11

Don’t Waste Your Waste (Electronic Waste Management) (+5)

Amiroh May 21, 2015

IMG_20150519_113304

 Produk daur ulang limbah elektronik dari bengkel TKJ

Lagi-lagi..Kompetisi Guru Blogger kali ini membuat saya harus meluangkan sedikit waktu untuk menuliskan pengalaman mengajar yang selama ini yang belum sempat tertuang dalam blog pribadi saya.  Dan artikel ini menjadi artikel kebut-kebutan (menjelang deadline 21 Mei 2015, pukul 23.59 :D) yang saya ikutkan dalam Kompetisi Guru Blogger Hari Pendidikan Nasional.

Jujur, sebenarnya saya lebih suka menulis tentang tutorial pengetahuan IT dalam pembelajaran, dari pada menulis pengalaman pribadi. Bagi saya, menuliskan pengalaman pribadi memiliki kesulitan tersendiri, karena biasanya saya akan bingung bagaimana dan dari mana saya harus memulainya 😉

Tak seperti menulis tutorial, yang bisa saja langsung to the point, meski terkadang juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena harus melalui uji coba, trial and error. Namun, saya bersyukur dengan adanya kompetisi ini, setidaknya saya bisa mendokumentasikan pengalaman mengajar saya, itung-itung buat kenangan di hari tua..he..he..

Dan pada artikel ke-3 ini, saya ingin membagi pengalaman saat bersama siswa kelas X TKJ dalam membuat karya dari bahan limbah elektronik di bengkel Teknik Komputer dan Jaringan SMKN 3 Jombang.

IMG_20150518_091445

sway14Sway10

sway16sway15

Limbah elektronik di bengkel TKJ

To let you know, bahwa sebagai guru SMK,  setiap hari selalu dihadapkan dengan peralatan praktik seperti perangkat komputer, kabel UTP, CD, konektor RJ-45, dan seterusnya.  Peralatan tersebut wajib ada dan dipersiapkan untuk praktik kerja siswa seperti merakit PC, instalasi jaringan, troubleshooting jaringan dan praktik mata pelajaran lainnya. Setiap kali melakukan praktik kerja di bengkel, ada saja sisa alat bahan yang tidak terpakai (bc. limbah) yang setiap harinya selalu bertambah seiring dengan seringnya siswa melakukan kegiatan kerja praktik.

Limbah CPU (meliputi Fan, Processor, Power Supply dan seterusnya)

Banyaknya limbah elektronik tersebut, apabila tidak dikelola dengan baik, akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan di sekitar sekolah, dikarenakan, limbah barang elektronik tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya seperti Mercury (Hg) yang bisa merusak otak, Beryllium (Be) dapat menyebabkan kangker pernafasan, Chromium (Cr) yang merusak DNA dan bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan kita.

Oleh karena itu, saya berpikir bahwa ada baiknya limbah elektronik tersebut didaur ulang menjadi barang yang berguna dan sedap dipandang mata. Maka kami, saya dan siswa kelas X TKJ membuat project daur ulang limbah elektronik menjadi barang yang berguna dan bisa digunakan kembali sehingga tidak mengotori tempat kerja praktik bengkel TKJ.

IMG_20150518_125626IMG_20150518_125216

Limbah CPU (Fan dan Processor)

Semula kami mengumpulkan barang-barang bekas seperti keyboard, mouse, kabel UTP, konektor RJ-45 dan barang limbah elektronika lain yang banyak dijumpai di bengkel. Selanjutnya masing-masing limbah tersebut dikelola oleh 3 siswa yang akan mengubahnya menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

IMG_20150519_102838IMG_20150519_105916IMG_20150519_111510IMG_20150519_111952

Kelompok kerja project daur ulang limbah elektronika

Masing-masing kelompok siswa menentukan sendiri jenis kreasi yang akan dibuatnya dengan cara mencari informasi di internet tentang kemungkinan yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang barang-barang tersebut.

7

Kegiatan mencari topik daur ulang di internet

Setelah memperoleh topik yang diinginkan, siswa mulai melakukan kegiatan olah limbah elektronik tersebut bersama kelompoknya dan tak lupa mendokumentasikan dalam bentuk video tentang cara mengolah limbah tersebut. Project ini mereka kerjakan selama seminggu dengan hasil karya berupa barang layak guna beserta laporan dalam bentuk video.

Kegiatan mendaur ulang limbah elektronika

Tujuan utama project olah limbah elektronik ini adalah untuk mengurangi timbunan barang-barang elektronik yang sudah tidak terpakai serta untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat tanpa pengaruh bahan-bahan berbahaya yang terkandung pada limbah elektronika.

Video presentasi produk oleh siswa

Dan bagian akhir dari kegiatan ini adalah presentasi produk yang telah dihasilkan di depan kelas. Berikut video dokumentasi pembuatan produk daur ulang limbah elektronik oleh masing-masing kelompok.

Semoga kegiatan olah limbah bengkel ini membuat kita semua sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, terutama lingkungan sekolah.

Kegiatan e-waste campaign

Last but not least, Artikel ini saya ikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10Happy blogging 😉


Comments (11)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar