4

Guru-Guru Hebat di TWC (+5)

Siti Mugi Rahayu December 30, 2014

Gempita Teacher Writing Camp (TWC) ke-4 masih terasa, walaupun acaranya sudah berlangsung hampir satu pekan yang lalu. Bisa dipahami, karena TWC merupakan kegiatan pelatihan menulis bagi guru. Ketika guru-guru hebat ini terpanasi oleh para motivator maka pasti pekan-pekan awal ini adrenalin terpacu karena tantangan menulis memang begitu menggoda.

Menulis bagi guru begitu pentingnya, alumni TWC tahu benar alasannya. Tapi yang paling hebat bukan cuma acaranya, namun pesertanya. Mengapa bisa hebat ?
Pertama, TWC selalu dilaksanakan di waktu liburan sekolah karena pelatihan menulis memerlukan kesungguhan. Kesungguhan ini memerlukan waktu, dan hanya peserta yang sungguh-sungguh yang mau meluangkan waktu liburnya untuk belajar menulis.

Kedua, tidak banyak guru yang memahami bahwa menulis itu penting bagi guru. Hanya guru yang merasa selalu harus belajarlah yang akan ikut.

Ketiga, TWC itu lama, karena memang dilaksanakan beberapa hari plus menginap. Model supercamp begini biasanya akan memberikan dampak yang berbeda dengan kegiatan yang tidak menginap. Selain memang acaranya full hingga malam hari, juga memberikan kehangatan tersendiri di antarapeserta yang semakin seperti saudara. Jadi, hanya guru yang rela berlama-lama saja yang akan ikut.

Keempat, TWC itu mahal, Ratusan ribu rupiah biayanya. Bayangkan, uang segitu bisa dipakai untuk beli keperluan macam-macam kan ? Jadi, hanya guru yang rela keluar uang saja yang ikut. Padahal, biaya ini kalau dikaji tentu saja sangat murah.Biaya menginap dua malam, biaya makan, biaya sewa aula, bisa berjumpa dengan penulis-penulis best seller seperti Hernowo Hasim, Pipiet Senja, A. Fuadi, dan tentu saja dapat menuntut ilmu.

Nah, itulah empat buah alasan versi saya mengapa guru-guru peserta TWC adalah orang-orang hebat, orang-orang yang rela kehilangan banyak hal namun insyaAllah akan mendapat hal-hal lain yang lebih banyak lagi.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar