5

Dari Orang Biasa Menjadi Luar Biasa (0)

Supadilah S.Si December 21, 2020

Judul               : Kodok Pun Bisa Jadi Kerbau

Penulis            : Agung Adiprasetyo

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : 2019

Tebal               : xii + 206 halaman

ISBN               : 978-602-06-2210-1

Keputusan untuk menyerah atau melawan keterbatasan bertumpu pada pola pikir kita. Ada banyak hal alasan untuk menyerah. Begitu juga banyak hal yang dapat memotivasi untuk menjadi pemenang.

Mandy adalah seorang tunarungu, tapi saat tampil di American Got Tallent, Mandy mampu membuat Simon, juri killer di acara tersebut langsung meloloskannya. Simon yang biasanya tidak gampang berkata yes atau memuji penampilan peserta itu sangat terkesan dengan lagu Mandy. Meskipun tidak lagi bisa mendengar, Mandy mampu mengaktifkan mata dan otaknya. Kekurangannya mampu diatasi dan ditutupi sehingga menjadi sebuah prestasi tinggi yang bahkan sulit dilakukan oleh orang normal.

Kita tidak bisa memilih dilahirkan dengan modal lahir seperti apa. Padahal, kondisi serba kekurangan menghambat kita untuk meraih kesuksesan. Buku ini mengupas cara-cara tidak bisa agar orang biasa bisa menjadi luar biasa.

Orang-orang Hebat seperti Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Tukul Arwana, hingga Barrack Obama yang tidak terpandang sejak lahir adalah pembuktian bahwa ‘kodok’ bisa menjadi kerbau. Mereka berangkat dari bukan siapa-siapa menjadi orang yang layak diperhitungkan.

Memberikan kiat-kiat  bagi ‘kodok’ supaya bisa menjadi ‘kerbau’. Ada tiga kiat utama. Bagian pertama tentang engenali kekuatan diri, bagian kedua mengembangkan sikap, dan bagian ketiga membangun jejaring.

Cara kita memandang sesuatu sangat berkorelasi dengan kondisi kita. Nasib seseorang banyak ditentukan oleh caranya memandang sebuah fenomena (hal 8). Orang yang lebih melihat kesempatan daripada masalah, fokus pada kekuatan daripada kelemahan, dan melakukan apa yang dikerjakan daripada menyesali apa yang tidak bisa dikerjakannya, berpeluang lebih besar untuk meraih kesuksesan.

Setiap orang memiliki pasti berbeda. Bayi kembar yang berbeda beberapa menit pun memiliki perbedaan. Keunikan harus dicari dipahami dan dikembangkan.  

Survei Gallup pada 230 ribu karyawan penuh waktu dan paruh waktu di 142 negara menemukan bahwa hanya 13 % tenaga kerja yang merasa terlibat dan mempunyai passion pada apa yang mereka kerjakan dan berkontribusi maksimal memajukan organisasi. Sisanya, 63% merasa cukup mengeluarkan energi seperlunya tidak perlu ngoyo. Sedangkan 24 % lagi bahkan membenci apa yang mereka kerjakan.

Banyak orang yang mengaku telah bekerja puluhan tahun padahal tidak lain aktivitasnya mengulang pekerjaan di hari pertamanya masuk. Pergantian hari sebagai hari baru bukan hanya tentang pergantian nama hari tetapi mengisinya dengan sebuah kreativitas baru, kesukaan baru, dan cerita baru.

Buku ini memberikan satu tips sederhana agar mampu menghadirkan hari baru yaitu dengan cara mengambil waktu berangkat yang berbeda, melewati jalan yang berbeda atau mengambil modal transformasi berbeda supaya melihat sesuatu yang berbeda dari yang biasa dilihat.

About Author

Supadilah S.Si

Seorang guru di SMA Terpadu Al Qudwah, Lebak, Banten. Selalu berusaha menjadi guru yang baik untuk murid-muridnya. Suka belajar apapun. Hobi menulis di blog atau media sosial. Pengen dapat banyak ilmu dan pengalaman di www.guraru.org. Ayo saling berbagi

View all posts by Supadilah S.Si →

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar