8

Gambia keluar dari Persemakmuran Inggris (+2)

Rochimudin October 10, 2013

Sebelumnya maaf kalau posting ini lain dari biasanya. Ini info up to date untuk guru-guru PKN di SMA atau SMK dengan materi Hubungan Internasional.

Pemerintah Gambia memutuskan mundur dari Negara-Negara Persemakmuran. Keputusan Gambia menimbulkan pertanyaan akan masa depan dari organisasi negara-negara bekas jajahan Inggris tersebut. “Kami memutuskan mundur dari Persemakmuran Inggris. Kami tidak ingin terus berada dalam organisasi neo-kolonial,” sebut penyataan yang dikeluarkan Pemerintah Gambia, seperti dikutip BBC, Kamis (4/10/2013).

Negara-Negara Persemakmuran

Commonwealth-of-Nations-794987

Negara-Negara Persemakmuran atau Commonwealth of Nations adalah suatu persatuan secara sukarela yang melibatkan negara-negara berdaulat yang didirikan atau pernah dijajah oleh pihak Britania Raya (Inggris). Setelah negara-negara yang dijajah oleh Kerajaan Inggris mencapai kemerdekaan, kemudian didirikanlah Persemakmuran ini dengan tujuan guna menyatukan negara-negara bekas jajahan Kerajaan Inggris. Meskipun tidak semua anggota negara persemakmuran mengakui Ratu Inggris, Elizabeth II sebagai kepala negara, namun semua anggotanya menganggap Ratu Elizabeth II sebagai Ketua Persemakmuran.

Indonesia tidak termasuk anggota persemakmuran meskipun Inggris menguasai wilayah Hindia-Belanda pada tahun 1811-1816.
Demikian semoga bermanfaat. Terima kasih.

About Author

Rochimudin

Menjadi pendidik adalah cita-cita saya. Namun itu sebuah proses pembelajaran yang ternyata harus senantiasa di update. Di era globalisasi ini, belajar sudah tidak cukup apabila hanya dibatasi ruang kelas ataupun sekolah. Ilmu pengetahuan sudah tersebar luas oleh berbagai media massa maupun elektronik. Sarana belajar juga sudah beragam dan modern sehingga memudahkan untuk belajar mandiri maupun kelompok. Oleh karena itu saya hadir untuk belajar dan berbagi untuk kemajuan pendidikan Indonesia yang lebih baik dan keren.

View all posts by Rochimudin →

Comments (8)

  1. Saat ini, daftar negara persemakmuran Inggris meliputi:

    Eropa: Britania Raya dan Cyprus.
    Amerika: Kanada.
    Pasifik: Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, Kiribati, Fiji, Nauru, Kepulauan Solomon, Samoa, Tonga, Tuvalu, Vanuatu.
    Karibia: Bahamas, Antigua dan Barbuda, Barbados, Dominika, Belize, St. Lucia, St. Vincent dan Grenadines, Trinidad dan Tobago, Jamaika, Grenada, dan Guyana.
    Afrika: Afrika Selatan, Tanzania, Uganda, Zambia, Kenya, Malawi, Lesotho, Botswana, Kamerun, Gambia, Ghana, Malta, Mauritius, Mozambik, Namibia, Nigeria, Rwanda, St. Kitts dan Nevis, Swaziland, Seychelles, dan Sierra Leone.
    Asia: Bangladesh, Brunei, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, dan Sri Lanka.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar