3

GERAKAN AJARMAT SEBAGAI SALAH SATU GERAKAN UNTUK MELEJITKAN LITERASI NUMERIK (0)

NIKEN EKA PRIYANI, S.Pd, M.Pd , Gr. October 23, 2020

Literasi  numerasi  berarti  pengetahuan  dan  kecakapan  untuk  memperoleh,  menafsirkan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan menganalisis informasi yang  ditampilkan  dalam  berbagai  bentuk  (grafik,  tabel,  bagan,  dsb.)  untuk  mengambil keputusan.  (Tim  GLN,  2017a). Literasi  numerasi  berkaitan  erat  dengan  pemecahan  masalah  matematika.  Tanpa  adanya pemecahan  masalah  manfaat  pembelajaran  matematika  menjadi  terbatas.  Mengapa?  Karena inti  dari  pembelajaran  matematika  adalah  pemecahan  masalah  (NCTM,  2000). Gerakan AjarMat (Gerakan Ayo Belajar Matematika) merupakan gerakan yang diluncurkan oleh PPPPTK MATEMATIKA yang bertujuan mendorong dan mengajak orang tua atau anggota masyarakat agar ikut serta membangun iklim pendampingan yang asih, asah , dan asuh dalam pembelajaran matematika dengan suasana yang kreatif, inovatif, inspiratif, dan menyenangkan.

Hal yang mendasari dilaksanakannya Gerakan AJarMat  adalah sebagai berikut:

  1. Upaya peningkatan kompetensi guru matematika (sebagai output dalam kediklatan) perlu terus dikembangkan, tidak cukup hanya pada struktur formal melalui diseminasi hasil pelatihan pada guru matematika ataupun komunitas di wilayah atau zonasinya.Prestasi belajar matematika siswa (sebagai outcome dari proses kediklatan), tidak lepas dari peningkatan kompetensi guru matematika yang memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika kebijakan terkini Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan pendekatan Science Technology Engineering, and Mathematics(STEM).
  2. Prestasi belajar matematika siswa (sebagai outcome dari proses kediklatan), tidak lepas dari peningkatan kompetensi guru matematika yang memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika kebijakan terkini Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan pendekatan Science Technology Engineering, and Mathematics(STEM).
  3. Keberhasilan pencapaian prestasi belajar matematika siswa, tidak semata menjadi tanggung jawab jalur pendidikan formal di sekolah seperti guru, kepala sekolah, dan pengawas, akan tetapi juga menjadi tanggung jawan jalur pendidikan non-formal (Paud-Dikmas) dan in-formal (keluarga, dan masyarakat).
  4. Gerakan AJarMat  merupakan salah satu terobosan, percepatan, dan kolaborasi dalam membangun ekosistem pendidikan guna mengatasi stagnasi, dan keterlambatan peningkatan prestasi belajar matematika siswa saat ini,. Dimana pada kegiatan ini PPPPTK Matematika membekali alumni peserta diklat dalam mengawal dan membantu orang tua atau anggota masyarakat dalam mendampingi anaknya belajar matematika.
  5. Gerakan AJarMat  adalah kegiatan atau tindakan yang berangkat dari kesadaran untuk mendorong dan mengajak orang tua atau anggota masyarakat membangun iklim pendampingan dalam pembelajaran matematika yang asih, asah, dan asuh dalam suasana yang kreatif, inovatif, inspiratif, dan menyenangkan.

Sementara itu, tujuan dari Gerakan AJarMat adalah sebagai berikut:

  1. Mengenalkan Gerakan AjarMat melalui pemberdayaaan guru matematika
  2. Membantu guru matematika dalam mendesiminasikan hasil diklat kepada orang tua atau anggota masyarakat yang lain.
  3. Meningkatkan kesadaran orang tua atau anggota masyarakat dalam mendampingi anaknya dalam pembelajaran matematika
  4. Memfasilitasi penyebaran informasi terkait pembelajaran matematika bagi orang tua atau anggota masyarakat melalui Petunjuk Teknis.
  5. Meningkatkan sinergi dan kerjasama antara PPPPTK Matematika dengan stake holder-nya dalam peningkatan dan pemberdayaan para guru SD baik di jalur non-formal maupun in-formal.

Sehingga diharapkan dengan adanya Gerakan AjarMat maka orang tua bisa mendampingi putra-putrinya belajar di rumah apalagi pada saat pandemi Covid-19 saat ini yang belum juga berakhir. Maka peran orang tua sangat penting sekali saat anak belajar di rumah terutama melalui Gerakan AjarMat dapat meningkatkan literasi numerik.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar