0

Kenali Fakta Jelajah Ilmu, LMS Berstandar Internasional dari Acer (0)

Pengelola Guraru September 29, 2021

Sekolah tatap muka kembali dibatalkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tentu hal ini demi menekan jumlah penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah. Meski begitu, para pendidik mulai terbiasa menggunakan platform belajar, seperti menggunakan Aplikasi Learning Management System (LMS) Jelajah Ilmu.

Namun, apakah sekolah tempat Anda mengajar sudah menggunakan LMS Jelajah Ilmu? Jika belum, guru dan pihak sekolah wajib tahu seputar platform ini yang berfungsi untuk mengatur perencanaan dan membuka kelas online.

Mengenal LMS Jelajah Ilmu

Jelajah Ilmu adalah platform LMS hasil inisiasi Acer Indonesia yang bekerja sama dengan mySecondTeacher. Sama seperti LMS pada umumnya, platform ini menjadi media pengganti kelas offline saat di sekolah. Dengan menggunakan LMS tersebut, pihak sekolah akan mendapatkan banyak kemudahan dalam proses mengajar online.

Pasalnya, Jelajah Ilmu menggabungkan standard international mySecondTeacher yang telah diadopsi ke dalam bahasa dan kurikulum Indonesia. Sehingga, tentu saja memberikan kemudahan bagi pelaku pendidikan seperti kepala sekolah, guru, murid, juga orang tua dalam proses transformasi pembelajaran era baru. 

Tentunya inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman akademis baik secara online maupun tatap muka. Pada platform ini, guru dapat melakukan pengelolaan penugasan, komunikasi antar pihak dan mempersiapkan materi buku pembelajaran yang lebih terintegrasi.

Bukan hanya itu, Jelajah Ilmu juga terhubung dengan berbagai sumber belajar mengajar seperti video interaktif, eTextbooks, eWorkbooks, eTeachersGuides, eTestpapers, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mengenal Kurikulum Sekolah di Indonesia

Agar lebih mudah untuk memahami manfaat LMS, berikut tiga hal mengenai LMS Jelajah Ilmu sebagai kunci untuk mendukung kegiatan belajar mengajar:

  1. Content: Ketika menggunakan LMS, pengajar sudah dibekali berupa buku digital. Bahkan video pembelajaran dan materi penugasan pun sudah tersedia. Guru pun dapat memasukkan materi belajar secara online dalam aplikasi tersebut.
  1. Single Platform atau satu platform: guru bisa menggunakanya untuk kegiatan belajar mengajar. Dengan LMS standar internasional, guru dan pihak sekolah cukup menggunakan single platform untuk membuat sebuah online class, yakni Jelajah Ilmu. Selain itu, guru juga dapat membuat penugasan dan penilaian hingga berinteraksi kepada murid dan orang tua, serta komponen lainnya.
  1. Non-generic: platform Jelajah Ilmu bekerja sama dengan mySecondTeacher yang sudah mendapat pengakuan dari lembaga Education Technologies Insight Magazine sebagai Top eLearning Company Award APAC, Asia Pacific. Selain itu, mySecondTeacher sudah digunakan berbagai sekolah unggulan di berbagai negara. 

Plusnya lagi, mySecondTeacher telah disederhanakan oleh Acer menjadi “Jelajah Ilmu”. Transformasi ini diimplementasikan agar terasa lebih nasional. Jadi, jika awalnya menggunakan bahasa Inggris dan kurikulum internasional, platform ini sudah menggunakan kurikulum nasional berbahasa Indonesia.

Pendekatan yang Digunakan Jelajah Ilmu

Dengan terus meningkatnya penyebaran COVID-19, tentu saja tetap membuat murid dan guru harus belajar di depan laptop. Tanpa kita sadari, keadaan ini sudah mengubah cara guru mengajar serta bagaimana murid mengikuti pelajaran. Kini guru, murid dan orang tua sama-sama dapat beradaptasi dengan era digitalisasi.

Jika dilihat dari sisi positif, era COVID-19 mengajarkan dunia pendidikan Indonesia untuk terus berinovasi. Pada dasarnya sekolah memang membutuhkan adaptasi dan transformasi. Misalnya, menciptakan lingkungan belajar asyik, interaktif dan sosialisasi antara murid dengan guru atau orang tua dan guru dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun dengan memanfaatkan teknologi.

Nah, untuk memudahkan guru, siswa, pihak sekolah serta orang tua berinteraksi, Jelajah Ilmu bisa menjadi solusi melalui pendekatan berikut ini: 

  1. Suasana belajar lebih menarik, karena dapat mengajak guru berinteraksi dengan murid atau sesama murid dalam satu kelas. 
  2. Tingkat absensi bisa langsung dimonitor oleh guru atau kepala sekolah.
  3. Murid bisa belajar mandiri menggunakan buku digital yang sangat tersedia, layaknya murid membaca buku teks di sekolah atau di perpustakaan.
  4. Guru dapat mengukur kemampuan murid ketika ia mempelajari satu materi.
  5. Murid bisa melihat tugas dari guru.
  6. Dapat melihat peningkatan hasil belajar belajar dan mengajar di sekolah. 
  7. Kepala sekolah bisa memberikan pengumuman dan memonitor seluruh kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.
  8. Orang tua bisa melakukan penambahan akun untuk anak kedua atau ketiga. 

Baca Juga: 6 Platform Belajar Online, Pendukung Belajar Dari Rumah

Jelajah Ilmu untuk Semua Stakeholder Pendidikan

Situasi COVID-19 di pertengahan 2021 menuntut stakeholder pendidikan untuk terus berinovasi dan melek teknologi demi meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui kehadiran Jelajah Ilmu yang mengaplikasikan kurikulum Indonesia, tentu dapat mendukung institusi sekolah membuat perencanaan program pendidikan lebih tepat sasaran.

Selain itu, kegiatan belajar mengajar pun lebih interaktif apabila menggunakan fitur-fitur di dalamnya. Berikut ini manfaat LMS Jelajah Ilmu untuk seluruh pelaku pendidikan:

Guru

Tak hanya mengunggah dan mendistribusikan materi pelajaran, tugas, hingga ujian. Menggunakan Jelajah Ilmu, guru dapat membuat jadwal kelas, diskusi, hingga mengisi rapor yang dapat dilihat langsung oleh orang tua murid. Untuk terus meningkatkan wawasan dan meningkatkan skill, guru juga dapat mengakses sumber belajar seperti eTextbooks, eWorkbooks, eTeachersGuides dan banyak fitur lainnya.

Berikut ini fitur unik Jelajah Ilmu yang paling sering digunakan guru:

  • Google Classroom + Zoom
  • Test Paper + Group Chats
  • Ebook + Interactive Video
  • Summary, Report & Insights

Siswa

Siswa dapat belajar dengan mengakses eTextbooks, eWorkbooks. Selain materi e-book, siswa juga bisa memahami mata pelajaran dengan format video. Selain kegiatan belajar mengajar, menggunakan Jelajah Ilmu membuat siswa mengetahui laporan diagnostik untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya dalam memahami materi yang diikuti. 

Tidak hanya itu, siswa juga dapat menerima dan mengirimkan tugas hingga penilaian dari guru melalui platform ini. Jika siswa merasa ada materi yang tak dimengerti dan ingin berkonsultasi, mereka dapat menggunakan fitur Group Chat yang tersedia. Fitur ini dapat digunakan untuk berdiskusi antar murid dan guru.

Kepala Sekolah

Masa pandemi membatasi ruang gerak semua lini masyarakat. Segala aktivitas luar ruangan pun berisiko tinggi terinfeksi COVID-19. Oleh karena itu, menggunakan Jelajah Ilmu membantu kepala sekolah memantau aktivitas belajar mengajar secara online tanpa perlu ke sekolah. 

Kepala sekolah juga dapat mengetahui kinerja sekolah dan guru dari jarak jauh, bahkan dapat langsung menerima masukan dari orang tua dan murid untuk meningkatkan kualitas pendidik dan sekolah tanpa tatap muka. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Teknologi Belajar Online Agar Semakin Menarik

Orang Tua

Jika awalnya orang tua mengetahui kemajuan akademis anak hanya pada saat pembagian rapor, dengan Jelajah Ilmu orang tua dapat melacak perkembangan anak secara real time dan detail. Melalui platform ini, orang tua dapat melihat fitur laporan diagnostik dan terdapat total waktu yang dihabiskan anak menggunakan Jelajah Ilmu, laporan penguasaan mata pelajaran serta laporan kinerja siswa yang telah dinilai guru. 

Bahkan orang tua tidak perlu repot bertanya kepada anak “Sudah belajar belum?” karena melalui Jelajah Ilmu, orang tua dapat mengecek riwayat anak sudah mengakses e-book atau belum.

Bagaimana Guraru? Kini Anda sudah tahu pentingnya LMS Jelajah Ilmu untuk mendukung sistem belajar online yang interaktif. Melalui satu platform, semua stakeholder dapat merasakan manfaat yang begitu praktis dan inovatif. Untuk mengetahui lebih jauh, kunjungi website jelajahilmu.com sekarang.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar