0

Experiential and Entrepreneurial Learning (Part 1) – Experiential and Entrepreneurial Learning Model (0)

Elisa Kristiyanti April 27, 2021
Pembicara : Bapak Dwi Sunu Widyo Februanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D.
Webinar yang diselenggarakan oleh Teaching and Learning Center Universitas Ciputra Surabaya

Dahulu Ujian Nasional (UN) menjadi salah hal yang dijadikan oleh sekolah untuk mempromosikan sekolahnya, akan tetapi sekarang pelaksanaan ujian sekolah sudah ditiadakan, nah kira-kira hal apa yang dapat dilakukan sekolah untuk mempromosikan sekolahnya. Salah satunya diperkenalkan satu desain pembelajaran yang disebut dengan experiental & entrepreneurial learning, yang dapat menjadi karakteristik sekolah untuk dikembangkan dan menjadi satu bagian dalam pengembangan sekolah. Sekolah harus membuat satu perubahan dan tidak lagi mengandalkan pada ujian nasional.

Perubahan cara berpikir dimana mengajar itu bukan lagi memberi tetapi mengambil sesuatu dari siswa. Dulu, ada kecenderungan bahwa mengajar memberikan sesuatu ke siswa, ternyata mengajar itu mengambil sesuatu dari siswa sehingga potensi dari siswa bisa aktualisasikan.

Untuk bisa mengeluarkan sesuatu dari siswa perlu menggunakan pendekatan dengan experiential learning belajar dengan cara mengalami langsung. Empat hal yang menjadi sangat penting ketika siswa belajar di era sekarang dan menjadi dasar dari experiential learning yaitu siswa mengalami belajar secara nyata kemudian mereka merefleksikan apa yang sudah dialami melalui pengalaman dan pengamatan yang dilakukan selanjutnya mengkonsepkan sesuatu yang baru apa tersebut dari yang dialami dan diobservasi, pada akhirnya mencobakan hal baru yang digagas. Belajar seharusnya memang menciptakan hal baru dan tidak harus dari konsep/sesuatu yang sudah ada.

1 2 3 4 5

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar