0

Do’a Saat Sakit dari Al-Qur’an dan Hadits (0)

Dedi Natadiningrat February 16, 2022

Setiap manusia akan mengalami masa-masa sehat dan sakit selama hidupnya. Sebagai seorang mukmin, kedua masa tersebut dapat diubah menjadi pahala dengan cara bersyukur dan bersabar. Dua adalah metode yang ampuh di mana Anda dapat mencari kesembuhan dari Allah.

Tahukah Anda bahwa pikiran memiliki kapasitas penyembuhan yang luar biasa? Jika seseorang diberikan obat palsu tanpa sepengetahuannya, setelah dikonsumsi tubuh akan mulai sembuh hanya karena keyakinan pasien terhadap pengobatan tersebut.

Fenomena ini dikenal sebagai “efek plasebo” dan merupakan bagian dari sebagian besar uji klinis farmasi. Silakan, Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang fenomena ini. Jadi, secara ilmiah, pikiran Anda dapat menyembuhkan suatu penyakit bila Anda memiliki keyakinan yang kuat bahwa pengobatan yang Anda lakukan akan berhasil.

Ada beberapa doa indah dari Quran dan hadits ketika seseorang sakit. Dengan membaca doa ini dan percaya bahwa Allah telah menyimpan obat di dalamnya, tubuh Anda akan mulai sembuh. Namun, tidak ada salahnya berobat juga, karena semua ini adalah bagian dari Sunnah dan dari nikmat Allah. Banyak pengunjung bertanya apakah doa ini efektif untuk perlindungan dari virus Corona.

Kami mengatakan bahwa doa ini ketika dibacakan dengan keyakinan akan melindungi dari banyak penyakit, termasuk virus Corona. Kami memiliki posting tentang virus Corona juga. Ambil tindakan pencegahan terhadap virus dan percaya kepada Allah untuk perlindungan terhadap virus ini.

Doa Saat Sakit – Doa Nabi Ayyub (AS)Berikut ini adalah doa Nabi Ayyub (AS) ketika dia sakit.

“Dan [sebutkan] Ayyub, ketika dia berseru kepada Tuhannya, “Sungguh, kesulitan telah menimpaku, dan kamu adalah Yang Maha Penyayang dari semua penyayang.” Surah Anbiya 21:8

Do’a Sakit dari Shahih Bukhari

Anas melaporkan bahwa dia berkata kepada Tsabit, “Semoga Allah merahmatimu, akankah aku memberimu jimat Rasulullah, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian?” Dia berkata, “Ya.” Dia berkata, “Ya Allah, Tuhan manusia, penghilang kesulitan, sembuhkan – bagi Anda adalah Penyembuh selain yang tidak ada penyembuh – dengan penyembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” [al-Bukhari]

Do’a dari Abu Dawud

Dikisahkan Abu Darda: Saya mendengar Rasul Allah (saw) berkata: Jika ada di antara kamu yang menderita sesuatu atau saudaranya menderita, dia harus mengatakan: Tuhan kami adalah Allah Yang di Surga, suci nama-Mu , Perintah-Mu berkuasa di langit dan bumi, sebagai rahmat-Mu di surga, jadikanlah rahmat-Mu di bumi; ampunilah kami atas dosa dan kesalahan kami; Anda adalah Tuhan dari orang-orang baik; turunkan rahmat dari rahmat-Mu, dan obat dari obat-Mu atas rasa sakit ini sehingga sembuh. [Sunan Abu Dawud, Buku 28, Nomor 3883].

Do’a Jika Penyakit Itu Dari Mata Jahat atau Kecemburuan

Jika Anda takut penyakit itu disebabkan oleh mata jahat atau kecemburuan terhadap Anda, doa berikut dapat dibaca:

Artinya: Aku memohon perlindungan bagimu dengan kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan dan setiap binatang, dan dari setiap mata dengki yang tercela. Sumber: Al-Bukhari 4/119

Doa untuk Kesehatan, Pendengaran, dan Penglihatan yang Baik

Abdur Rahman bin Abu Bakrah berkata bahwa dia berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku! Saya mendengar Anda berdoa setiap pagi: “Ya Allah! Beri aku kesehatan dalam tubuhku. Ya Allah! Beri aku pendengaran yang baik. Ya Allah! Beri aku penglihatan yang bagus. Tidak ada Tuhan selain Engkau.” Anda mengulanginya tiga kali di pagi hari dan tiga kali di malam hari.Dia berkata: Saya mendengar Rasulullah (ﷺ) menggunakan kata-kata ini sebagai permohonan dan saya ingin mengikuti praktiknya. Sumber: Sunan Abi Dawud 5090, diklasifikasikan sebagai otentik.

“Dan ketika aku sakit, Dialah yang menyembuhkan aku.” Surah Ash-Syuara 26:80

Demikian Doa saat sakit dalam al-qur’an dan hadits yang di kutip dari situs Doa Ketika Menghadapi Permasalah Berat, Semoga bermanfaat

Tagged with: ,

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar