10

Desain Excel Bagi Guru (0)

KARJONO December 27, 2013

Desainer ExcelGuru profesional tentu banyak yang harus dikerjakan. Mulai dari membuat perencanaan sebagai tugas pokok guru antara lain: membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyusun bahan ajar, Menyiapkan Lembar Kerja Siswa (LKS), menyusun rencana penilaian, menyusun silabus yang sekarang sudah disiapkan di kurikulum 2013 ini, dan lain sebagainya terkait dengan perencanaan pembelajaran.

Hal yang terkait dengan penilaian umumnya berhubungan dengan angka-angka. Microsof telah menyediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan guru untuk menyusun penilaian yakni Microsoft Office Excel. Dengan MS excel ini guru terbantu pekerjaannya dalam menyusun laporan penilaian. Pengalaman yang pernah saya lakukan adalah membuat Laporan Hasil Belajar (LHB), Analisis Soal yang saya beri nama ANAJOHN, membuat jadwal pelajaran, dan lain sebagainya yang biasanya dinamakan aplikasi atau software berbasis excel.

Untuk belajar excel menurut saya syarat pertamanya adalah hoby baru kemudian hal yang lain. Saya belajar excel tanpa guru sama sekali, tapi karena hoby sehinggan saya sedikit bisa membuat aplikasi berbasis excel. Setelah lama bergelut dengan MS excel ternyata saya justru terlihat kalau selama ini ilmu pengetahuan saya tentang excel kelihatan sedikit banget. MS excel ternyata sangat banyak sekali, selama kita mau membaca, mengamati kemudian mencoba (he he he kayak kurikulum 2013) tidak ada yang tidak bisa walaupun harus dibarengi jidatnya sering berkerut.

Coba dan coba lagi selama belum bisa merupakan langkah yang saya lakukan selama ini. Hal ini sesuai dengan motto saya ” Jangan Pernah Berhenti Belajar”. Aplikasi Produk saya bisa dilihat di Kreatifitas Guru oleh Kang Karjono.

Comments (10)

  1. Iya bapak benar, education is our life. Setiap hari sebenarnya ada saja yang bisa dipelajari. Motto bapak mirip motto saya, hehehe. Long life education, belajar tak pernah bisa dihentikan, akan terjadi kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja, bahkan janin dalam kandungan ibu. Subhanallah. Terima kasih sharingnya. Iya bapak seperti yang lain, berikan contohnya pak biar bisa seperti bapak. Kami di sini setiap saat selalu saling respon. Semua tulisan bapak sudah saya respon, sebenarnya saya juga sedang menunggu respon bapak sebelum berangkat ke TWC , hehehe, maaf begitulah kami. Salam hormat.

  2. Etna Rufiati:
    Maaf bunda Etna, baru bisa open guraru…
    Ya bunda, guru memang harus melek IT. Saya belajar tanpa guru ternyata juga bisa walaupun terbata-bata. Tapi Alhamdulillah apapun yang kita kerjakan selama itu berniat baik akan menghasilkan sesuatu kata sahrini hi hi hi
    buktinya sambil ikut WTC-3 sudah dapat tiket PP bunda, alhamdulillah ya…sesuatu.

  3. M. Rasyid Nur:
    Alhamdulillah P Haji… saya tidak salah mngikuti kegiatan WTC-3 ini. Banyak ilmu yang bisa saya petik dari kegiatan yang dipimpim om Jay ini. Saya bisa kenal dengan guru2 yang luar biasa. Mungkin ini rizqi saya melalui p Haji ya….
    Sepertinya saya harus banyak lagi belajar kepada Bunda Etna, P Sukani, Bu Mugi….terlebih dengan Om Jay…

  4. Pak Sukani:
    Makasih dah berbagi ilmu yang luar biasa…
    Saya sangat butuh ilmu DIGIBOOK, kalau ada tutorialnya bisa berbagi.
    Saya pengen membukukan Software saya, tapi ada beberapa kendala, barangkali P Sukani atau Bu Mugi bisa bantu?????

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar