4

Diklat On Line Menjawab Tantangann Trend Pendidikan Masa Kini (+4)

sriwahana June 17, 2014

Diklat On Line Menjawab Tantangan Trend Pendidikan Masa Kini
Dunia IT berkembang begitu pesatnya. Hampir di setiap aspek kehidupan selalu bersentuhan dengan dengan yang namanya tehnologi IT.Dalam dunia pendidikanpun tak ketinggalan,untuk itulah maka para pendidik harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan perkembangan IT di dunia pendidikan. Pertanyaannya adalah sudah siapkan kita? Realita di lapangan sungguh memperihatinkan. Jangankan untuk membuat media pembelajaran berbasis IT, untuk mengoperasikan sebuah Laptop pun masih ada pendidik yang belum bisa. Tatkala penulis mengajak beberapa teman guru yang sudah bersertifikasi untuk mengikuti Diklat On Line, sungguh tidak terduga mendengar jawaban mereka. Sebagian besar menjawab “tunggu Diklat yang diselenggarakan oleh pemerintah” – dalam tanda kutip “yang gratis”. Pertanyaan dalam hati saya, “Apakah untuk pandai harus menunggu panggilan diklat oleh pemerintah?” Padahal sudah seharusnya – secara mandiri – pendidik yang sudah bersertifikasi mampu mengembangkan kompetensi paedagogiknya, baik melalui diklat, seminar, workshop, maupun kegiatan akademisi yang lain.
Paradigma pendidikan di masa kni lebih mengedepankan sistem pembelajaran berbasis IT dan untuk itulah setiap pendidik sudah seharusnya mempersiapkan diri agar dapat mengikuti trend pendidikan abd masa kini. Setidaknya ada 6 konsep penting dalam Sistem Teknologi Pendidikan masa kini yang harus diperhatikan.
1. Mobile Learning : Orang berharap dapat bekerja dan belajar kapanpun dan dimanapun yang mereka inginkan.
2. Cloud Computing : orang menginkan agar informasi dapat diakses di perangkat manapun.
3. Collaborative Learning : Dunia semaki Collaborative mendorong perubahan dengan cara proyek siswa yang terstruktur.
4. Mentoring : Karena informasi di mana-mana maka kwalitas mentoring yang akan membedakan.
5. Hybrid Learning : Hybrid Learning Model ( Tatap Muka + On Line ) dapat memanfaatkan kemampuan siswa secara on line dimana telah dikembangkan secara independen dari sistem akademisi.
6. Student Centered : Pergeseran dari pendidikan yang berpusat kepada guru menjadi berpusat kepada siswa dan melibatkan mereka dengan menghubungkan kurikulum dengan kehidupan nyata para siswa.
Dengan mengikuti Diklat On Line – guru melek IT – setidaknya kita sudah mengerti sedikit tentang kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik untuk menjawab tantangan pendidikan di masa kini. Sudah saatnya Guru Indonesia melek IT.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar