3

Fitur Terbaru Aplikasi Al-Qur’an Kemenag (0)

Zubaili January 27, 2021

Saat saya sedang berselancar di Twitter. Saya membaca sebuah tweet dari akun Twitter kemenag yang membagikan sebuah informasi dan link berita tentang fitur terbaru aplikasi Quran Kemenag. Saya pun membuka link tersebut.

Sebagaimana yang telah diberitakan oleh website resmi kemenag yang di upload pada hari selasa 26 Januari 2021, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an atau biasa disingkat dengan LPMQ melakukan update aplikasi Quran Kemenag.

Al-Qur’an versi update terbaru ini menurut kepala LPMQ akan menampilkan berbagai ayat dan terjemahan dengan tampilan yang lebih menarik.

“Alhamdulillah, update aplikasi Quran Kemenag hadir dengan tampilan yang lebih menarik. Aplikasi ini akan dirilis Rabu, 27 Januari 2021 oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag,” pernyataan ini disampaikan oleh Kepala LPMQ Muchlis M Hanafi di Jakarta, Selasa (26/01/2021).

“Bersamaan itu, akan dirilis juga Quran Kemenag in Ms Word dengan penambahan Terjemahan Al-Qur’an edisi 2019,” lanjut Muchlis M. Hanafi.

Alhamdulillah, Saya pribadi setelah membaca berita tentang fitur ini, mencoba searching informasi dan membuka playstore untuk mengecek bagaimana aplikasi Quran Kemenag ini sebenarnya, apa fitur dan kelebihannya dibandingkan dengan aplikasi Quran lainnya yang banyak tersedia di playstore.

Setelah saya telusuri di playstore dan mendownloadnya di hp. Saya melihat cukup banyak fitur dan kelebihan aplikasi ini.

Beberapa Fitur Aplikasi Al-Qur’an Kemenag versi terbaru:

1. Ada pilihan membaca dengan cara per halaman atau per ayat

2. Adanya layanan pencarian kata ( baik dalam ayat/mufradat, maupun dalam terjemah dan tafsirnya)

3. Adanya keterangan asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya Al-Qur’an) pada ayat-ayat yang memiliki asbabun nuzulnya.

4. Ada pilihan audio murattal oleh syeikh ternama. Seperti syekh Abdul Basit , Abdullah Basfar, Abdurrahman -Sudais, Muhammad Ayyoub, dan masih banyak Syeikh ternama lainnya yang terdapat di aplikasi ini.

5. Adanya menu penyimpanan bookmark Qur’an perhalaman dan per ayat.

6. Adanya menu petunjuk waktu shalat dan juga disertai dengan petunjuk arah kiblat, audio suara azan dan pengingat sebelum tiba waktu shalat.

7. Adanya LPMQ Channel
yang memutar video-video

8. Adanya scan/pindai tanda tashih
Yang berfungsi untuk menelusuri semua informasi terkait Mushaf Al-Qur’an.

Dengan banyak fitur di aplikasi ini, saya menyarankan dan merekomendasikan kepada pembaca untuk mendownload aplikasi Quran Kemenag ini di hp.

Aplikasi ini sudah tersedia di playstore dengan mengetik kata “Quran Kemenag”.

Semoga dengan adanya aplikasi Quran di hp, membuat kita lebih dekat dengab Al-Qur’an. Lebih mencintai Al-Qur’an dan lebih sering membaca Al-Qur’an di waktu-waktu senggang. Dengan adanya aplikasi ini membantu kita Untuk tak perlu repot-repot membawa Mushaf Al-Qur’an didalam tas. Sambil bermain hp sesekali membuka aplikasi Quran dan membacanya yang bernilai ibadah, yang pahalanya diberikan Allah berganda ganda bagi pembacanya. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

#Akhii | Zubaili

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar