3

Edupreneur is Me (+3)

Roni Yusron Fauzi | Guru Muda October 29, 2014

Istilah edupreneur masih asing dan sangat jarang dibahas. Biasanya kita lebih sering mendengar dengan entrepeneur. Edupreneur memang istilah baru sebagai dua kata yang disatukan dalam kelompok kata (frasa), yaitu education (pendidikan) dan entrepreneur (wirausaha).

Namun, bila saya mengartikan dengan sederhana edupreneur adalah orang yang berwirausaha di bidang pendidikan. Atau bisa juga guru yang berwirausaha, entah itu di bidang pendidikan atau di bidang lain; kuliner, layanan jasa, workshop, jualan online, dan lain-lain.

Mungkin ada sedikit tabu bila guru berwirausaha. Ada ketakutan memanfaatkan dunia pendidikan menjadi lahan bisnis. Banyak kasus guru yang menjual buku di sekolahnya. Sebenarnya itu merupakan kesalahan guru yang menyalahi aturan. Lupa bahwa program sekolah gratis sudah dicanangkan.

Adapun bila guru berwirausaha itu tak jadi soal. Apalagi banyak guru yang mempersoalkan gaji kurang, tidak sepadan jasa mendidik anak bangsa.

Banyak diantara guru yang nyambi membuka usaha. Mereka menjadi edupreneur. Mereka punya penghasilan tambahan selain menjadi guru, tentunya dengan tidak mengganggu aktivitas mengajar.

Salam Pembelajar [YusronFauzi.com]

Tagged with:

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar