0

Experiential and Entrepreneurial Learning (Part 1) – Experiential and Entrepreneurial Learning Model (0)

Elisa Kristiyanti April 27, 2021

Guru harus kritis dengan apa yang akan dipelajari oleh siswa, apakah yang akan dipelajari oleh siswa merupakan sesuatu yang meaningful atau jangan-jangan sudah ketinggalan jaman. Sistem perencanaan pembelajaran dapat dibuat dengan lebih sederhana sesuai dengan model untuk experiential learning yang ada muatan entrepreneurial.

Tiga aspek yang perlu diperhatikan yaitu

  • Apa yang harus dipelajari oleh siswa (What to learn): Dimulai dengan capaianya. Belajar mau sampai dimana? hasil apa yang dibuat? kemampuan apa yang akan dimiliki oleh siswa?. Guru harus mampu merumuskan outcome dari pembelajaran yang dilakukan. Untuk mendapatkan outcome yang jelas harus ada konsep, tema, dan kompetensinya. Kemampuan apa yang akan dikembangkan.
  • Apa yang akan dinilai dari siswa (What to acces): Dari outcome akan didapat outputnya atau hasilnya. Setiap belajar ada output yang bersifat konkrit dan menjadi penting. Jangan hanya mengejar nilai saja tetapi dapat menghasilkan “hasil” yang berkualitas. Semakin belajar semakin dapat menghasilkan output yang dihargai orang. Untuk output tentukan aspek yang akan nilai dan standar penilaiannya.
  • Bagaimana siswa belajar (How to learn). Learning activities (aktivitas pembelajaran) dapat dibuat dengan membuat time line kerja/proses pembelajarannya. Membuat alur pembelajarannya, tentukan waktu kemudian dibagi menjadi beberapa pertemuan. Ada jadwal yang jelas untuk per hari-nya dan per minggu-nya mencakup setiap tahapan atau aktivitas dari care, idea, value, dan achievement. Setiap siswa dapat diberikan time line atau jadwal yang telah disusun sehingga mereka akan memahami pola dan alur kerja disetiap waktunya. Rencana yang dibuat akan menggerakkan siswa untuk bekerja dan memahami tugasnya.

1 2 3 4 5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar