0

Experiential and Entrepreneurial Learning (Part 1) – Experiential and Entrepreneurial Learning Model (0)

Elisa Kristiyanti April 27, 2021

Sebuah karya yang dibuat oleh siswa harus diekspose ke publik. Jadi jangan hanya setelah siswa membuat karya dan dinilai kemudian hanya disimpan. Itulah seharusnya bedanya prakarya dengan entrepreneurship, karya dari siswa harus mengandung 3 unsur besar :

  1. Exploring for understanding : Perilaku mencari informasi membangun pemahaman konsep dan prinsip, cara berpikir dan kesadaran. Siswa mengeksplorasi untuk memahami dan membantu orang lain untuk memahami. Ada suatu kesadaran dari siswa ke depannya seperti apa.
  2. Improving skills and attitude : Proses meningkatkan kemampuan dan sikap profesionalisme di bidang yang diminati. Ada sikap-sikap yang muncul yang tumbuh selama mereka berkarya atau belajar.
  3. Creating value : Menciptakan hal baru yang dihargai oleh masyarakat.

Sekarang yang menjadi fokus adalah bagaimana mendesain pembelajarannya, yang dimana desain pembelajaran tersebut dapat menguatkan dan mengembangkan potensi siswa. Melihat siswa dalam sudut pandang yang positif bahwa setiap siswa memiliki potensi. Oleh karena itu perlu sebuah model belajar. Pemerintah sudah menetapkan salah satu strategi pengembangan yaitu pembelajaran dengan berbasis pengalaman. Pembelajaran berbasis pengalaman akan membuat siswa meneksplorasi diri dan mengembangkan potensinya dengan pengalaman-pengalaman nyata yang siswa alami dan pastinya sesuai dengan usianya.

1 2 3 4 5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar