6

Guru Jangan Lupakan Ini Saat Mengajar (0)

Tantri January 7, 2021

Kadang, karena terlalu rutin melakukan pembelajaran ada hal-hal yang dilupakan oleh seorang guru. Padahal hal ini sangat penting dalam pembelajaran.

Tapi mudah-mudahan bapak ibu guru di sini tidak ya. Jadi, tulisan ini sekadar hanya untuk saling mengingatkan. Termasuk terutama menyiapkan diri saya sendiri.

Pertama memotivasi siswa


Padahal motivasi ini sangat penting. bukan hanya motivasi untuk melakukan pembelajaran tapi juga memotivasi dalam kehidupannya motivasi yang sangat penting bagi siswa yang kurang semangat atau bahkan siswa yang sudah semangat tapi terus disemangati.

ada banyak cara untuk memotivasi siswa bisa dengan mencari kata-kata motivasi yang dengan mudah kita cari di internet, atau motivasi dari kisah tokoh-tokoh besar seperti Soekarno jendral Sudirman dan lainnya. Bahkan kisah motivasi itu bisa merupakan kisah kita sendiri. Misalnya kisah memulai sebagai guru, perjuangan menjadi juara lomba, atau perjuangan mendapatkan beasiswa ketika kuliah atau sekolah.


Di internet banyak kok cerita motivasi yang keren keren hanya tinggal kita memolesnya dan disajikan dengan cara yang bagus. Jadi, jangan langsung masuk materi ya bapak ibu, tapi sempatkanlah barang satu dua kalimat motivasi untuk siswa kita.

Kedua menjelaskan tujuan pembelajaran.


Hal ini sangat penting supaya siswa itu tahu mereka akan dibawa ke mana. ibaratnya akan melakukan perjalanan mereka sudah tahu tempat mana yang akan mereka capai atau mereka tuju.

kan aneh ya kalau mereka naik mobil berjalan tapi tidak tahu mereka akan kemana Dan mereka akan dapat apa dari perjalanan itu.

lebih baiknya sebelum memulai pembelajaran siswa diberi tahu tujuan pembelajaran di hari itu apa.

Ketiga, Menjelaskan Manfaat Materi.

Ini tidak kalah penting ada apa sih manfaat dari materi yang dipelajari. Dapat kita dapat mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.

misalkan kita mempelajari tentang struktur tumbuhan yang terdiri dari akar batang dan daun. Kita bisa mendapatkan manfaat bahwa pohon atau daun melakukan proses asimilasi dengan bantuan matahari sehingga kita mengupayakan tumbuhan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Keempat, Humor dalam pembelajaran

Hm, humor? Apakah penting humor dalam pembelajaran ? Kalau menurut saya sangat penting. Supaya pembelajaran tidak terkesan kaku atau menjemukan. Ibaratnya kita sendirilah kalau belajar tapi gurunya kurang selera humor tentu pembelajaran akan berlangsung dengan kaku atau menegangkan. apakah kita mau menjalankan pelajaran dengan suasana seperti itu tentu tidak mau kan.

Lalu, bagaimana kalau kita tidak bisa humor? ah, itu bisa dipelajari kok. Di internet banyak. Bisa dengan belajar pantun, teka teki, cerita lucu, bahkan guru bisa hanya menampilkan gambar atau video lucu. Ya, hanya menampilkan. Itu cara yang paling singkat.

Nah, apakah bapak ibu sudah merdeka dari 4 hal di atas? Semoga sudah melakukannya ya. Aamiin.

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar