11

Finalis Guraru Award dari Pelosok Sumatera Utara (+2)

cekgurizal October 10, 2012

Tanjungbalai dalam Peta Sumatera UtaraSetelah penutupan masa dukungan Guraru Award pada 30 September 2012, terakumulasi sebanyak 359 blog guru yang masuk berdasarkan kriteria dan persyaratan panitia, kemudian diperoleh 15 finalis Guraru Award.

Dari 15 finalis terdiri dari 1 blog Praktisi Pendidikan, 1 blog Kepala Sekolah dan 2 blog guru yang mengajar di bimbel dan 11 blog guru yang mengajar dari masing-masing tingkat pendidikan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan.   Para finalis di dominasi oleh blogger daerah Jawa sebanyak 12 blog, 2 blog dari Sumatera dan 1 blog tidak mencantumkan daerahnya. Dari analisa ini mungkin bisa membuktikan bahwa blog memang sudah 'akrab' bagi bagi guru-guru daerah Jawa dibanding daerah luar Jawa khususnya Sumatera. Sehingga penggunaan blog dalam pembelajaran lebih berkembang didaerah Jawa.

Hal ini juga dapat dilihat melalui event-event blogger yang hampir tiap 3 bulanan ada lomba blog dan sejenisnya di daerah Jawa, sehingga menjadi motivasi bagi guru untuk tetap berkarya dibanding guru yang berasal dari daerah luar. Dengan adanya Guraru Award, event blog guru yang tidak fokus pada satu daerah tertentu merupakan angin segar bagi guru-guru yang hobby ngeblog.

Beruntung, BJGP-Rizal dari daerah pelosok Sumatera Utara yang belajar otodidak melalui mbah google selama kurang lebih 3 tahun bisa ikut jadi Finalis Guraru Award. Mudah-mudahan dengan prestasi ini menjadi motivasi bagi guru-guru di luar jawa khususnya Sumatera Utara. Sehingga animo "apa guna blog ?" yang selama ini di pertanyakan oleh rekan-rekan guru dapat berubah menjadi "aku harus punya blog" untuk pembelajaran berbasis online.

Terima kasih Ya Rabb.. Terima kasih semua rekan yang telah mendukung BJGP-Rizal menjadi 15 Finalis…. Terima kasih Guraru Award…. Kami dari daerah sudah sangat senang walau masih sebagai Finalis…

Comments (11)

  1. Sekarang ini tidak ada alasan soal dikotomi Jawa dan luar Jawa 🙂 Yang terjadi adalah ada kesempatan, guru setiap daerah mau maju apa tidak saja. Kan internet sudah ada di mana-mana 🙂
    Seperti pengalaman saya di pertengahan 2006 guru yang ngeblog belum banyak, di Jawa sekalipun. Jadi itu soal kemauan saja sy rasa.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar