3

“Guru dimana saja…” (0)

HERA SUHARNETI September 26, 2020

Enam bulan sudah bencana ini melanda negeri kita bahkan dunia, yaitu pandemi covid-19. Dan selama itu pula semua aktifitas mengalami perubahan dimana-mana. Mulai dari perubahan kebiasaan dirumah hingga perubahan ditempat kerja atau sekolahan. Ya, salah satu perubahan yang saya dan siswa-siswa saya alami adalah perubahan jadwal belajar. Jadwal belajar berubah karena situasi dan kondisi untuk terciptanya proses pembelajaran tersebut harus diubah. Biasanya saya mengajar didepan kelas dengan penampilan rapi lengkap dengan buku dan alat tulis, begitu juga dengan siswa-siswa saya yang dengan senangnya menunggu kedatangan saya dihadapan mereka. Senyum, sapa dan salam selalu menjadi aktifitas keseharian kami disekolah tercinta. Tapi kini, karena bencana ini, semua telah berubah. Sekolah harus tetap berjalan, pembelajaran harus terlaksana bagaimanapun caranya. Yah… jadilah semua berjalan dengan aturan dan gaya baru.

            Gaya baru pembelajaran saat ini yaitu dengan pembelajaran online atau daring (dalam jaringan). Saat pembelajaran berlangsung, gaya saya sebagai seorang guru tidaklah sama pada saat bertatap muka , kadang hanya dengan daster dan wajah tanpa bedak maupun lipstik pun semua aktifitas dapat terlaksana.Cuma dengan menekan tombol-tombol di laptop, sesi penyampaian materi selesai. Mungkin begitu juga dengan anak didik saya yang menerima materi pelajaran. Sudah pasti berbagai macam gaya juga mereka lakukan demi menyelesaikan tugas-tugasnya.

            Pernah suatu ketika saat jam pembelajaran, saya minta siswa-siswa untuk absen dengan cara video call untuk mengetahui keseriusan mereka dalam menerima pelajaran. Tapi saat kamera terbuka yang terlihat adalah sebuah escavator yang sedang beroperasi dihadapan seorang siswa saya. Dia pun memberitahu langsung kepada saya bahwa dia sedang bekerja mencari uang membantu orang tuanya , itu pun karena libur sekolah. Tetapi walau demikian keadaannya, dia tidak pernah telat mengantar tugas sekolah. Saya sebagai gurunya tidak menjadikan itu masalah karena yang terpenting absen dan tugas setiap hari jangan sampai terlupakan. Sebagai siswa SMK jurusan Alat Berat, melakukan hal ini tidaklah salah karena itulah salah satu cara mempraktekkan ilmu yang telah didapat disekolah.

            Dan begitu juga dengan kebiasaan anak saya yang masih sekolah di SMU. Semua tugas yang diberikan oleh gurunya dapat segera dituntaskan hanya duduk dikamar sambil rebahan bahkan tanpa cuci muka. Sebenarnya saya sangat sedih dengan keadaan sekarang yang begitu berbeda, karena anak saya menjadi tidak disiplin dengan waktu. Biasanya pagi-pagi sudah mandi dan rapi menyantap sarapan pagi yang saya hidangkan, lalu berangkat ke sekolah hingga pulang menjelang maghrib. Tapi dengan suasana baru ini semua jadi berubah.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (3)

  1. Selamat siang Ibu Hera 😉
    Terima kasih banyak atas partisipasi Ibu di Guraru Writing Competition 2020

    Sharing ibu kali ini, pastinya dirasakan oleh rekan-rekan guru lainnya dikarenakan perubahan sistem belajar mengajar saat ini yang mengalami perubahan sangat signifikan. Tetap semangat Ibu Hera untuk mengajar anak didik kedepannya, semoga kondisi mendatang akan segera membaik! sehat selalu Ibu 😉

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar