5

Fungsi, Kebutuhan, Serta Penyakit Yang Berkaitan Dengan Karbohidrat (0)

Wahid Priyono, S.Pd. December 21, 2020

(1). Fungsi Karbohidrat

Di dalam tubuh karbohidrat merupakan salah satu sumber utama enersi. Dari tiga sumber utama enersi yaitu karbohidrat, lemak dan protein; karbohidrat merupakan sumber enersi yang paling murah. Karbohidrat yang tidak dapat dicerna, memberikan volume kepada isi usus, dan rangsangan mekanis yang terjadi, melancarkan gerakan peristaltik yang melancarkan aliran bubur makanan (chymus) melalui saluran pencernaan serta memudahkan pembuangan tinja (de-faekasi).

Karbohidrat juga merupakan bagian dari struktur sel, dalam bentuk glykoprotein. Reseptor seluler yang terdapat pada permukaan membrana sel, adalah suatu glykoprotein, dan di antaranya merupakan reseptor bagi hormon.

Simpanan enersi di dalam otot dan hati terdapat sebagai glikogen, salah satu bentuk karbohidrat yang mudah dimobilisasikan bila badan memerlukan banyak enersi. Cadangan karbohidrat ini tidak begitu besar, sehingga cepat menjadi susut.

Fungsi karbohidrat di dalam hidangan makanan yaitu memudahkan dalam pembentukkan kepada makanan, misalnya pada kue dan roti. Monosakarida dan disakarida juga berfungsi dalam memberikan cita rasa manis pada makanan. Rasa manis merupakan cita rasa utama yang paling digemari oleh semua orang sejak lahir. Ada tingkatan rasa manis yang diambil dari bahan makanan yang mengandung; Sukrosa (100), dan berturut-turut: Fruktosa (173), glukosa (74), galaktosa (32), maltosa (32), dan laktosa (16).

Selain pemanis alamiah yang diperoleh dari karbohidrat, ada pula jenis pemanis buatan yang umum dan banyak diedarkan di pasaran seperti bahan pemanis siklamat yang sudah tidak dipergunakan lagi oleh beberapa negara karena telah dianggap memberikan efek samping yang merugikan tubuh dan pemasarannya telah ditarik pada tahun 1970. Pemanis Sakharin masih digunakan hingga sekarang, namun memberikan efek rasa sisa  pahit di dalam rongga mulut. Stevioside merupakan pemanis yang diekstraksi dari suatu pohon perdu Steviosa rebaudiana, serta dianggap tidak memberikan efek sampingkesehatan tubuh. Jenis pemanis aspartame telah dipasarkan sejak tahun 1981, sehingga sebaiknya masih terus diobservasi, apakah aman atau tidak.

(2). Kebutuhan Karbohidrat

Kebutuhan tubuh akan karbohidrat diperhitungkan akan fungsinya sebagai penghasil enersi. Jadi yang menjadi pangkal perhitungan ialah jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh. Kalori ini terutama dihasilkan oleh karbohidrat,lemak dan protein. Dalam satu gram karbohidrat manghasilkan 4 kalori, dapatlah akhirnya kebutuhan karbohidrat tersebut dihitung. Untuk perhitungan kebutuhan karbohidrat dalam tubuh perlu kiranya mengacu kepada kebutuhan protein dan lemak di dalam tubuh.

Di Indonesia 70-80%, bahkan mungkin lebih dari 80% dari seluruh enersi untuk keperluan tubuh berasal dari karbohidrat. Semakin rendah tingkat ekonominya, semakin tinggilah persentase enersi tersebut berasal dari karbohidrat, karena enersi dari karbohidrat yang paling murah. Untuk orang yang memiliki ekonomi tinggi maka jumlah enersi di dalam makanannya dapat mencapai 40-50 persen berasal dari karbohidrat.

(3). Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan karbohidrat.

Untuk penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kekurangan maupun kelebihan karbohidrat, seperti; obesitas, diabetes, Lactose intolerance, dan sebagainya akan dibahas lebih rinci pada BAB. XIII. tentang Permasalahan Gizi.

Daftar Pustaka:

  • Achadi, E. L. 2007. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Depok: Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
  • Almatsier, S. 2001. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia   Pustaka Utama.
  • Ichsan, M, dkk. 1993. Imu Kesehatan dan Gizi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah.
  • J, Sutrisno S. 1995. Masyarakat Yang Sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Karmana, O. dan Anwar A. 1988. Biologi. Bandung: Ganeca Exact Bandung.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar