1

Doeloe dengan WordPress.com (0)

Urip Rukim October 21, 2020

WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dapat digunakan untuk membuat situs web, blog, atau aplikasi yang indah. Seperti yang digunakan oleh web komunitas gurau.org ini, juga menggunakan WordPress. Tentu saja ini berbeda dengan wordpress.com. Yang terakhir ini adalah domain yang disediakan untuk pengguna yang tidak mau repot untuk menulis atau membuat blog pribadi. Kita tinggal membuat nama subdomain, menginduk di wordpress.com. Gratis dengan fitur lumayan.

Saya mengenal WordPress.com sejak ngeblog pertengahan tahun 2006. Ikut menggunakan subdomain gratisan di wordpress.com. Bermodal alamat email, daftar dan bisa mulai menulis. Dengan blog urip.wordpress.com ini saya banyak mendapat keberuntungan. Pertama, mengenal wordpress, tahu cara menggunakannya. Kedua, belajar menulis menyampaikan ide atau pengalaman lewat tulisan. Ketiga, bertemu, berkenalan dengan komunitas baru, komunitas blogger dari seluruh penjuru negeri.  Sekarang di blog itu saya tidak lagi pernah mutakhirkan, sudah pindah rumah, di sini.

Ketika itu wordpress.com belum banyak penggunanya, apalagi kalangan pendidik. Sering kali tulisan blog yang saya buat masuk sebagai Top of The Day wordpress.com Indonesia. Memang konten saya tidak jauh dari informasi kurikulum baru ketika itu, KTSP. Informasi kurikulum baru begitu banyak yang mencari. Ya kita tahulah ketika itu website kementerian pendidikan saja sulit diharap walau ada. Blog itulah yang banyak dikunjungi. Aktif sekali ada interaksi dan apresiasi dari pengunjung.

Sebagai pengguna awam tentang per-blog-an, banyak bertanya dan mencoba fitur wordpress.com. Karena sadar pasti banyak orang yang ingin menggunakannya saya berinisiatif untuk mulai membuat tutorial ala kadar, gotong royong. Dan benar saja banyak juga yang mengunjungi. Tutorial ala orang awam yang baru saja kenal dan ini cocok buat orang yang selevel saya. Perlahan banyak pengguna dari kalangan guru. Senang pasti.

Dengan impresi pertama menggunakan mesin wordpress.com rasanya gampang. Antar muka sederhana mudah digunakan. Yang saya suka di wordpress.com nyaris tidak perlu paham koding, HTML, CSS, apalagi JS dan sejenisnya. Fokus menulis saja. Sebab pertama coba-coba dengan layanan sejenis, blogger-blogspot, masih terasa memusingkan harus paham koding-koding itu.

Walau mudah, hanya berbekal kemampuan berbahasa Inggris pas-pasan, saya belajar beberapa fitur wordpress.com. Banyak menyimak tutorial dari berbagai sumber. Menyadari banyak pengguna yang ingin menggunakan layanan wordpress namun tidak paham bahasa antarmuka, saya bersama komunitas ikut bergabung dalam proyek penerjemahan wordpress.com. Asal ada waktu luang iseng ikut menerjemahkan beberapa istilah. Mengajak yang paham bahasa untuk turut serta. Luar biasa tidak lama istilah dan antarmuka wordpress.com sudah berbahasa Indonesia.

Kalau sekarang jangan tanya. Hampir semua yang dibutuhkan sudah teralihbahasakan. Kita semua dapat membaca dengan mudah. Seperti ketika kita hendak menulis di gurau.org ini. Fitur utama di guraru.org tidak beda jauh dengan fitur yang tersedia di wordpress.com.

Sampai detik ini wordpress.com juga masih menyediakan layanan blog gratis. Kita dapat membuat blog mandiri dengan tampilan beda dari yang lain hanya dengan kak-klik saja. Memang akan lebih mantap kalau kita paham bahasa HTML dan familinya. Tapi tidak harus ya.

Namun karena keterbatasan skrip yang diijinkan itu sejak 2015 saya meninggalkannya, siap untuk belajar koding agar bisa ngeblog dari “sumsumnya”. Alhamdulillah sudah mulai paham HTML, CSS, JS seperlu yang saya butuhkan. Sampai hari ini juga tidak lebih-lebih juga pahamnya. Saya beralih dan aktif berbagi di urip.info, menggunakan layanan blogger milik google. Bagi yang ingin belajar koding terkait website-weblog kunjungi saja w3school.com, tidak paham bahasa antarmuka-nya tinggal alih bahasakan ke bahasa Indonesia, ada ikatan ion kecil globe di pojok kanan atas buat atur bahasa. Guru era baru harus adaptasi diri dengan teknologi Ian?!.

Selamat berbagi lewat layanan gratis, berbagi pengalaman seperti di web komunitas kita ini, gurau.org.

Tagged with: , ,

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar