15

BELAJAR SERU DENGAN PAPAN TULIS INTERAKTIF WHITEBOARD TOUCHSCREEN BUATAN SENDIRI (+11)

Dwi Wahyu Muktiono May 12, 2015

Dunia berkembang semakin pesat dan keberadaan teknologi-teknologi baru menuntut seorang guru harus melek dan sadar akan keberadaan teknologi yang ada di sekitarnya. guru adalah salah satu bagian dari nasib masa depan suatu generasi. bagaimanapun alasan dan keadaannya seorang guru harus mampu dan mau mengikuti perkembangan zaman yang ada. Era sekarang guru di tuntut untuk se-kreatif mungkin dalam menyampaikan materi agar siswa mudah memahami setiap arti dari sebuah teori.

Saya sebagai seorang guru, banyak hal dan pengalaman yang telah saya lalui, mulai dari melihat kenyatan bahwa pola fikir siswa sekarang dengan zaman kita dulu sudah berubah dan berbeda sekali. dari yang berawal menulis di sabak, meringkas dari buku-buku yang tebal, bagaimana membuat keriting jari jemari siswa dalam mencatat materi di papan tulis yang begitu banyak, hingga sampai dengan saat ini yang mencari materi atau referensi hanya di gengggaman jari, yaitu dengan internet.

Dari situlah saya sebagai seorang guru menyadari bahwa saat ini bukan era di mana kita mempersulit siswa untuk belajar, bukan masanya kita untuk menghabiskan waktu membuat keriting jari-jemari siswa dengan mencatat materi pelajaran yang begitu banyak. bayak pengalaman yang telah saya dapatkan selama menjadi seorang guru. walaupun saya di besarkan dari sebuah desa terpencil di Jawa Tengah, Tepatnya di Desa Kalinanas kecamatan japah, Kabupaten Blora. Akan tetapi tidak membuat saya lelah belajar dan berinovasi. Saya punya pengalaman di antaranya yang saya lakukan waktu mengajar di SMAN 1 Gondanglegi kabupaten Malang Jawa Timur, saya menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis multimedia interaktif, dengan hanya berbekal sebuah laptop jadul dan sedikit peralatan tambahan buatan sendiri, dan dari barang-barang bekas pemakaian serta sedikit kreatifitas dan tak hentinya untuk terus mencoba saya melakukan eksperimen.  Pada saat itulah saya berhasil mengajak siswa belajar lebih interaktif dan menyenangkan.

Saya mengampu sebagai guru mata pelajaran geografi, di mana pada pelajaran ini ada banyak teori yang tidak bisa hanya sekedar di jelaskan saja, misalnya pada materi yang saya ajarkan dulu adalah teori penciptaan planet bumi. siswa pasti tidak akan paham jika hanya di suruh membayangkan. misalnya saja ” anak-anak coba kalian bayangkan bagaimana bumi terbentuk “?. mereka pasti akan kebingunan dan akan melayang kemana-mana, bisa-bisa dari kutub utara balik ke kutub selatan dan ngelantur sana sini, Apalagi jika tidak ada alat bantu media yang berhubungan dengan teori.

Dari hal tersebutlah saya mempunyai ide  bagaimana kita bisa berinteraksi dengan papan tulis, maksutnya di sini sudah bukan menggunakan kapur atau spidol lagi melainkan menggunakan sebuah alat elektronik semacam pen touch screen seperti di gaged, ternyata setelah saya browsing sudah ada yang buat. dan alat-alatnya pun sudah ada. dan bahkan bahannya mudah di dapat, waktu itu demi mengajar lebih interaktif dan membuat siswa semakin semangat belajar saya langsung membeli alatnya, salah satu alat paling penting adalah wiimote , yaitu salah satu alat untuk game nitendo. Saya cari di tempat jual beli online, saya memilih beli yang bekas agar lebih terjangkau harganya. waktu itu dengan uang Rp 200.000 saya sudah mendapatkan wiimote. selanjudnya Saya membutuhkan pen untuk pen infra red. Saya membuat pen touch screennya dengan menggunakan spidol bekas yang ujungnya di kasih lampu infrared dengan harga Rp. 1.000 /biji lampu, dan di dalam spidol sebagai tempat baterainya. lampu infra rednya saya beli dari toko elektronik di dekat kost-kosan saya. kemudian ada beberapa sofwere untuk kalibrasi. setelah merakit dan membuat alatnya sedemikian rupa ahkirnya jadi juga.

pemanfaatan teknologi masa kini

kemudian dengan mengunakan fasilitas sekolah yaitu proyektor dan beberapa slide serta hasil exsperimen saya dari browsing internet dan beberapa referensi lainnya.  Ahkirnya saya bisa membuat whiteboard tootscreen, penjelasan sederhananya whiteboard tochscreen yaitu papan tulis yang bisa di sentuh secara interaktif, jadi semacam hp layar sentuh tapi itu di papan tulis. keren kan .. hehe. dan para siswa sangat antusias dan semakin penasaran saat saya mulai melakukan kalibrasi, yaitu menemukan titik fokus pen infra rednya dengan papan tulis. detak jantung mulai berdetak kencang, karena saat itu pertama kalinya saya mencoba alat saya. saat mendomonstrasikan media yang saya buat, betapa terkejutnya muka-muka siswa saya melihat bahwa papan tulis dengan tampilan slide proyektor bisa saya kendalikan dengan sentuhan dengan bantuan pen infrarednya.

bagaimana tidak terkejud yang biasanya saya menulis dengan spidol tapi kali ini bukan spidol lagi, akan tetapi papan tulisnya menjadi touch screen dengan bantuan pen infra red yang juga saya buat sendiri. bahkan sayapun sangat bahagia exsperimen saya berhasil. bahagianya semacam saya mendapatkan batu akik yang paling mahal. he

Setelah itu melihat anak-anak mulai fokus dan tertarik dengn materi yang saya sampaikan, di situlah saya semakin semangat. Dibeberapa slide interaktif yang saya buat, siswa boleh memilih menu yang mereka kehendaki. di dalam media ada beberapa menu yang di sediakan di antaranya video, materi, gambar dan kuis. dan setiap di klik maka ada beberapa link menu lagi yang akan di tampilkan.
Saya ( Guru) : Anak-anak kalian mau menu yang mana. silahkan pilih, voting terbanyak akan saya suruh salah satu    maju untuk mengekliknya…
Siswa : Video pak, Video pak, video pak, gambar pak, gambar pak, materi pak!!! #dengan serentak dan riang mereka menjawab intruksi dari saya.

Guru : ya sudah karena banyak yang milih video silahkan perwakilan maju ke depan untuk mengekliknya.

#dalam hati saya berfikir, kenapa gak ada yang tertarik dengan menu materi ya?? padahal itu kan penting. di situlah saya mendapatkan hikmah, #halah. bahwa belajar yang monoton pada satu topik dan satu media itu membosankan jadi harus ada selingannya, misalnya dengan memutarkan video-video ilustrasi yang berkaitan dengan materi agar tidak membuat siswa mudah bosan dan jenuh.

siswa memilih menu#Interaksi siswa dengan media interaktif

file106

#Siswa bertanya dengan menunjuk media secara langsung

Gambar di atas adalah salah satu siswa saya yang maju dan sedang berinteraksi dengan media interaktif buatan saya. slide yang saya buat saya kombinasikan dengan beberapa sofwere yaitu sofwere dasar dari office yaitu PPT dan adobe Flash. tapi di tengah-tengah asyiknya saya dan siswa belajar dengan media interaktif eh ternyata pen infra red yang di gunakan untuk nyentuh papan tulisnyanya sudah gak bisa pas pada titiknya lagi, jadi harus kalibrasi ulang, tapi dari pada kelamaan dan menghabiskan waktu pelajaranpun saya lanjudkan dengan multimedia interaktif tanpa menggunakan pen infrared. jadi  harus kembali ke manual lagi. tapi gak apa-apa saya sudah ngerasain bagaimana hasil exsperimen saya. dan akan saya kembangkan biar tidak macet lagi.

file108

Walaupun terjadi kendala yaitu pen infra rednya sudah tidak fokus lagi kemudian pelajaran di lanjudnkan meskipun hanya dengan slide interaktif siswa tetap antusias dan tertarik mengikuti pelajaran, bahkan mereka jadi sering lebih aktif bertanya. dan menyampaikan unek-unek mereka terutama yang berkaitan dengan materi pelajaran yang saya sampaikan.  dengan menggunakan media ini guru tidak terlalu sering menjelaskan justru siswa yang lebih aktif karena di situ setiap teori dan menu sudah ada video ilustrasinya untuk siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajarannya.

file43

Karena materi yang saya sampaikan berkaitan dengan teori-teori pembentukan planet bumi, jadi di benak mereka saya yakin ada banyak pertanyaan yang terkadang bikin saya kesusahan untuk menjawab. karena dengan gambaran penyampaian yang baik ide-ide dan imajinasi siswa selalu tumbuh dan menghasilkan gagasan-gagasan baru yang luar biasa. dari sinilah saya berfikir jika ini mampu terus saya kembangkan maka para siswa saya rasa akan lebih betah belajar bersama saya, serta akan lebih ada banyak materi yang lebih cepat mereka pahami.

Bukan hanya itu pada ahkir pembelajaran saya sudah menyiapkan kuis interaktif yang saya buat dengan adobe flash cs3 yang saya insertkan ke Power point tersebut. Kemudian Saya bagi mereka menjadi dua kelompok, setiap kelompok harus maju salah satu perwakilan untuk mengoprasikan multimedia interaktif yang ada di depan, kemudian anggota kelompok yang di belakang sebagai suporter dan pemberi jawaban. ada 10 soal setelah selesai menjawab sekor mereka otomatis akan keluar. jadi suasana kelas sangat seru. teman saya yang menjadi bagian dari dokumentasi tidak sempet memotret moment ini soalnya sudah keluar. alhasil siswa sangat senang banget mengerjakan kuis tersebut dan kebahagian bertambah saat kelompok yang memiliki skor tertinggi saya beri bingkisan hadiah sebagai motivasi tambahan.

saya berharap dari pembelajaran ini ada temen guru yang mau mengembangkannya untuk pembelajaran di kelas, terutama untuk sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas proyektor LCD, agar pemanfaatan teknologi terus berkembang ke arah yang baik untuk memajukan generasi yang hebat di masa yang akan datang. kalau bukan di mulai dari diri kita,  siapa lagi???. Guru masa depan harus tau dan harus mau tau. semoga berbagai perjuangan bapak ibu guru mampu memberi semangat baru kepada guru-guru masa depan yang lainnya.

Perjuangan tanpa pamrih kita adalah salah satu hal yang harus dan wajib kita lakukan, seberat dan sekeras apapun perjuangan para guru adalah sebuah pengabdian untuk jangka panjang untuk generasi yang akan datang. tetap semangat untuk mencerdaskan generasi penerus kita bapak ibu guru. terus menginspirasi…

  1. Sequence 01_1 [Custom MPEG4 MP4]


=========================================***=======================================

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

=========================================***========================================

Comments (15)

  1. kreatif pak …sampai saat ini memang guru tidak boleh hanya sekedar berpangku tangan (apalagi sampai membuat jari jemari keriting ….), harus mampu membuat inovasi baru dalam pendidikan.

  2. wah artikelnya menarik sekali . sangat keren dan kreatif sekali pak, ini baru pemanfaatan teknologi yang bagus dalam penyampaian materi. semoga terus di kembangkan pak… memang benar guru harus mau tahu… semangat pak.

  3. Mantap Pak Dwi…saya pun tahun 2010-2011 sempat menggunakan media yang sama…dan juga pernah say share di guraru ini bbrp tahun lalu. Namun sejak 2012 hingga skrg saya kembangkan lagi dengan media Assisten Proyektor VIMEO dan aplikasi semisal SmartNotebook 10.7 dan Open Sankore.
    Sippp…berarti kita termasuk guru yang sama-sama menekuni dunia yang sama. 🙂

    Artikelnya bisa baca di:
    1. https://taufikibrahim.wordpress.com/2012/09/29/whiteboard-biasa-menjadi-touchscreen-2/#more-325
    2. https://taufikibrahim.wordpress.com/2012/10/10/tts-touchscreen-ala-devlas/#more-608.

  4. ibu Rosiana Febriyanti : hehe disaat terhimpit kadang imajinasi semakin melejit….

    pak Iwan Sumantri: thanks pak..

    pak Taufik Opikibra Ibrahim : mungkin bapak juga salah satu dari referensi saya dalam hal ini..terimakasih banyak pak….

    pak ibnufajar75 : di lebihin juga gak apa-apa pak….hehehe

    pak AYO MENDIDIK | m. subakri: walah pak ini..hehehehe

    pak Alimmatus Firmansyah: bisa di kasih alamat emailnya..?

    pak Umar Tholib : untuk infrarednya bisa beli sendiri lampunya pak, tinggal kasih baterai. kalo gak gitu pakai lampu remote TV juga bisa…

  5. mantap pak Dwi, sangat menginspirasi saya untuk mencoba. pernah membaca sebenarnya artikel tentang membuat papan touch screen sendiri tapi belum tertarik mencoba. tapi setelah membaca artikel bapak, saya jadi semangat untuk mencoba lagi. sukses pak buat papan touch screenya…

    saya vote pak !!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar