0

Deskripsi Satuan Tugas Pembelajaran di Masa Pandemi CoViD 19 SMA Negeri 1 Singkawang (0)

Agus Wahidi, M.Pd May 11, 2021

Oleh : Agus Wahidi, S.Pd, M.Pd ( Sekretaris SatGas Pembelajaran Covid 19 SMA 1 Singkawang)

Sahabat guraru yang berbahagia sebentar lagi kita akan menghadapi pembelajaran tatap muka setelah sekian lama kita belajar online. Pembelajaran tatap muka yang masih dalam suasana pandemi karena Covid ini memerlukan beberapa kesiapan pihak sekolah, keluarga, dan masyarakat serta pemerintah. Tulisan saya ini menggambarkan bagaimana persiapan dan pelaksanaan Satuan Tugas ( SATGAS) Pembelajaran Covid 19 di SMA Negeri 1 Singkawang. Tulisan ini dilengkapai dengan beberapa dokumentasi foto dan surat kelengkapan satgas.

PERENCANAAN

Tahap perencanaan ini meliputi Rapat Koordinasi dan Pembentukan SATGAS Pembelajaran di masa pandemi COVID 19. Rapat dilaksanakan tanggal   Juli 2020 dengan menetapkan Susunan Personalia SAT GAS dan Pembagian Tugas, dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah.Penganggaran di Sat Gas ini meliputi Pengadaan Masker, hand sanitizer, Tempat sampah Injak, Thermo Gun, serta konsumsi Rapat dan Kegiatan Diklat atau Sosialisasi. Kegiatan yang dianggarkan adalah Kegiatan DIKLAT dan Belanja Barang dan Jasa. Kegiatan DIKLAT meliputi : 

  1. Sosialisasi Tes SWAB dengan Narasumber Kurikulum dan Dinas Kesehatan , dengan sasaran Guru dan Orang Tua.
  • Tes SWAB untuk Guru dan Tenaga Kependidikan, dan Siswa kelas 12.
  • Pelaksanaan Pembelajaran di Masa Pandemi

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan tatap Muka Pembelajaran (terlampir)

  • Pemantauan kesehatan Berkala. Tes Rapid tes berkala bekerjasama dengan Dinas Kesehatan

PELAKSANAAN

  1. Pembentukan Tim Sat Gas dengan jumlah personel 36 . Surat Penunjukkan Kepala Sekolah nomor :800 /148/ TU.KT. ( Terlampir dalam Lampiran 2)
  • Rapat koordinasi Tim Satgas dan Perencanaan Kegiatan dan RKAS tanggal 25 Juli 2020 di Ruang Kepala Sekolah dihadiri anggota SATGAS. Rapat Koordinasi Tim Sat Gas dengan Pihak terkait ( Pengawas, dan Komite ) dengan hasil kesepakatan diadakan kegiatan DIKLAT atau SOSIALISASI Tes SWAB dengan peserta Orang Tua siswa kelas 12. Rapat dilaksankan tanggal 28 Juli 2020 dihadiri oleh : Pengawas SMA , Ketua komite SMA Negeri 1 Singkawang. Seluruh Anggota Sat gas . ( Dokumentasi Foto terlampir di lampiran 3 )
  •  Kegiatan DIKLAT / SOSIALISASI  Tes SWAB , tanggal 29 Juli 2020 di Aula SMA Negeri 1 Singkawang. Dengan Nara sumber : Dr. Hairisa N Jumus, Sp. Med. Klin dengan materi Tes SWAB dan CoVid 19 dan Pencegahannya, dan Anang Taufik Karunia, S.Pd, M.Pd dengan materi Pembelajaran di Masa Pandemi CoVid 19.  Jumlah Peserta 99 dari Undangan sejumlah 191. Pembagian sesi menjadi 3 sesi yaitu Sesi 1 jam 08.30 – 09. 30. Sesi 2 jam 09.45 – 10 . 45, Sesi 3 jam 11.00 – 12.00. (Terlampir di lampiran 4)

 Lampiran 1. Jadwal Kegiatan PBM Tatap Muka Masa Pandemi CoViD 19

Lampiran 2. Daftar Susunan Personalia SATGAS CoViD 19

Lampiran 3. Undangan rapat Sat Gas

Lampiran 4. Foto Dokumentasi Rapat SAT GAS

Rapat Pembentukan Tim SatGas Pembelajaran di SMA 1 Singkawang dipimpin oleh Kepala Sekolah dan dihadiri Komite Sekolah bertempat di aula SMA Negeri 1 Siangkawang sesuai Prokes Covid 19
Peserta Rapat Pembentukan Sat Gas

Lampiran 5. Foto Dokumentasi Sosialisasi Tes SWAB

Sosialisasi Tes SWAB ini di awali pengarahan dari dokter spesialis medis klinis dari RS Abdul Aziz Singkawang tentang Covid 19 , Penanggulangan dan Pencegahannya. Kemudian disampaikan dari Dinas Kesehatan Kota Singkawang penjelasan tentang pelaksanaan Test SWAB bagi Guru dan Siswa. Kemudian oleh Waka Kurikulum SMA Negeri 1 Singkawang tentang pelaksanaan PBM Tatap Muka di Masa Pandemi.
Peserta Sosialisasi ini adalah orang tua siswa kelas 12 yang kehadirannya dilakukan shift atau giliran dari jam 08.00 sampai dengan jam 12.00 dibagi menjadi 3 shift. Dengan maksmimal peserta setiap shift adalah 60 Orang sesuai dengan Protokol kesehatan.
Sosialisasi Pelaksanaan Tes SWAB yang diselenggarakan oleh Dinkes Kota Singkawang gratis bagi Guru , Tenaga Kependidikan, dan Siswa yang akan dilaksanakan di SMA negeri 1 Singkawang.
Materi Paparan sosialisasi Tes SWAB dan Virus Covid 19 pada Sosialisasi ke Orang Tua

Demikian deskripsi perjalanan kesiapan tim SATGAS Covid 19 di SMA 1 Singkawang. Dengan adanya tulisan ini semoga bermanfaat bagi sekolah yang akan mengadakan tatap muka dalam kondisi pandemi.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar