10

Guru Inspiratif (0)

Tantri January 6, 2021

Guru Inspiratif

Saya ingat dengan guru SD saya. Namanya Bu Hartati. Bulan lalu beliau pensiun. Ah, setelah beberapa generasi beliau ajar, akhirnya beliau tak lagi mengajar.

Beliau guru favorit. Beliau guru inspiratif. Banyak siswa yang mengatakan begitu. Termasuk saya. Bagaimana karakter beliau sehingga mendapatkan tempat hati  para siswa?

Mungkin beda-beda kesan dari setiap siswa. Tapi beginilah menurut versi saya.

Bu Hartati itu guru yang sabar. Dalam mengajar di kelas atau berinteraksi di luar kelas.

Beliau ngajar kelas 3 SD. Menjadi guru kelas. Jadi mata pelajaran apapun diajarnya.

Sebetulnya suaranya jelas. Pinter menjelaskan materi. Tapi yang namanya siswa kadang ada yang tidak fokus, tidak mendengarkan, atau sulit memahami. Terutama yang kognitifnya menengah ke bawah.

Ada siswa yang berani bertanya atau meminta lagi dijelaskan. Nah, ini yang hebatnya Bu Hartati.
Beliau dengan sabar dan telaten menjawab pertanyaan siswa. Menjelaskan lagi materi yang sudah diterangkan tadi.

Bahkan kalau perlu, beliau mendatangi meja siswa. Kemudian menerangkan apa yang menjadi kesulitan siswa.

Semua siswa yang punya kesulitan belajar dibantunya. Begitu ada lima atau lebih anak yang bertanya, atau meminta penjelasan lagi, semuanya dijawab dan dibimbing.

Begitu datang istirahat, beliau menunggu sampai siswa keluar kelas semua. Sambil menunggu siswa keluar, beliau bertanya pada siswa ada yang nggak bawa uang jajan
Atau tidak.

Memangnya Bu Hartati mau ngasih uang jajan? Seringnya begitu. Tapi tidak selalu, lho. Kadang beliau bilang kalau saat itu sedang tak bawa uang.

Atau sebetulnya sedang tak punya uang.
Bu Hartati senantiasa menyapa setiap siswa. Juga menanyakan kabarnya.  juga meminta anaknya melakukan hal-hal yang baik. Misalnya ketika istirahat kenapa di kelas saja? kenapa tidak main atau pergi ke perpustakaan atau berteduh di bawah pohon? yang pasti keluar sekolah.

Kalau ternyata ada anak yang sakit maka dia memberikan perhatian. Menyuruh makan dulu, dicarikan obat atau diberikan te anget.

Beliau itu kalau lewat maka banyak anak-anak yang menyapa beliau. Dan beliau pun menjawab sapaan dengan sangat sopannya sehingga anak-anak pun senang dengan menyapa itu.

tutur katanya lemah lembut. Intonasinya bagus serta perhatian kepada anak. kalau ada anak yang ngomong maka dia menghadapkan badannya dan memandang penuh perhatian kepada siswa.

tidak membeda-bedakan siswa yang pintar, yang kurang pintar selalu memberikan porsi yang tepat untuk siswa.

hebatnya kalau ngajar nggak bawa buku. Sudah hafal isinya.  Ke kelas seringkali nggak lihat buku lagi tapi kok ya pas dengan yang ada di buku.

Perlakuan beliau yang sopan ramah dan total membuat siswa merasa diistimewakan oleh beliau.

kata-kata sia Aria yang paling diperhatikan. Kalau kata si B dia yang paling diperhatikan sama Bu Hartati kata si C dia yang paling diperhatikan sama bu Hartati .

sayangnya waktu berjalan begitu cepat. Saya hanya 1 tahun di acara oleh beliau tapi setahun itu benar-benar terasa.  bukan hanya di kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6, hingga lulus SMP SD SMP SMA dan sampai sekarang masih teringat.

sekarang kontribusi beliau secara langsung di sekolah sudah purna. Tetapi saya yakin akan muncul guru inspirasi lainnya.

Comments (10)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar