2

Dragonlearn, Kelas Virtual Matematika Yang Interaktif (0)

Ramlan Effendi January 10, 2022

Kurikulum 2013 mengisyaratkan bahwa pembelajaran haruslah memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi. peserta didik. Pasal 2 ayat 1 pada Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah menyatakan bahwa pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik (a) interaktif dan inspiratif, (b) menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, (c) kontekstual dan kolaboratif, (d) memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas, dan kemandirian peserta didik, dan (e) sesuai dengan bakat, minat kemampuan dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Memperhatikan penjelasan tersebut, terlihat bahwa kurikulum meghendaki agar pembelajaran dapat melibatkan peserta didik dalam pembelajaran yang interaktif kontekstual dan menyenangkan untuk semua mata pelajaran.

Matematika yang merupakan disiplin ilmu yang memiliki objek kajian yang abstrak sangat sesuai dengan kehendak kurikulum 2013. Pembelajaran matematika perlu disajikan dengan interaktif untuk menigkatkan motivasi peserta didik. Materi dan cara menyampaikan dalam pembelajaran matematika pun harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan terbaru di dunia pendidikan yang membuat kepala sekolah dan guru harus kreatif dan inovatif untuk menemukan solusi agar mutu pendidikan tetap terjaga dengan tetap mempedomani berbagai peraturan yang ada.

Selama pandemi covid-19, sejak maret 2020, sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) ntuk mengurangi terjadinya kerumunan yang merupakan salah satu penyebab menyebarnya virus covid-19. Dalam melakanakan pembelajaran jarak jauh guru dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan smartphone ataupun laptop. Untuk melaksanakan pembelajaran tersebut, guru harus memiliki wawasan yang luas agar dapat menghadirkan teknologi informasi kepada siswa dan menjadikannya alat untuk memudahkan peserta didik memahami pembelajaran.

Sudah menjadi pembicaraan umum jika pelajaran matematika merupakan pelajaran yang diminati hanya oleh segelintir siswa. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan menyajikan matematika kepada siswa yang sesuai dengan perkembangan psikologi anak yang menuju remaja. Salah satu cara menyajikan matematika tersebut adalah dengan media yang interaktif yang akraab dengan permaianan bagi anak-anak dan remaja. Selain memanfaatkan aplikasi komunikasi seperti whatsapp danTelegram, kelas digital seperti google classroom dan  edmodo, saat ini dengan persaingan global yang sangat kuat dan perkembangan teknologi digital yang masif, banyak terdapat aplikasi pembelajaran dan website yang dibuat khusus agar guru dan pendidik dapat memanfaatkannya untuk pembelajaran matematika. Beberapa diantaranya adalah geogebra, desmos,Freaking Math, dan Math Tricks. Salah satu aplikasi berbasis website yang didedikasikan agar siswa dapat belajar dan memahami matematika secara lebih  mendalam yang disajikan secara interaktif adalah dragonlearn.  

Aplikasi dragonlearn dapat dibuka dengan mengunjungi alamat website www.dragonlearn.org. Apliasi ini dikembangkan oleh ahli matematika dari negara rusia merupakan platform situs website pembelajaran matematika interaktif dalam jaringan (daring) yang dapat digunakan secara individu ataupun lembaga pendidikan seperti sekolah dan dapat digunakan oleh pengguna dari seluruh belahan dunia. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah menyediakan pilihan penggunaan bahasa Indonesia dalam tampilannya.

Dragonlearn memudahkan guru dalam membuat kelas virtual khusus mata pelajaran matematika dan dapat dikolaborasikan dengan media conference lain seperti zoom, google meet, atau media lainnya. dan menggunakan dragonlearns sebagai media untuk proses pendalaman materi dan mengecek pemahaman siswa. Selain itu, dragonlearn sangat mudah digunakan karena aplikasi ini tidak perlu untuk diinstal dan dapat digunakan langsung dengan membuka browser pada komputer, laptop, tablet ataupun smartphone.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pengguna harus mendaftar terlebih dahulu menggunakan email yang dimiliki. Dragonlearn memberikan pilihan pengguna mendaftar sebagai guru yang dapat mendaftarkan peserta didiknya, atau mendaftar sebagai orang tua yang dapat memantau perkembangan kemampuan anaknya. Guru juga dapat membuat kelas pada dragonlearn dan memberikan tugas dengan referensi materi yang telah diberikan sebelmnya di kelas tatapmuka ataupun offline. 

Awal dilaunching, aplikasi ini hanya menyediakan materi materi simulasi dan soal-soal untuk level sekolah dasar kelas satu sampai kelas enam, namun materi SMP dan SMA akan segera mereka tambahkan. Setiap simulasi soal disajikan dari soal tingkat ingatan, pemahaman penerapan sampai kreasi. Dalam tampilannya, semua materi pelajarannya disajikan dalam beberapa bagian latihan soal interaktif yang berkaitan yang memungkinkan bagi guru untuk merancang pembelajaran dengan pendekatan individual bagi ssetiap siswa. Terdapat ribuan soal matematika yang sesuai dengan kurikulum pendidikan matematika untuk sekolah dasar.

Dragonlearn memberikan fasilitasi bagi guru untuk memberikan tugas rumah secara lebih terstruktur dan komprehensif. Selain itu, situs dragonlearn memiliki fitur statistik individu setiap siswa, dan fitur statistik secara klasikal sehingga guru mengetahui sejauh mana kemampuan siswa memahami materi pelajaran dan menyelesaikan soal-soal. Dengan bantuan statistik yang jelas dan mudah dimengerti, guru akan mampu mengetahui dengan siswa yang manakah Anda harus mempelajari kembali suatu topik melalui pendekatan individual.

Dengan dragonlearn proses pembelajaran yang dilakukan jarak jauh tidak menjadi kendala. Dragonlearn sangat bermanfaat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online, hal ini juga cukup membantu bagi siswa maupun orang tua dalam kontrol pembelajaran bahkan guru pun dapat dengan leluasa memberikan tugas tugas sesuai dengan kelas yang diampu. Website dragonlearn berisi latihan-latihan soal menyenangkan bagi siswa  sehingga siswa tidak merasa jenuh  meski pun belajar di rumah,  dan guru dapat melaksanakan penilaian online  secara mudah  dan tepat.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar