1

Tips Menjadi Guru Yang Disukai Murid (0)

Pengelola Guraru March 30, 2022
Tips Agar Menjadi Guru Yang Disukai Murid

Kedekatan antara murid dan guru sangat penting agar proses belajar mengajar bisa lebih efektif. Guru yang dekat dengan murid bisa dengan mudah menjelaskan pelajaran dan mudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan muridnya. 

Untuk itu guru perlu memiliki sifat yang bersahabat agar bisa disukai oleh murid. Apalagi yang bisa dilakukan agar guru bisa dekat dan disukai oleh murid? Berikut infonya. 

1. Berikan kesan yang menyenangkan di sekolah.

Guru bisa sambut kedatangan murid dengan suka cita, berikan senyuman selamat datang dan ucapan penyemangat. Hindari sikap kaku karena justru sikap ini akan menunjukkan kesan otoriter. Berikan semangat dan antusias saat proses belajar mengajar, semangat dari para guru juga bisa menular kepada murid, sehingga mereka juga bisa lebih semangat saat belajar.

2. Jalinlah kedekatan dengan murid agar menciptakan suasana belajar yang asyik.

Ubah stigma guru itu harus ditegur lebih dulu oleh murid, tunjukkan pada murid bahwa kita semua bisa bersosialisasi tanpa pandang usia maupun jabatan. Murid pasti akan merasa senang dan merasa dirinya spesial apabila seorang guru mengingatnya dengan baik. Contoh lain yang bisa guru lakukan untuk menjalin kedekatan dengan murid adalah dengan memberikan pujian misal atas penampilan murid meskipun dia hanya potong rambut, atau berikan apresiasi atas nilai yang diraih oleh murid. 

3. Berkomunikasi dengan jelas agar pelajaran bisa disampaikan dan diterima dengan baik.

Tak sedikit murid yang merasa bosan ketika guru tidak bisa menyampaikan materi dengan baik. Oleh sebab itu, untuk menjadi guru yang disukai murid, guru harus bisa menguasai dan memahami materi pelajaran agar bisa menyampaikannya dengan singkat dan jelas. Guru juga bisa sering ajak murid berbincang, bangun komunikasi di dalam kelas secara rutin sehingga semua permasalahan bisa diselesaikan melalui diskusi. Guru bisa mencoba untuk mengajak ngobrol atau berbicara kepada murid tentang apa yang sudah dilakukan, dan mengapa ia kesulitan dalam belajar. Jika sudah terjalin hubungan yang baik, murid akan jujur dan terbuka. Guru jadi tidak canggung dan mudah dekat dengan murid ketika mengajar.

4. Menjadi guru yang up to date dan bisa memanfaatkan teknologi

Guru bisa memanfaatkan teknologi sebagai bantuan proses belajar mengajar karena kecanggihan teknologi mampu menciptakan suasana aktif dan segar di kelas. Misalnya, gunakan proyektor, laptop, dan internet untuk memberikan materi melalui video atau gambar. Mengetahui update terbaru soal berita viral juga bisa menarik perhatian murid.

5. Jadilah sosok guru yang humoris tanpa mengurangi martabat seorang pengajar.

Saat sedang menerangkan pelajaran, guru bisa mencairkan suasana dengan humor ringan. Melalui guyonan, hubungan guru dengan murid akan lebih dekat. Penyampaian materi pelajaran juga bisa lebih mudah. Murid pun bebas berekspresi dan menyampaikan aspirasi di dalam kelas tanpa rasa takut.

Comments (1)

  1. Sangat menarik. Guru memang bukan sekedar harus menguasai materi pelajaran, tapi juga memiliki kemampuan personal yang baik. Tapi yang pasti kita sebagai guru harus ikhlas dalam mengajar agar apa yang kita ajarkan sampai ke hati siswa.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar