0

GAME “MINI GAWANG” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (0)

Kasman Samin Kamsurya, S.Pd, M.Pd October 29, 2021

A. Permasalahan

Saya seorang guru matematika yang mengajar di sebuah Sekolah Menengah Pertama, tepatnya di SMP Negeri 13 Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Delapan belas tahun mengabdi sebagai guru matematika di sekolah tersebut telah membuat saya semakin belajar banyak hal, khususnya tentang karakter dan kebiasaan anak-anak di daerah tersebut. Secara umum kebiasaan keseharian anak-anak di daerah tempat tugas saya sama dengan kebiasaan anak-anak di daerah lain, namun ada satu kebiasaan unik yang menjadi hobi anak-anak khususnya di daerah kecamatan salahutu desa Tulehu yakni bermain sepak bola. Saking hobinya mereka sehingga ketika pergi ke sekolah pun mereka selalu membawa bola di dalam tas sekolah mereka.

Di tahun pertama saya mengabdi semua terasa normal saja, namun pada akhirnya cobaan itu pun  muncul juga. Ada sekelompok anak yang sering menguji tingkat kesabaran saya serta para guru lain ketika sedang mengajar di kelas. Anak-anak tersebut sering bermain bola di dalam kelas sehingga tentu sangat mengganggu proses pembelajaran yang sedang berlangsung.

B. Dampak Yang Muncul

Akibat dari ulah beberapa anak tersebut sehingga suasana belajar di kelas menjadi gaduh serta  mengganggu jalanya proses pembelajaran. Ada beberapa guru terlihat frutrasi dan menyerah,  terhadap anak – anak tersebut sehingga pada akhirnya berdampak pada nilai anak-anak tersebut yang selalu di berada bawah KKM.

C. Strategi Yang Saya Gunakan

Pada awalnya saya mencoba melakukan pendekatan terhadap anak-anak tersebut saat mereka bermain bola di lapangan sekolah, bahkan saya pun ikut bermain bersama mereka. Tujuanya tak lain adalah untuk mencari tahu jenis-jenis strategi apa saya belakukan, tahu mendekatkan diri sekaligus mempelajari karakter anak-anak tersebut, sehingga saya bisa melakukan langkah-langkah antisipatif sekaligus mengatasi permasalahn agar hal  tersebut bisa saya atasi dengan baik. Selanjutnya saya mencoba membuat game “mini gawang” untuk saya gunakan di kelas. Tujuan dilakukan permainan  tersebut agar menarik minat para siswa dalam pembelajaran matematika serta agar mereka tidak membuat gaduh lagi di kelas.  Selanjutnya saya meminta agar anak-anak begitu antusias dalam memainkan game tersebut dengan suasana yang meriah sekali. Sehingga hal itu membuat anak-anak dari kelas lain datang dan menonton proses pembelajaran yang sementara berlangsung di kelas saya. Dan setelah beberapa kali saya gunakan game tersebut kini terlihat anak-anak tersebut sudah semakin bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

D. Dampak Yang Terjadi

Allhamdulillah dengan strategi game Mini Gawang tersebut anak-anak sudah  semakin termotivasi serta tidak membuat gaduh di kelas VIII-2 lagi saat pembelajaran berlangsung.

Diakui bahwa memang tidaklah mudah memotivasi anak-anak tersebut agar mau terlibat dalam kegiatan literasi ini, harus ada upaya serius dengan penuh kesabaran, serta memohon ridho Allah SWT.

E. Pesan kepada Guru Lain

Untuk mencapai suatu kesuksesan dalam berbagai pekerjaan maka diputuskan bahwa setiap upaya dengan sungguh-sungguh serta tak lupa berdoa kepada Allah SWT insyaallah ada hasilnya.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar