0

disiplin vs korupsi waktu dalam dunia pendidikan (+3)

iis istianah firmasari March 17, 2013

bismillah..

sebelumnya saya mau minta maaf kepada pihak-pihak yang merasa tersinggung dengan tulisan saya ini, tapi bagaimanapun setiap orang memiliki haknya untuk berpendapat atau menanggapi kejadian yang ada disekelilingnya, termasuk yang ada ditempatku. ini sudah sering saya keluhkan, dan setiap kali saya mengeluh yang menjadi korban adalah orang terdekat saya, orang tua dan juga benda disekitar saya seperti buku harian, dan akhirnya saya menemukan media ini, blog bagi para guru. saya sangat senang karena mungkin disinilah saya bisa berbagi 🙂

entah apa hanya disekolah saya saja, tapi saya merasa tingkat kedisiplinan yang ada di sekolah swasta saat ini sangat kurang, apakah karena tidak adanya peraturan yang ketat, atau tidak ada sanksi bagi yang melanggar atau karena sekolah swasta tidak terlalu diperhatikan oleh dinas tertentu. karena yang saya lihat sekolah negri semua guru terutama PNS harus datang dan pulang tepat waktu. dan jika tidak ditepati akan dikenai sanksi, hal ini pun berdampak pada kedisiplinan siswa juga.

tetapi jika terus menerus beralasan, masalah tak akan pernah terselesaikan dengan baik. tentu ini adalah masalah pribadi dan bersama bagi kita semua. terutama dalam dunia pendidikan. bukankah sekolah menjadi tempat mengenyam pendidikan dan jembatan menuju masa depan lebih baik, lalu kalau disekolah tidak ada kedisiplinan, dari mana masa depan lebih baik itu dicapai??

kedisiplinan ini menjadi tugas bagi kita semua, baik guru maupun siswa. sebagai guru harus memberi contoh pada siswa, jangan hanya menghukum siswa yang terlambat datang, atau tidak mematuhi peraturan sekolah lainnya. saya sering menemui kasus ini, guru selalu menyalahkan siswanya. tapi apalah artinya seorang siswa, nggak bagus juga kalau protes, yang ada semakin tidak baik.

selain itu tidak adanya peraturan dan sanksi yang jelas. disekolah saya sudah sering dibahas masalah kedisiplinan. terkait pelanggaran yang dilakukan baik oleh siswa maupun guru, tapi ini hanya sebatas wacana. barlen, bubar kelalen. atau kalaupun mempan hanya berlaku satu dua hari saja, selanjutnya kembali seperti semula.

tentu masalah ini tidak kecil, karena ini menjadi awal seseorang melakukan korupsi, korupsi bukan hanya uang tapi waktu dan tenaga. banyak guru korupsi waktu jam mengajar, seharusnya mengajar 2 jam hanya 1 jam. seharusnya mengajar tetapi ijin demi kepentingan pribadi. tentu saja ini berdampak pada KBM. dan siswa pun akan mencontoh perilaku ini, kalau guru tidak bisa datang sebiknya memberikan tugas, tapi guru piket sering kali kewalahan. tidak semua siswa patuh. sering saya temui di saaat jam kosong banyak siswa keluar kelas bahkan keluar sekolah untuk nongkrong di warung sambil merokok. astagfirullah..

ini menjadi masalah yang serius, dan saya mengajak diri saya juga semuanya untuk memulia membiasakan disiplin dari hal kecil dulu.saya bka mengajari tapi kita sama-sama belajar. tanpa harus menyalahkan siapa-siapa.

tulisan ini hanya sekedar keluhan yang saya alami, semoga dapat bermanfaat. terimakasih 🙂

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar