5

Final Project e-RKAM (0)

FitriyaniElHasan January 8, 2021

Jum’at, 8 Januari 2021

The last day of joining this program. Yaaay! Memasuki hari terakhir bimtek EDM dan e-RKAM memasuki tahap check dan recheck data RKAM yang sudah diinput kedalam aplikasi online.

Hari ke-4 lalu, tim inti madrasah saya sudah rampung mengerjakan semua RKAM online. Namun ternyata masih belum selesai juga. Masih ada sisa-sisa tugas yang masih harus kita kerjakan bersama tim.

Dan masih ada beberapa tim peserta yang masih belum tuntas mengerjakan aplikasi mereka. Padahal ini hanya latihan, entah kenapa kok seribet ini. Apa karna belum terbiasa ya??

Sisa-sisa yang masih harus kita selesaikan yaitu tentang penginputan berkas-berkas penunjang seperti absen siswa, absen guru, jurnal kelas, daftar hadir pembaca perpus, dan bermacam dokumentasi kegiatan di sekolah untuk dimasukkan dalam menu di e-RKAM sebagai pelengkap dan pendukung rencana anggaran.

Akhirnya hari sebelumnya kita mampir ke sekolah untuk mencari semua berkas yang dibutuhkan sebagai bukti fisiknya. Rasanya seperti akteditasi dimana kita disibukkan oleh dokumen-dokumen pendukung agar bisa mendapat hasil yang diinginkan.

Kondisi tubuh masih oke, namun pikiran sudah sedikit lelah. Ah, ini adalah hari terkahir bimtek. Semua harus selesai tepat waktu agar tidak keteteran dan lekas berkumpuk lagi dengan keluarga.

Done! Semua berkas sudah didapatkan. Kamipun bersiap untuk mengunggahnya kedalam aplikasi e-RKAM. Lalu mengapa harus mengunggah bukti fisik?

Dalam sistem, semua terbaca. Jika tidak lengkap, otomatis akan ditolak oleh sistem. Jadi tidak bisa dinego. Lalu unggahannya apa perlu di scan??

Tidak, dokumen yang perlu diunggah tidak perlu discan satu per satu. Kita cukup memfoto bukti fisik dalam bentuk foto maupun dokumen. Lalu apakah boleh bukti fisik berupa video??

Boleh saja, namun akan membutuhkan banyak waktu dalam pengunggahannya. Disarankan dalm bentuk foto/dokumen saja agar mudah untuk diunggah nantinya.

Setelah semua dokumen bukti fisik diunggah oleh bendahara dan operator, maka tugas kepala madrasah adalah menyetujui unggahan kami diaplikasinya yang kemudian akan berlanjut pada sistem kemenag daerah.

Jika tidak salah, ada sekitar 20 poin yang membutuhkan bukti fisik untuk dilampirkan dalam aplikasi. Dan semuanya sudah diunggah oleh tim inti madrasah kami. Alhamdulillah..

Selesai sudah bimtek hari ini. Capaian kerjasama yang hebat dan tepat. Mulai dari g-suite, classroom, g-form dan juga e-RKAM sudah kita lewati bersama tim masing-masing madrasah.

Project terakhir adalah mengerjakan e-RKAM sesuai dengan 8 standart yang ada. Deadline masih akhir januari 2021. Namun tetap kita cicil mengerjakan agar tidak menumpuk tugas.

Trimakasih saya ucapkan pada pemateri yang sudah rinci dan juga sangat jelas menyampaikan semua materi dalam bimtek ini. Dengan segala kesabaran dalm mengulang beberapa poin yang masih belum kami fahami. Sangat bersyukur bisa mengikuti bimtek ini.

Semoga ilmu yang kami dapat selama 5 hari ini dapat kita terapkan sesuai dengan kebutuhan madrasah nantinya. Dengan harapan, agar tidak ada lagi pertikaian tentang pembagian tugas antar kepala, staff dan bendahara karena ketiganya saling berkaitan.

End.

Comments (5)

  1. Terimakasih atas informasinya ibu, tapi masih bingung dengan e-RKAM ini, apakah semua guru wajib mengisinya? ini aplikasi untuk apa ibu? apakah untuk kenaikan pangkat? atau untuk mendapatkan tunjangan kinerja? mohon penjelasan ibu.. salam

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar