0

Future Skills (0)

Daniel Leonard Sinaga March 15, 2021

Banyak sekali bermunculan jenis pekerjaan saat ini dan banyak juga jenis pekerjaan yang menghilang karena digantikan oleh mesin atau robot dan sistem yang mulai dapat dilakukan secara jarak jauh. Begitulah terus ke masa depan manusia terus berupaya agar pekerjaan semakin efektif dan efisien, lalu bagaimana dengan peserta didik yang kita hadapi saat ini akankah kita biarkan mereka hanya sebagai penonton kemajuan atau ikut terlibat dalam kemajuan tersebut?

Dua skill penting untuk masa kini dan masa depan adalah: kreatifitas dan kemampuan berinovasi .Kreatifitas berkaitan dengan penciptaan ide-ide termasuk thinking out of the box. Kemampuan berinovasi adalah implementasi ide-ide untuk menjadi produk hebat dan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang senantiasa berubah.

Mengembangkan kreatifitas perlu dilakukan sejak kecil, dengan mencoba melakukan sesuatu yang tidak biasa misalnya makan pisang pakai cabe. Atau mencoba melakukan sesuatu yang kita takutkan. Misalnya kita takut gelap, maka malam-malam kita ajak teman kita yang berani untuk berjalan ditempat-tempat gelap. Menurut Dr. Will Schutz seorang psikolog terkenal, ketakutan memblok kreatifitas. Contoh takut yang lain adalah takut ditertawakan, takut disalahkan, takut ditolak. Untuk mengalahkan kita harus berani coba hal yang ditakutkan itu.

Peraih Nobel literature Samuel Beckett mengatakan rahasia menjadi kreatif adalah coba lagi, gagal lagi, coba lagi dengan cara yang lain.Hal lain adalah belajar bahasa terutama yang hurufnya bukan huruf latin seperti Bahasa Mandarin atau Bahasa arab. Orang yang menguasai lebih dari 2 bahasa lebih kreatif dibandingkan dengan orang yang hanya menguasai 1 bahasa. Belajar Musik menurut peneliti Inggris dalam jurnal Applied Cognitive Psychology music (yang gembira) akan membangkitkan kreatifitas.Baca buku biografi, sejarah atau nonton film yang memberikan inspirasi akan meningkatkan kreatifitas. Menurut Helmholtz otak yang banyak terisi akan memunculkan pencerahan berupa ide-ide kreatif.Untuk para mahasiswa jangan sesali jurusan yang kalian sudah pilih.

Semua jurusan baik.Yang penting sambil kuliah perbanyak networking dan asah juga kemampuan bernegosiasi.Pelajari kuliah-kuliah on-line dalam bidang Artificial intelligent termasuk machine learning, digital marketing (menjual produk dan membangun merek), cloud computing, data analytic atau data science, User experience design, digital project management.

Jangan lupa sering-sering lihat youtube tentang perkembangan teknologi seperti 5G, IOT, transportasi masa depan, pertanian modern (vertical farming) dll.Wah banyak sekali ya… betul… hanya orang yang mempersiapkan diri dengan baik akan mampu berperang dan menang.

Sebagai fasilitator bagi anak-anak Ibu dan Bapak guru tentunya juga sangat penting untuk memberikan tantangan-tantangan yang mengembangkan keahlian peserta didik. Mereka yang sekarang kita ajari sekaligus mempersiapkan dunia yang bakal mereka hadapi. Tentu saja tidak mudah karena harus dimulai dari diri kita sendiri dulu untuk beradaptasi dan mau terus belajar mengembangkan diri.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar