0

Gizi dan Kesehatan Tubuh Manusia (0)

Wahid Priyono, S.Pd. February 11, 2021

Semua manusia pasti selalu mendambakan untuk bagaimana dirinya dapat hidup dalam kondisi tubuh yang sehat dan prima, seperti ada pepatah yang menyebutkan bahwa“ Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat“ atau disebut juga sebagai“ Mensano in korporesano“ dan ada yang lebih trend lagi yang menyebutkan bahwa“ Kesehatan adalah kondisi yang sangat mahal harganya atau ada pepatah lagi yang menyebutkan Tell me what you eat and i will tell you what you are ”.  Oleh karena itulah kesehatan yang kita miliki saat ini perlu sekali kita jaga keberadaannya.

Pentingnya Hidup Sehat

Seperti yang telah di ucapkan dalam sabda rasullullah SAW, bahwa“ Nikmat yang selalu di abaikan oleh umatku adalah nikmat sehat dan waktu luang“. Inilah gambaran bahwa sungguh dahsyatnya nikmat sehat yang disampaikan oleh Rasullullah SAW. Betapa ruginya apabila seseorang menyia-nyiakan nikmat sehatnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Kesehatan merupakan hal yang penting dan menjadi indikator bahwa seseorang tersebut dapat dibedakan apakah dia sedang sehat atau justru sedang sakit. Dengan adanya indikator ini akan menunjukkan dengan pasti pada bagian-bagian yang mana pada tubuh manusia yang dianggap sakit/sedang terinfeksi oleh beberapa jenis bakteri patogen tertentu dan untuk mengetahui sudah sejauh mana tubuh manusia tersebut dianggap sehat bugar dan tanpa penyakit sedikit pun. Semua itu bisa kita lihat dari kondisi psikis dan biologis seseorang.

Perhatian terhadap beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan kita perlu sekali kiranya kita pandang cukup jauh, agar kita terus berfikir ke depan untuk bagaimana semua kesehatan yang menunjang kehidupan ini dapat kita miliki tanpa adanya kekurangan yang berarti.

Budaya hidup sehat terutama perlu kita biasakan sejak dini hingga dewasa, dan tua nantinya. Budaya hidup sehat memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan kesehatan kita yang tiada batasnya dan sekaligus mencerminkan kebisaan-kebiasaan seseorang dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Misalkan diambil contoh seseorang yang mengkonsumsi makanan berserat dan kaya zat gizi setiap harinya setiap usai olahraga tenis lapangan. Maka sebenarnya itulah zat-zat gizi yang digunakan tubuh untuk menjalankan usaha/gerak seseorang. Kesehatan sangatlah mahal harganya.

Kesehatan Tubuh Manusia

Dalam era globalisasi saat ini, akses terhadap kesehatan sungguh sangatlah mudah. Berbagai informasi tentang kesehatan tubuh manusia mulai gempar-gemparnya ditayangkan di media elektronik, media cetak, media internet, surat kabar harian/media massa,majalah, dan berbagai sumber referensi buku kesehatan lainnya. Semua akses kesehatan itu sungguh memiliki peranan yang sangat penting dan sebagai media informasi bagi para khalayak ramai dalam memenuhi kebutuhan kesehatan dirinya.

Melihat akses media yang begitu cepatnya, haruslah menjadi perhatian para pencinta kesehatan tanah air untuk berbondong-bondong bersama dalam mencari sebanyak mungkin sumber referensi yang berkaitan dengan kesehatan tertentu. Mengapa informasi kesehatan itu perlu diakses setiap saat? Jawabannya adalah agar kita mengetahui informasi terkini tentang dunia kesehatan yang tidak hanya sumbernya berasal dari sumber lama, akan tetapi sumber informasi baru dapat kita tayangkan pada diri pribadi.

Berbicara tentang kesehatan tubuh manusia maka secara otomatis kita akan berbicara pula tentang organ-organ yang ada di dalam tubuh manusia. Hubungan ini sangatlah erat. Oleh karena itu, dalam buku ini akan mencoba menerangkan dengan seksama bagaimana peranan organ yang ada di dalam tubuh manusia dengan kesehatan yang diharapkan serta ditambah dengan pendidikan gizi serta permasalahannya, dan sebagainya.

Organ tubuh manusia dibedakan atas beberapa bagian, seperti berikut ini  diambil contoh satu saja yaitu Organ Jantung. Jantung merupakan alat vital yang komprehensif dan bekerja 24 jam non-stop, tidak mudah lelah, dan terorganisir dengan organ tubuh lainnya. Bekerja cepat untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar proses kehidupan terus berlanjut. Dengan mengetahui fungsi inilah seharusnya bagaimana kita menjalin hubungan komunikasi yang sehat dengan jantung yaitu memperlakukan jantung agar tetap sehat. Misalnya untuk menjaga kesehatan jantung kita harus rutin berolahraga minimal setiap 3 kali dalam sepekan, mengkonsumsi jenis makanan bergizi, rendah kolesterol, banyak mengandung serat, dan mengurangi makanan berlemak tinggi.

Dari berbagai organ tubuh manusia yang sedemikian kompleksnya, semua organ tubuh tersebut mengharapkan kesehatan dari pemiliknya. Seorang yang memiliki organ tubuh tersebut seyogyanya harus mampu memahami dan mengerti kebutuhan dari organnya itu. Jangan sampai kita tidak tahu bahkan tidak menyadari bahwa kita pun memiliki tanggungjawab terhadap organ tubuh kita tersebut. Semoga dengan adanya pengetahuan ini, lebih memberikan arti yang baik, bermanfaat, serta membangun komunikasi yang harmonis dengan organ-organ tubuh yang kita miliki.

Sumber Referensi Bacaan:

Achadi, E. L. 2007. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Depok: Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Almatsier, S. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia   Pustaka Utama.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar