prinsip merdeka belajar guru tidak diperbolehkan menuntut peserta didik, akan tetapi guru harus dapat menuntun peserta didik ketika keluar dari norma-norma kehidupan. Makna dari merdeka belajar yakni pembelajaran berpusat pada murid dan aktivitasnya dikembalikan pada kodrat alam dan kodrat zaman.

Kami salah satu sekolah perbatasan dengan Negara Timor Leste, akan tetapi kami tidak mengenal sekolah tertinggal karena kami harus berani tampil mewujudkan transformasi pendidikan. Dengan kesederhanaan kami menyulap ruang kelas kosong menjadi Afirmasi Room. Afrimasi Room saya sebut juga dengan mini multimedia room atau ruang multimedia kecil, karena di dalam ruang tersebut terdapat beberapa alat atau media pembelajaran berbasis IT dan saya desain senyaman mungkin beralaskan karpet dan dilengkapi kipas angina. Puji Syukur dintahun 2020 kami mendapatkan bantuan TIK berupa Chromebook Acer melengkapi dan memberikan warna pembelajaran, sehingga Transformasi Digital menjadi salah satu Visi-Misi yang kami Unggulkan. Di tahun 2021 ini bantuan TIK dapat kami manfaatkan 100% dalam mensukseskan Asesmen Nasional, meskipun terkadang kendala jaringan akan tetapi tim kami selalu mempunyai strategi pemecahan masalah salah satunya menggunakan hotspot dari HP tim Afirmasi Room. Saya tidak dapat membangun dan bekerja sendiri tanpa adanya campur tangan dari pihak sekolah, sehingga saya membentuk tim work yang satu visi dan misi. bersamaan artikel ini saya tulis, sekolah kami pun membantu, mendampingi, dan memfasilitasi sekolah dasar sekitar yang belum mempunyai alat. Puji syukur sekolah kami SMP Negeri Sadi Kabupaten Belu turut hadir mensukseskan Simulasi dan Gladi untuk dua sekolah, SD Katolik Sadi dan SD Inpres Asulait yang nanti akan dilanjutkan Asesmen Nasional Berbasis Kom[uter (ANBK) pada pertengahan November tahun ini.

TIM WORK AFIRMASI ROOM
Online ANBK SMP Negeri Sadi memanfaatkan Chromebook Acer

Meskipun kami di perbatasan, kami memiliki semangat juang tinggi yang hadir dari guru-guru kami. Sumberdaya Manusia di sekolah kami kategori lengkap karena dari unsur budaya lokal beberapa teman guru mempunyai keterampilan seperti membuat kain tenun tradisional, tari likurai (tari adat khas kabupaten belu), dan suling bamboo,  selain itu saya pernah menjadi finalis guru berdedikasi tingkat nasional tahun 2019 mewakili seluruh SMP di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekarang sekolah kami berpartisipasi aktif dalam kegiatan ASSA (Acer Smart School Award) 2021.

ini lah sedikit coretan tangan saya untuk memotivasi dunia pendidikan, bergeraklah mulai dari dalam diri kita sendiri niscaya perubahan besar menantikan kita semua.

Semoga bermanfaat. Terima kasih

Salam Bang Isa

#KompetisiArtikelGuraru

#HariGuruSedunia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar