1

FATE OF EDUCATION BETWEEN CORONA VS DEMONSTRATION (0)

Ar-Rofi' an-Nabhany October 17, 2020

Usia perjalanan corona menemani bumi nusantara memang blm terlalu lama, belum menembus usia 1 tahun, namun tingkat kejenuhan hampir terlihat dari gelagat maupun aktifitas masyarakat saat ini. Mobilitas kehidupan sehari hari sudah kembali ramai; di pasar apalagi di jalan padahal pemberlakuan 3M (Menjaga jarak, Mencuci tangan, Memakai masker) masih terus berlangsung.

Memang tak ada kepastian kapan corona akan hengkang dari bumi pertiwi, tak satupun lembaga penanggulangan musibah memastikan corona akan berakhir, begitu pula instansi pemerintah tak dapat memastikan periode selesainya penyebaran virus.

Disaat situasi blm stabil with corona effect/impact, nampak pemandangan tak kontras yang tak selaras ketika melihat berbaurnya ribuan manusia dari berbagai kelompok dan elemen, mereka melakukan demo menolak disahkannya RUU cipta kerja 2020. Hal ini menjadi tak senada ketika proses pembelajaran tatap muka wajib online karena alasan keramaian. Pasalnya kerumunan saat demo dalam jumlah yg sangat besar, penerapan jaga jarak pun sudah tanpa batas, terkesan tak ada lagi upaya menekan penyebaran dan penularan virus corona.

Akankah proses pendidikan masih terus mengalami nasib yang “malang”, masih harus daring atau PJJ ? mesti work from home? wajib teach from home ? dan sampai kapan ? padahal keramaian sudah merata di mana2 walau beberapa lembaga kesehatan atau lembaga2 lain yang berplat merah masih menerapkan social distancing yang cukup ketat. Ironis memang jika dikaitkan dengan keramaian yang terjadi saat demo berlangsung.

Rupanya, belajar daring masih akan terus berlangsung hingga anggaran bantuan kuota belajar selesai selama 4 bulan (September-Desember) 2020. semoga pendidikan di negeri subur ini tetap terjaga kualitasnya sehingga melahirkan generasi militan yang berkompeten.

Menghadapi kenyataan pahit memang berat, tapi begitulah realitanya. Majulah pendidikan Indonesia, Majulah guru2 Indonesia !!!

Kau Pahlawan tanpa tanda jasa

Comments (1)

  1. Selamat Siang 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar