12

Gagal Lagi, Gagal Lagi Ikut TWC (+4)

M. Rasyid Nur December 27, 2013

NIAT untuk ikut Teacher Writing Camp (TWC) yang digagas teman-teman guru di Ibu Kota sana sudah lama di hati saya. Bahkan ketika TWC-1 saya sudah sangat berminat untuk ikut belajar bersama. Tapi tak ada kessempatan. Di TWC-2 saya masih belum bisa ikut ke Jakarta karena selalu –kebetulan– berbenturan dengan kegiatan saya di daerah. Sebagai guru dan masyarakat, kebetulan selalu ada kegiatan yang tidak dapat saya tinggalkan ketika berlangsungnya TWC.

Untuk TWC ke-3 yang akan dilaksanakan besok dan lusa (28-29/ 12) di UNJ (Universitas Negeri Jakarta) saya sudah berusaha untuk ikut. Sejak dipromosikan Om Jay (Pak Wijaya Kusumah) sebagai penggagas kegiatan ini enam bulan lalu, saya secara instens selalu berkomunikasi dengannya dan menyatakan akan ikut. Hati saya bahkan kian mantap untuk ikut ketika Om Jay mengatakan saya secara khusus diundang. Bahkan ditawarkan berdua dengan isteri saya. Saya mantapkan niat saya untuk ikut di ujung tahun ini. Biar sudah usia, saya tetap ingin terus belajar.

Sebenarnya untuk rencana kali ini juga saya masih belum bisa ikut kalau menyesuaikan dengan jadwal sekolah. Sampai tanggal 28 Desember itu sekolah belum libur. Kami di Karimun baru akan membagi rapor semester pada 28 Desember itu. Setelah itu barulah libur. Di Jakarta atau di tempat-tempat lain memang sudah libur sejak beberapa hari lalu. Tapi sekolah saya bersama sekolah-sekolah se-Kabupaten Karimun belum libur sesuai kalender yang ditetapkan Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun. Jadi, sesungguhnya saya tidak akan bisa ikut, begitu saya berpikir.

Tapi saya minta izin untuk hari pembagian rapor itu. Saya sudah mantap, harus ikut pada TWC ke-3 ini. Ticket pesawat pun sudah saya beli sebulan lalu untuk PP (Batam- Jakarta) dengan keberangkatan 27 Desember (hari ini) dan kepulangn 31 Desember nanti. Saya berniat akan ikut dan ingin sekali berjumpa dengan banyak teman-teman guru, khususnya rekan-rekan guraruer yang malang-melintang di blog guraru ini.

Jumat pagi, saya sudah bersiap. Bahkan malam tadi isteri saya sudah mempersiapkan tas dan pakaian saya. Segala sesuatunya sudah benar-benar OK. Ticket sudah saya masukkan ke tas untuk berangkat ke Pelabuhan Karimun. Dari Karimun saya memang harus ke Batam dulu untuk naik pesawat. Di Karimun belum ada pesawat ke Jakarta.

Tiba-tiba saja pagi ketika saya akan berangkat, isteri saya membisikkan kalau badannya tidak sehat. Yang membuat saya was-was karena memegang perutnya. Semalam kami ke dokter kandungan, memang. Tiga bulan ini kami memang harap-harap cemas dengan telah telatnya menstruasi isteri saya. Kami tidak ingin terlepas lagi seperti beberapa bulan lalu.

Maka ketika dia membisikkan perutnya itu, saya langsung lemas. Dan spontan saya mengatakan untuk tidak jadi berangkat. Dengan kondisi itu juga saya langsung telpon Om Jay karena tidak jadi dapat berangkat. Ticket yang sudah saya beli harus saya ikhlaskan untuk hangus karena mendadak saya tidak bisa berangkat.

Ya Allah, saya yakin pasti ada hikmah yang lebih baik buat saya atas kegagalan kali ini. Saya juga percaya, tidak ada kejadian apapun tanpa maksud yang baik dari-Mu. Untuk rekan-rekan guraruer dan khsusunya peserta TWC-3, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan yang penuh manfaat itu. Semoga sukses, amiin.***

About Author

M. Rasyid Nur

Menjadi guru (honorer) sejak tahun 1980, ketika masih mahasiswa. Selanjutnya menjadi PNS (aktif) sejak 1985 dengan SK TMT 01.03.1984 dan terus menjadi guru hingga sekarang. Insyaallah akan purna bakti pada 11.04.2017. Obsesi, "Berharap kehebatan murid melebihi kehebatan gurunya."

View all posts by M. Rasyid Nur →

Comments (12)

  1. Terimakasih pak Rasyid atas sharingnya. Keputusan yang tepat pak. Saya doakan semoga istri bapak dalam keadaan sehat, dan lebih baik. Insyaallah dengan keikhlasan dan niat baik bapak untuk ikut serta dalam TWC 3 ini dicatat dan mendapatkan balasan dari Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga bapak dan keluarga pak Rasyid serta menggantinya dengan rizki yang melimpah dari pintu yang tidak disangka-sangka. Amin ya Ra.

    >>>Semoga lekas sembuh<<<

  2. Bapak, saya turut prihatin atas kesehatan ibu, Insya Allah semua ada hikmahnya. Kita harus ikhlas dan berpasrah diri kepada Allah SWT, semoga tidak ada apa-apa. Suatu proses kehamilan memang berbeda-beda, namun tetap memerlukan perhatian khusus. Ketika terasa ada yang berbeda dari hari-hari biasa juga harus dikonsultasikan, sesuai dengan pengalaman sebelumnya. Insya Allah kesehatan tetap terjaga, saya turut berdoa semoga semuanya lancar dan aman, amin. Salam hormat.

  3. Terima kasih, Pak Sukani atas komentar penyejuknya. Jujur saja, saya sangat berjumpa teman-teman termasuk tentunya dengan Pak Sukani yang akan menjadi narasumber pada TWC kali ini. Tulisan Pak Sukani mengenai cara membuat e-Book misalnya menuntut saya untuk bertemu langsung dengan Pak Sukani. Saya belum bisa membuatnya dan ingin belajar langsung. Tapi Tuhan memang belum merestui keinginan saya. Saya ikhlas atas keadaan ini. Saya doakan semoga sukses acaranya nanti. Jangan lupa sharing hasilnya di Guraru,

  4. Benar Bu Etna, saya juga percaya pasti ada haikmahnya. Terima kasih atas keprihatiannya atas keadaan isteri saya. Walapun terasa sedih karena sudah akan berangkat namun tetap harus diurungkan, saya tetap rela dan berteima kasih atas peringtatan ini. Saya pasti akan mengikuti kegiatan itu walaupun hanya melalui dunia maya seperti ini. Semoga kelak kita bisa berjumpa lagi, Bu. Terasa sangat singkat kopdar di Surabaya tempo hari itu, hehe. Salam untuk teman-teman semua.

  5. Entah kapan, tapi jika berencana, semoga Allah ijabah nantinya agar saya dan Pak M. Yusuf Amin Nugroho bisa bertemu muka. Di dunia maya, insyaallah akan terus bersama meski hanya melalui kata-kata yang ditulis saja. Kalau tak keberatan saya ingin juga komunikasi via HP. Ini no HP saya: 08127094687. Semoga Pak Yusuf tidak keberatan.

  6. Pasti ada kesempatan lain lagi Pak.
    Keputusan yang mengharukan, benar-benar ayah dan suami idaman.

    Saya baru tahu kalau TWC itu Teacher Writing Camp, wkwwk.
    COba TWC bisa dibikin online ya, pasti lebih banyak guru yang akan terbantu.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar