0

Experiential and Entrepreneurial Learning (Part 2) – How to Design Entrepreneurial Learning (0)

Elisa Kristiyanti April 27, 2021

HOW TO LEARN

MAIN LEARNING ACTIVITIES
  • Mencari informasi dan data mengenai kerusakan lingkungan (referensi).
  • Membuat abstrak tentang poster dan video.
  • Membuat script atau draft. Konsultasi dan revisi. Mempublikasikan hasil ke media sosial.
  • Mendesain aktivitas : lihat rubrik value creation disetiap langkah ada aspek penting yang perlu ditekankan. Proses dijelaskan di “working agenda” setiap step harus ada.
TIME

9 Minggu @ 3 jam pelajaran

LEARNING RESOURCES

Google Scholar. Perpustakaan. Corel draw, Canva, Adope photoshop, GMIP, Adope illustrator, dan sejenisnya. Media sosial. Aplikasi membuat video.

Setelah mempresentasikan model pembelajaran yang dibuat, berikut beberapa saran yang diberikan oleh Bapak Dwi Sunu

SARAN : Sudah ada gambaran lebih utuh dari sebuah desain pembelajaran. Ada penggabungan dua KD menjadi satu paket. Kemampuan guru membaca kurikulum menjadi sangat penting. Dari perencanaan dapat dibaca sebuah capaian untuk siswa memahami perubahan lingkungan dan mereka belajar tentang perubahan lingkungan. Mengajak siswa peka dengan perubahan lingkungan dan sikap untuk merespon perubahan lingkungan.

  • Mungkin untuk capaian bisa dibuat dalam satu capaian saja, supaya fokus.
  • Untuk hasil mungkin biarkan siswa memilih sendiri, tidak harus poster. Produk harus bervariasi, bisa dibuat hasilnya dalam bentuk media kampanye, siswa bisa membuat video, broadcasting, talk show, novel, sesuai minat dan ketertarikan siswa.
  • Esensial konsep ada dua yaitu dampak perubahan dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan, sehingga kemampuan apa saja yang diharapkan, ada mendesain dan menggunakan teknologi sudah bagus dan bisa dijadikan satu.
  • Komunikasi juga sangat penting. Konsekuensinya kalau ada kemampuan komunikasi maka harus diajarkan dan ini sangat membantu apabila berkolaborasi dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia.
  • Output bisa disederhanakan menjadi media kampanye yang tervalidasi oleh guru atau orang yang me-review sebelum diupload.
  • Penilaian untuk hasil yang tidak mengandung pornografi bisa diletakkan di standar. Kemudian kualitas kerjanya sudah betul.
  • Learning activities-nya : bisa melihat rubrik aktivitas. Setiap langkah ada aspek yang ditekankan.
  • Pada working area : ditekankan pada setiap tahapan.
  • Siswa harus tahu tentang nilai yang dihasilkan dari produk yang dihasilkan.
  • Kalau ada waktu strategi dan penyusunan prototipe dibedakan waktunya.

1 2 3

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar