2

DARING TIDAK GARING DENGAN MENGINTEGRASIKAN DIGITAL TOOLS IN LESSON PLAN (0)

Catatan Guru Milenial January 20, 2021

Oleh: Rita Wati, S.Kom

Pendidikan Jarak Jauh atau sekarang ini di kenal dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  mengutip pengertian dari Wikipedia adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi  interaktif untuk menghubungkan keduanya dengan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. Pembelajaran elektronik (e-learning) atau pembelajaran daring (online) merupakan bagian dari pendidikan jarak jauh yang secara khusus menggabungkan teknologi elektronika dan teknologi berbasis internet.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bukanlah sesuatu yang baru, PJJ telah dilaksanakan oleh beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia jauh sebelum masa pandemi ini terjadi. Akan tetapi untuk lingkungan pendidikan terutama di pendidikan dasar tentu saja hal ini di rasa sesuatu yang sangat awam. Melaksanakan pembelajaran di rumah masing-masing dengan menggunakan alat dan internet membuat siswa dan guru yang belum terbiasa akan galau dan bingung. Akan tetapi semua harus dilalui agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana dan semua kendala harus dihadapi dengan lapang dada dan di cari solusi bersama-sama jika ditemukan permasalahan di lapangan.

Berawal dari pandemi Covid-19 inilah kegiatan belajar-mengajar menjadi berubah dari konvensional menjadi distance learning (jarak jauh). Berubahnya pola pembelajaran ini membuat guru harus terus berinovasi dalam memberikan materi kepada siswa. Jika tidak siswa akan merasakan kejenuhan yang teramat sangat. Berangkat dari sinilah saya terus melakukan eksperimen belajar berinovasi dalam memberikan materi pembelajaran selama PJJ ini. Bermula dari penggunaan media pembelajaran yang sederhana hingga mengintegrasikan berbagai tools di dalam perencanaan pembelajaran yang saya lakukan.

Awal masa pandemi materi pembelajaran yang saya berikan sedikit menggabungkan cara konvensional dan daring. Whatsapp salah satu media yang sangat penting dalam PJJ karena hampir semua pemilik HP android memiliki aplikasi WA sehingga sudah terbiasa menggunakannya. Materi yang saya berikan di WA group terkadang hanya sekedar text ataupun pesan singkat agar mereka mengerjakan tugas yang ada di buku paket yang mereka miliki. Jika kegiatan seperti ini dilaksanakan pada setiap pertemuan dalam daring, tentu saja sangat menjenuhkan dan siswa semakin tidak bersemangat untuk mengerjakan tugas yang saya berikan.

Selain itu terkadang saya hanya sekedar mengirim materi yang saya search di internet, hal ini tentu saja memiliki kelemahan yaitu materi yang ada di internet tidak sesuai dengan rencana pembelajaran yang saya susun. Berangkat dari situ saya mulai berpikir untuk menggunakan tools/media pembelajaran yang tepat dalam PJJ ini.

Banyak sekali tools pembelajaran gratis yang tersedia di internet. Sayang sekali jika tools yang banyak itu tidak kita manfaatkan di dalam pembelajaran terutama saat kondisi sekarang yaitu PJJ. Semua tools memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi ketika diintegrasikan maka pembelajaran di dalam PJJ semakin menyenangkan. Tools pembelajaran online selama PJJ yang saya gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Penggunaan media blog dalam PJJ sangatlah tepat karena selain gratis blog sangat mudah digunakan, dengan sekali klik siswa bisa mendapatkan materi yang telah kita posting. Selain itu, blog saya gunakan sebagai media utama dalam PJJ di mana tools lainnya seperti Youtube, Google form, Kahoot dll, saya embed ke dalam blog.

Berikut salah satu link materi https://teruslahmenulis.blogspot.com/2020/11/cara-membuat-dropcap-insert-picture.html yang telah saya posting di dalam blog selain dalam bentuk text juga dalam bentuk video yang telah saya upload ke youtube.

Gambar 1 materi pembelajaran Ms.Excel di Blog

  • Youtube adalah situs web berbagi video yang dapat di unggah secara gratis. Dalam pembelajaran secara daring youtube merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk digunakan oleh seorang guru untuk mengirim materi dalam bentuk audio visual. Hal ini untuk menghindari kepenuhan memori HP siswa maupun guru. Selain bisa menghemat kapasitas penyimpanan siswa juga bisa mengulangi tontonannya jika ada materi yang belum di pahami.

Berikut link youtube channel yang telah saya buat dan sebagian besar  dibuat pada masa pandemi tentang materi pembelajaran.

Materi yang di upload di Youtube
Video pembelajaran

Gambar 2 channel youtube yang digunakan untuk

mengupload materi pembelajaran

  • Summative Tools seperti Google Form, Kahoot, Padlet, Quizziz dan lainnya. Tools ini digunakan untuk memberikan tes kepada siswa. Mereka merasakan keunikan tersendiri ketika diberi tes dengan tools di atas. Bermain sambil belajar dengan menggunakan tools yang berbeda-beda dan siswa pun semakin antusias. Akan tetapi yang perlu menjadi perhatian guru adalah tools yang digunakan harus mudah dan user friendly.
Tes Menggunakan Quizziz

Gambar 3 Tes dengan menggunakan Quizziz

  • Tools terakhir yang saya gunakan dalam PJJ adalah teleconference yaitu media yang kita gunakan untuk bertatap muka bersama siswa. Banyak teleconference yang bisa kita gunakan seperti zoom, webex, google meet dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar kita bisa memberikan penjelasan materi secara tatap muka. Dalam hal ini saya menggunakan zoom untuk menjelaskan materi secara tatap muka, akan tetapi tidak semua siswa yang bisa join di dalam zoom karena alasan sinyal dan paket. Kondisi siswa yang kesulitan sinyal dan paket biasanya akan saya berikan link materi di blog dan di youtube, dengan harapan ketika mereka menemukan sinyal dan paket materi bisa mereka pelajari.

Gambar 4 Penggunaan zoom pertemuan          

   Itulah beberapa tools pembelajaran yang saya gunakan dalam PJJ selama 8 bulan terakhir ini, dan akan terus disesuaikan dengan keperluan karena masih banyak tools lainnya yang bisa digunakan di dalam daring. Hal yang terpenting dalam memilih dan menggunakan tools pembelajaran adalah mudah dan user friendly untuk siswa. Dalam pelaksanaan PJJ tidak 100% bisa berjalan dengan lancar kendala teknis maupun non teknis pasti terjadi, sehingga penggunaan tools seperti youtube atau blog menurut saya sangat dianjurkan karena siswa dapat membaca maupun menonton materi yang telah di share kapan saja dan di mana saja. Selain itu jika guru membagikan materi lewat youtube dan blog yang akan mendapatkan manfaat tidak hanya siswa kita saja akan tetapi orang lain yang kebetulan sedang memerlukan pembahasan materi yang sama seperti kita.

Itulah beberapa tools pembelajaran yang saya gunakan dalam PJJ selama 8 bulan terakhir ini, dan akan terus disesuaikan dengan keperluan karena masih banyak tools lainnya yang bisa digunakan di dalam daring. Hal yang terpenting dalam memilih dan menggunakan tools pembelajaran adalah mudah dan user friendly untuk siswa. Dalam pelaksanaan PJJ tidak 100% bisa berjalan dengan lancar kendala teknis maupun non teknis pasti terjadi, sehingga penggunaan tools seperti youtube atau blog menurut saya sangat dianjurkan karena siswa dapat membaca maupun menonton materi yang telah di share kapan saja dan di mana saja. Selain itu jika guru membagikan materi lewat youtube dan blog yang akan mendapatkan manfaat tidak hanya siswa kita saja akan tetapi orang lain yang kebetulan sedang memerlukan pembahasan materi yang sama seperti kita.

            Sedangkan untuk siswa kami yang benar-benar terkendala dengan fasilitas dan sinyal sekolah memberikan solusi dengan melaksanakan program guru kunjung dan klinik belajar. Di mana guru yang melakukan guru kunjung adalah guru-guru yang usia di bawah 40 tahun yang telah melakukan rapid test setelah mendapatkan surat tugas dan surat keterangan hasil rapid test maka guru akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah siswa yang mengalami kendala sinyal dan fasilitas dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk klinik belajar adalah siswa yang tidak memiliki fasilitas dan terkendala sinyal yang datang ke sekolah dengan jumlah maximal 10 siswa per sesi dengan mematuhi protocol Covid-19. Guru yang memberikan layanan kepada siswa klinik belajar adalah guru yang telah berusia di atas 40 tahun.

            Demikianlah sharing pengalaman PJJ saya di masa pandemi ini. Banyak sekali hikmah yang bisa saya petik di masa-masa ini yaitu peningkatan penggunaan tools media pembelajaran baik online maupun offline dan grafik peningkatan saya dalam membuat materi dengan menggunakan blog dan youtube. Sebelum pandemi saya sangat jarang dan sering tidak sempat untuk membuat media pembelajaran. Kini setidaknya hampir setiap pertemuan saya membuat media pembelajaran daring sehingga pembelajaran menjadi tidak garing dengan beberapa tools yang saya gunakan dalam PJJ. Semoga keadaan segera pulih sehingga semua kembali seperti sedia kala dan yang terpenting setelah pandemi ini adanya peningkatan penggunaan teknologi pembelajaran baik siswa dan guru semakin meningkat karena telah terlatih selama pandemi.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_jarak_jauh

https://id.wikipedia.org/wiki/Blog

https://www.youtube.com/

https://quizizz.com/

https://www.zoom.com/

Aritkel ini diikutkan lomba dalam rangka Hut PGRI ke-75

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar