3

Guraru? (0)

Samini March 27, 2021

Aku pernah mendengar tentang Guraru. Bahkan aku mem-follow-nya di face book. Tapi aku tak pernah tau apa itu Guraru, yang kutau Guraru adalah singkatan dari Guru Era Baru. Dan, ketika siang tadi aku mengikuti kegiatan bertajuk “Workshop Menguasai Pembuatan Video Pembelajaran dengan Animasi dan Quiz Interaktif Confirmation” aku baru mengerti ternyata Guraru bersama Acer telah banyak memberikan sumbangan bagi kemajuan pendidikan dengan program-program kegiatannya. Salah satunya adalah yang aku ikuti hari ini.

Keren pikirku, sebuah perusahaan besar seperti Acer ternyata memiliki kepedulian yang besar pula terhadap kemajuan dunia pendidikan. Sungguh menginspirasi.

Aku mengetahui kegiatan ini ketika menerima email penawaran kegiatan ini. Aku tergerak untuk mendaftar karena ingin belajar tentang video animasi yang memang sangat dibutuhkan saat mengajar di masa pandemi covid-19 ini.

Pada tanggal 22 Maret 2021 aku menerima pesan email dari Guraru. Selamat! Anda terpilih sebagai salah satu dari 50 partisipan eksklusif Guraru Class, yang telah diseleksi secara ketat dari 1.200 lebih pendaftar! Wah! Sempat kaget karena tak menyangka aku terpilih untuk bisa bergabung dan mengikuti workshop di Guraru Class.

Ketika membaca email itu, aku teringat seorang guru hebat, Bapak Sukani founder dari DOGMIT Indonesia. Dalam profil beliau, aku tau bahwa beliau adalah pemenang Guraru Award 2013. Teringat hal itu, aku semakin penasaran untuk mengetahui lebih dekat apa itu Guraru.

Kegiatan workshop yang diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting ini diawali dengan pembukaan dan pengenalan tentang Guraru yang disampaikan oleh Ibu Anandita. Selanjutnya kami peserta yang terdiri dari 50 guru dibagi menjadi 10 kelompok. Setelah breakout room, kami masuk ke dalam kelompok masing-masing dan diharapkan untuk dapat bekerja sama membuat satu project kolaboratif.

Pada kelompok kecil dalam breakout room, aku bersama 3 orang teman guru kemudian saling memperkenalkan diri. Wah, aku cukup terkesima ternyata peserta workshop ini berasal dari seluruh Indonesia. Sungguh luar biasa rasanya dapat berkenalan dengan para guru hebat pada kesempatan ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat video pembelajaran animasi dengan aplikasi powtoon oleh Bapak Edy Setyo Afrianto, M.Pd yang juga akan mendampingi kami para peserta dalam pembutan project usai workshop nanti. Workshop ini sendiri diselenggarakan selama 2 hari, yaitu tanggal 27 dan 28 Maret 2021. Dengan demikian Bapak Edy akan mendampingi kami mulai dari 29 Maret hingga 4 April 2021 nanti.

Saya berharap dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena saya memang sudah sering membuat video pembelajaran untuk kemudian saya upload ke channel youtube saya, tetapi saya belum pernah menggunakan aplikasi powtoon ini.

Akhirnya, ucapan terima kasih saya ucapkan kepada Tim Guraru dan Acer yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengikuti kegiatan ini. Acer sebagai sebuah perusahaan, semoga dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam mendukung kemajuan pendidikan dengan salah satu caranya adalah meningkatkan kompetensi guru sehingga guru dapat bertransformasi dari guru era lama menjadi guru era baru.

Cakung, 27 Maret 2021_Samini

Tagged with: ,

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar