3

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa (0)

Zubaili November 10, 2020

Secara implisit, ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi hasil belajar anak (siswa), yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

  1. Faktor Internal

Foktor internal meliputi faktor fisiologis, yaitu kondisi jasmani dan keadaan fungsi-fungsi fisiologis. Faktor fisiologis sangat menunjang atau melatar belakangi aktivitas belajar. Keadaan jasmani (fisik) yang sehat akan berbeda pengaruhnya dibanding jasmani yang keadaannya kurang sehat. Untuk menjaga agar keadaan jasmani tetap sehat, makanan atau nutrisi harus cukup. Hal ini karena kekurangan kadar makanan pada seorang anak (siswa) akan mengakibatkan keadaan jasmani lemah yang mengakibatkan lesu, cepat mengantuk, rasa bosan belajar (kurang bersemangat), dan lain lain.

Faktor psikologis, yaitu faktor yang mendorong atau memotivasi belajar siswa. Faktor-faktor tersebut antara lain, yaitu:

  • Adanya keinginan untuk tahu
    • Agar mendapatkan simpati dari orang lain.
    • Untuk memperbaiki kegagalan
    • Untuk mendapatkan rasa aman .

2. Faktor Eksternal

Faktor-faktor eksternal, yaitu faktor yang berasal dari luar diri anak (siswa) yang ikut mempengaruhi belajar anak, antara lain:

  1. Faktor yang berasal dari orang tua

orang tua mendidik anaknya. Orang tua melakukan kebiasaan-kebiasaan yang positif kepada anak untuk dapat diteladani, karena kebiasaan anak adalah meniru apa saja yang dilihat. Orang tua juga selalu memperhatikan anak selama belajar baik langsung maupun tidak langsung, dan memberikan arahan-arahan manakala akan melakukan tindakan yang kurang tertib dalam belajar.

  • Faktor yang berasal dari sekolah

Faktor yang berasal dari sekolah, dapat berasal dari guru, mata pelajaran yang diajarkan, dan metode yang diterapkan. Faktor guru banyak menjadi penyebab kegagalan belajar anak, yaitu yang menyangkut kepribadian guru, kemampuan mengajarnya terhadap mata pelajaran, strategi yang digunakan dalam proses belajar mengajar (PBM) sehingga membuat anak didik senang belajar dengan guru tersebut. ketika anak tersebut mulai nyaman dan suka, ia akan mudah memahami pelajaran yang akan diajarkan oleh gurunya. Kebanyakan dari anak didik lebih memusatkan perhatianya kepada yang diminati saja, sehingga hasil belajarnya lebih efektif. Keterampilan, kemampuan, dan kemauan belajar anak tidak dapat dilepaskan dari pengaruh atau campur tangan orang lain. Oleh karena itu menjadi tugas guru untuk membimbing anak dalam belajar.

  • Faktor yang berasal dari masyarakat

                 Faktor masyarakat bahkan sangat kuat pengaruhnya terhadap pendidikan anak, sangat sulit dikendalikan. apalagi kalau orang tua tidak mengawasi keseharian mereka, apa yang mereka kerjakan, dengan siapa mereka bergaul sehari-hari. makanya, mendukung atau tidak mendukung perkembangan anak, masyarakat sangat berpengaruh terhadap hasil belajar anak (baca: siswa).

Selain beberapa faktor internal dan eksternal di atas, masih banyak faktor yang lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa, seperti: minat belajar, kecerdasan, bakat, bahkan motivasi (dorongan yang ada pada diri anak untuk melakukan sesuatu tindakan).

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar